Apakah Pencobaan Datang dari Allah?

Info

Hari ke-6 | 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Yakobus
Baca Pengantar Kitab Yakobus di sini

Berbahagia dalam Pencobaan

Baca: Yakobus 1:16-18

1:16 Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat!

1:17 Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

1:18 Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.

Apakah Pencobaan Datang dari Allah?

Dua minggu setelah Natal, dengan penuh semangat aku membuka sepucuk surat dari ibuku dan tertawa geli saat menemukan di dalamnya sebuah ucapan terima kasih yang ditulis rapi dengan tangan. Ibuku selalu mengingatkanku tentang pentingnya perilaku yang baik, dan ucapan terima kasihnya yang tulus itu menjadi pesan pengingat juga bagiku untuk mengirimkan beberapa ucapan terima kasih menjelang perayaan Natal. Belajar dari teladan ibu, aku lalu menyimpan suratnya, kemudian duduk dan mulai menulis beberapa ucapan terima kasih.

Ucapan terima kasih ibuku adalah sebuah pengingat yang baik untuk merayakan pemberian-pemberian yang baik. Yakobus memberitahu kita bahwa setiap pemberian yang baik dan anugerah yang sempurna datang dari Tuhan (ayat 17).

Mengakui berkat-berkat yang kita terima dan menyatakan rasa terima kasih sangatlah penting saat kita berada di tengah ujian dan pencobaan atau dengan kata lain berada di tengah situasi yang paling sulit. Umat Kristen Yahudi pada zaman Yakobus tampaknya juga sedang menghadapi situasi yang sangat sulit. Adakalanya, mereka mungkin mempertanyakan kebaikan Tuhan. Apakah ujian dan pencobaan ini datang dari tangan-Nya?

Namun, Yakobus dengan lembut mengingatkan kita bahwa bukan hanya Tuhan tidak pernah mencobai kita untuk melakukan apa yang salah (ayat 13), Dia juga tidak pernah memberi kita hadiah yang jelek atau jahat. Pencobaan di dunia ini adalah hasil dari keberdosaan kita, dari dunia yang tidak sempurna, dan dari Setan, si penipu.

Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu yang baik. Dia tidak seperti bayangan yang bisa berubah-ubah; Dia konsisten dan setia (ayat 17). Jangan biarkan apapun juga menggoyahkan keyakinan kita akan hal ini.

Seakan-akan masih ada orang yang perlu diyakinkan, Yakobus melanjutkan suratnya dengan mengingatkan pembaca akan contoh terbesar dari anugerah Tuhan yang baik, yaitu anugerah keselamatan yang memerdekakan kita dari dosa (ayat 18). Inilah anugerah terbesar Tuhan bagi kita.

“Dalam dunia kamu menderita,” kata Yesus. Namun, tahukah kamu apa yang dikatakan Yesus selanjutnya? “… tetapi kuatkanlah hatimu. Aku telah mengalahkan dunia.” (Yohanes 16:33). Ini juga anugerah Tuhan yang tak kalah baiknya—jaminan bahwa Juruselamat kita telah menaklukkan dunia.

Hari ini, mari mulai mencermati setiap pemberian Tuhan yang baik dan anugerah-Nya yang sempurna di dalam hidup kita.

Mungkin, tidak ada salahnya kita menulis sebuah ucapan terima kasih untuk Tuhan.—Karen Pimpo, Amerika Serikat

Handlettering oleh Septianto Nugroho

Pertanyaan untuk direnungkan

1. Kapan kamu paling tergoda untuk meragukan kebaikan Tuhan?

2. Harapan seperti apa yang diberikan Yakobus pasal 1 ini kepada mereka yang menghadapi ujian dan pencobaan?

Bagikan jawaban atas perenunganmu ini di kolom komentar. Kiranya jawaban sobat muda dapat menjadi inspirasi dan berkat bagi orang lain.

Tentang Penulis:

Karen Pimpo, Amerika Serikat | Karen tinggal di Michigan, Amerika Serikat, tempat di mana banyak orang mengeluh tentang cuacanya, tapi suka dengan lingkungannya. Ketika masih kecil, Karen ingin menjadi seorang pustakawan. Sekarang, tidak banyak yang berubah. Di samping buku-buku, dia juga suka mendengarkan dan bermain musik. Dia bernyanyi dan menulis untuk membantu mengurai simpul di kepalanya, dan dengan bercerita, itu menolong kita menyadari bahwa kita tidak sendirian.

Baca 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Yakobus

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Saat Teduh Kitab Yakobus, SaTe Kamu

28 Komentar Kamu

  • saya tergoda utk meragukan kebaikan Tuhan ketika saya mengalami masalah yg menurut saya itu sangat membuat saya stres memikirkannya,itu baru terjadi 2 bulan yg lalu. Namun bersyukur kembali lagi diingatkan lewat Yakobus 1 ini bahwa Yesus memberi segala sesuatu yg baik. sekalipun saya ada dlm pencobaan, namun dikuaykan lagi lewat perkataan Yesus di Yohanes 16:33″…tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia”.. Membuat saya sadar dan mengerti bahwa tak perlu khawatir dan gentar hati dalam menjalani setiap pencobaan dalam hidup ini. Karna ada Yesus yg selalu menjadi tempat perlindungan dan solusi dari segala pencobaan . Selalu mensyukuri apa yg baik yg menjadi anugrahNya dlm hidup ini.

  • Widya Natalia Sirait

    Hal yang membuat saya meragukan kebaikan Tuhan adalah saat saya menghadapi masalah.
    Saya terkadang suka mengandalkan kekuatan saya.
    Saya terkadang merasa “mampu” menyelesaikannya sendiri karena kesombongan saya.
    Hal ini tentu saja akan merusak pribadi saya sebagai manusia ciptaan Allah.
    Hidupku bukan milikku lagi, hidupku adalah milik Tuhan.
    Hidup dan matiku ada pada Tuhan.
    Apabila saya mengingat akan hal itu.
    Saya merasa tenang dan lega, dan tahu Tuhan akan selalu buka jalan, bagi orang yang mau percaya kepadaNya dan berharap hanya pada Dia saja.
    Thank you Lord, Thank you for everything.

  • Saat dimana sy paling tergoda untuk meragukan Tuhan yaitu pd kondisi pergumulan yg betubi”. Tp puji Tuhan Dia selalu menguatkan. Untuk sekrang kalau pergumulan baru dtg lagi sementara yg lama sj blm slsai, sy cuma sllu menguatkan hati, bahwa kadoku diakhir semua ini pst paling besar paling indah dr ekspektasi sy ????❤ intinya asal sy sabar tekun dlm Tuhan. Yakobus kembali mengingatkan bahwa dalm tiap pergumulan, anugerah kasih Tuhan tetap ada dan selalu ada. Trimakasih Tuhan

  • 1. Saat masalah itu datang.

    2. Tetap setia dan tidak bimbang, karna Tuhan sedang merencanakan suatu kerya yang luar biasa untuk kita, supaya kita menjadi kuat dan murni.. Dia akan menolong pada waktunya, jgn takluk kepada pencobaan, bersukacitalah krna kelemahan kita,, karna Yesus akan menolong dan memberikan jalan keluar.

  • Ferdy Judika Panggabean

    1. Tentunya disaat sesuatu hal terjadi diluar ekspektasi/harapan kita.

    2. Mengingat selalu bahwa Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu yang baik dan ujian/pencobaan yang kita alami dapat semakin mendewasakan kita dari hari ke hari.

  • Kalo pencobaan itu datangnya dari hasil keberdosaan kita, tapi kenapa pada orang2 yg setiap hari ya berbuat baik, kasih, dan taat serta pada Allah seringkali mendapat cobaan yg berat?

  • 1. Hal yang paling membuat saya tergoda meragukan Tuhan adalah disaat saya merasa sudah diatas dan bahagia, bukannya bersyukur namun perlahan mulai malas menghadap Tuhan dan tidak tertutup kemungkinan juga saat saya dalam pengobatan, ketika saya sudah lelah dan tidak punya jalan keluar maka saya juga meragukan Tuhan apakah Dia menolong saya atau tidak. Tetapi benar, hikmat Tuhan memang selalu ada bagiku sekalipun aku dalam masalah besar dan bahkan menyimpang dari pada-Nya
    2. Harapan saya dengan membaca dan merenungkan kembali pasal 1 ini Tuhan akan selalu melindungi orang yang berharap kepada-Nya dan memberikan kekuatan yang begitu besar kepada orang-orang percaya

  • 1. saat berada di sebuah situasi yg sulit atau tidak sesuai dgn apa yg sy harapkan.
    2. apapun yg sy terima adalah bukti dari kebaikan Allah. krn Ia tdk pernah merancangkan hal yg jahat bagi anak2Nya.

  • 1. Beberapa tahun lalu saat kedua orang tua saya bertengkar besar, saat saya bener bener sedang menikmati relasi saya dengan Tuhan, namun keadaan pertengkaran itu yang terus terjadi Bahakan sampe bertahun tahun, awalnya saya coba untuk tetap percaya kalau Tuhan sdng mendewasakan saya dengan keadaan itu, namun setelah bertahun tahun saya mulai meragukan Allah, saya ga taat dan sering lari dari jalanNya.. tapi saya bersyukur gimana nya pun saya lari, Tuhan terus tangkap melalui komunitas dan temen kelompok saya… Saya terus mencoba bersyukur dan terus belajar dari kisah orang tua saya, meski hingga saat ini belum terjadi perubahan yg besar namun pelan pelan kedua orang tua saya akan di lembut kan kembali hati nya.
    2. Melalui pasal satu ini, kita yg membaca supaya paham kalau segala yang terjadi pada kita adalah perbuatan baik yang datang dari Bapa yang baik, kiranya kita boleh terus menuliskan syukur kita dari apa yg kita rasakan… Karena pengobatan datangnya dari dunia yaitu atas perbuatan dosa kita…

  • 1. Kapan kamu paling tergoda untuk meragukan kebaikan Tuhan?
    Aku paling tergoda meragukan kebaikan Tuhan pada saat aku dalam situasi2 terdesak dan rasanya tidak adil buatku. Aku seakan2 berkompromi sama Tuhan. Sebenarnya Tuhan benar2 sayang ga sih sama aku. Tapi aku tidak mau membiarkan hal itu terus ada padaku.

    2. Harapan seperti apa yang diberikan Yakobus pasal 1 ini kepada mereka yang menghadapi ujian dan pencobaan ?
    Yang aku secara pribadi yakini adalah mereka yang menghadapi ujian dan pencobaan akan dikuatkan dan Tuhan akan senantiasa menyertai.

  • 1. Waktu Tuhan ambil papaku.

    2. God always open the way.

  • 1. Pada saat semua keadaan dan perasaan benar benar kacau dan gak ada satupun yang menyenangkan.
    2. Segala sesuatu yang terjadi ketika kita tetap setia dengan meyakini Tuhan punya hal baik terhadap kita, dan hingga saatnya kita boleh tetap setia, percayalah Dia tidak pernah tinggalkan kita,Dia pasti menolong, dan hidup kita pun menjadi berarti.

  • 1. Ketika saya merasa jenuh dengan apa yang terjadi di hidup saya
    2. Tetap bertahan dalam pencobaan dan proses yang terjadi di hidup kita. Ketika pencobaan itu datang jangan mengeluh tapi tanya Tuhan”Apa yang harus aku lakukan Tuhan?” Minta hikmat dan kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi setiap proses dan pencobaan itu. Percayalah Tuhan tidak pernah membiarkan kita sendirian.

  • 1. Ketika saya gagal mencapai sesuatu dan ketika kondisi lingkungan tidak mendukung saya.
    2. Saya berharap kita semua bisa yakin dan percaya bahwa Bapa selalu memberikan hal yang positif kepada kita. Ia tidak akan memberikan ular beracun kepada yang meminta roti. Pencobaan sejatinya datang dari Iblis.
    Dan ingatlah selalu bahwa apabila kita jatuh, Ia tidak akan membiarkan kita sampai tergeletak. Sebab Tuhan menopang tangan kita.

    God bless us abundantly

  • 1. paling tergoda untuk meragukan kebaikan Tuhan yaitu pada saat saya sedang sendiri. kerap kali ketika saya sendiri, saya memikirkan hal2 yang membuat saya iri kepada org lain yg kehidupannya lebih baik dari pada saya. Hidup mereka lebih lurus, lebih baik. saya berpikir Tuhan apakah saya akan seperti ini Terus ? Kapan saya menggapai masa depan saya ? Kapan keadaan ini berubah seperti dulu. begitu seterusnya kapan kapan kapan. itu kekhawatiran saya yg tidak patut dicontoh.

    2. Tuhan itu baik. Iya memberikan segala hal yg baik dibalik penderitaan kita. Sepeti lagu * Pelangi Sehabis Hujan*. hidup tidak hanya soal kesuksesan semata. tetapi bagaimana hati ini merespon kebaikan Tuhan Yesus. jangan sampai salah arti, membuat terlena. Setiap hari adalah anugerah. Setiap hari ada harapan hidup, ketika kita di percaya di dalam Dia ????

  • 1. Saat masalah datang menghadang

    2. Jangan patah semangat, Tuhan selalu bersama kita, Ia menyertai kita dan memberikan jalan keluar disaat kita butuh, ujian dan cobaan adalah proses pembentukan iman, iman kita bertumbuh dalam masalah yang kita hadapi, nikmati saja prosesnya

  • Korri Lumban Tobing

    1. Meragukan Kebaikan Tuhan ketika dalam hal pekerjaan dan dalam hal kebutuhan.
    Tapi melalui Firman ini, saya kembali di Ingatkan, Tuhan selalu Baik dan saya tidak lagi meragukan kebaikan Tuhan.

    2. Menguatkan Hati, karena Tuhan telah mengalahkan Dunia untuk kita dan memberi Keselamatan.
    Amin.

  • 1. Ketika menghadapi byk persoalan yg dtg terus menerus.
    2. Harapan bahwa Tuhan akan memberikan damai sejahtera, sukacita dan anugerah keselamatan bagi kita yg tahan akan ujian dan cobaan.

  • Terima kasih Tuhan,Engkau ingatkan saya disaat menghadapi pergumulan berat saya tetap pd firman-Mu. Kuatan imanku ya Tuhan supaya saya tetap pd genggaman-Mu dlm situasi apapun dn bagaimanapun saya tetap bersembah sujud dn memulyakan Engkau Tuhan.Tdk ada Ilah lan,selain Engkau ya Tuhan bapa yg di surga.Amin…Tuhan memberkati!

  • Saat mengalami ujian pencobaan hehe. Kadang2 sih. Tapi saat ku kembali kepada Tuhan, Ia menunjukkan bahwa hanya Dia yg mampu memberikan damai sejahtera sekalipun sdg alami pencobaan.

    Tidak fokus pada ujian pencobaan yg aku alami, tapi fokus pada kasih dan kebaikan Tuhan yang lebih besar dari masalah pun. Dan fokus pada tujuan hidup yang Tuhan berikan utkku.

  • 1. Disaat masalah seakan tiada henti-hentinya.
    2. Harapan seperti apa yang diberikan Yakobus pasal 1 ini kepada mereka yang menghadapi ujian dan pencobaan?
    2. Tuhanku lebih besar dari stiap masalah.

  • Saya pernah meragukan Tuhan saat saya mengambil keputusan dalam melakukan sesuatu. Disitu saya bimbang memutuskan yg mana yg paling terbaik. Saat saya merasa bimbang, ada suara di dalam hati saya dan Dia berkata “jangan takut, aku bersamamu” dan saya langsung sadar bahwa Tuhan selalu bersama saya dan kebaikan Tuhan selalu tidak buruk tapi selalu indah.
    2. Selalu ingat Tuhan bahwa melakukan segala sesuatu andalkan Tuhan dalam hidupmu. Jangan menyerah , putus asa dan bimbang. Karena Tuhan itu sangat baik dan selalu memberikan kebaikan Nya kepada kita. Ingat, Tuhan tak pernah meninggalkan kita saat dalam keadaan kesusahan.

  • 1. Ketika dihadapkan dengan banyak masalah

    2. Harapan bahwa Tuhan itu baik, Dia memberikan banyak kelegaan dan kekuatan.

  • 1.Saat masalah datang dalam keluarga
    2.Tetapi Yakobus mengingatkan bahwa kita harus berharap sama Tuhan dalam situasi apapun..karna Tuhan tidak pernah terlambat dalam menolong kita…dan selalu memampukan kita utk menjalani setiap masalah yang kita hadapi.

  • 1. Pada waktu disaat apa yg dikatakan Tuhan rasanya tidak sesuai dengan apa yg Tuhan janji kan
    2. Firman nya Ya dan Amin, apa yg di firmankan Nya pasti terjadi, jangan khawatir. Tuhan pasti menolong kita, asal kita bertobat, dekat kepadaNya dan mencari wajahNya dengan sungguh” .

  • 1. Disaat menunggu sesuatu yg diharapkan tapi tidak terjadi sesuai dg apa yg di harapkan.
    2. Lewat Yakobus pasal 1 saya di ingatkan bahwa Tuhan ada dan pasti menolong saya, Tuhan tidak pernah kasi yg buruk ato yg jahat, tapi Tuhan sllu kasi yg terbaik bagi anak”Nya yg mngasihiNya, Dan percaya kalo pemberian yg terbaik dan stiap anugerah yg smpurnah itu datangnya dari atas.
    Terima kasih Tuhan buat cintaMu yg tanpa batas

  • 1. Ketika masalah tak henti”nya mengganggu hati dan pikiranku

    2. Harapan bahwa Tuhan memberikan yang terbaik bagi setiap anak-anakNya, masa depan yang baik dan juga keselamatan yang daripada Tuhan

  • 1. Kapan kamu paling tergoda untuk meragukan kebaikan Tuhan?
    Saat datangnya masalah
    2. Harapan seperti apa yang diberikan Yakobus pasal 1 ini kepada mereka yang menghadapi ujian dan pencobaan?
    Kuat dan teguhkan hati Tuhan selalu ada dan menyertai Umatnya amin

Bagikan Komentar Kamu!