Selalu Siap Menolong

Info

Sabtu, 24 November 2018

Selalu Siap Menolong

Baca: Yohanes 14:15-26

14:15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.

14:20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”

14:22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: “Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?”

14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;

14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Penghibur, yaitu Roh Kudus, . . . akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. —Yohanes 14:26

Selalu Siap Menolong

Setelah cedera tulang belakang membuatnya lumpuh, Marty memutuskan kembali kuliah untuk meraih gelar MBA. Judy, ibu Marty, menolong untuk mewujudkan impian Marty. Ia duduk di samping Marty dalam setiap kelas dan kelompok belajar, sambil mencatat dan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Ia bahkan membantu Marty untuk naik ke panggung menerima gelar diplomanya. Apa yang mustahil menjadi mungkin dilakukan berkat pertolongan praktis yang selalu siap diberikan sang ibu bagi Marty.

Yesus tahu murid-murid-Nya akan membutuhkan dukungan serupa setelah Dia meninggalkan dunia ini. Saat memberitahukan kepada mereka mengenai kepergian-Nya, Yesus berkata bahwa mereka akan menerima bentuk hubungan yang baru dengan Allah melalui Roh Kudus. Roh itu akan menjadi penolong mereka dari momen ke momen—menjadi pengajar dan penuntun yang tidak hanya tinggal bersama mereka, tetapi juga berdiam dalam diri mereka (Yoh. 14:17,26).

Roh Kudus akan menyediakan pertolongan internal dari Allah bagi murid-murid Yesus, dan itu akan memampukan mereka untuk tetap memikul apa yang tidak dapat mereka pikul dengan kekuatan mereka sendiri saat mereka diutus untuk memberitakan Injil. Di tengah pergumulan, Roh Kudus akan mengingatkan mereka tentang semua yang telah Yesus katakan kepada mereka (ay.26): Janganlah gelisah hatimu . . . Kasihilah sesamamu . . . Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.

Apakah kamu sedang menghadapi sesuatu yang melebihi kekuatan dan kemampuanmu? Kamu dapat mengandalkan Roh Kudus yang selalu siap menolong. Roh Allah yang bekerja di dalam dirimu akan membawa kemuliaan yang layak diterima-Nya. —Jennifer Benson Schuldt

Ya Allah, terima kasih untuk pertolongan yang terus tersedia melalui Roh Kudus. Tolong aku untuk mengandalkan Roh-Mu di saat aku memerlukan pertolongan.

Jika Roh Allah yang Mahakuasa bekerja, jangan pernah berkata, “Aku tak bisa.” Oswald Chambers

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 22-23; 1 Petrus 1

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

27 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!