Diperhatikan Penuh

Info

Senin, 23 Juli 2018

Diperhatikan Penuh

Baca: Yeremia 23:20-24

23:20 Murka TUHAN tidak akan surut, sampai Ia telah melaksanakan dan mewujudkan apa yang dirancang-Nya dalam hati-Nya; pada hari-hari yang terakhir kamu akan benar-benar mengerti hal itu.

23:21 “Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat.

23:22 Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari perbuatan-perbuatannya yang jahat.

23:23 Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga?

23:24 Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN.

Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman Tuhan. —Yeremia 23:24

Diperhatikan Penuh

Sebelum putra saya bergegas keluar rumah untuk pergi ke sekolah, saya bertanya kepadanya apakah ia sudah menggosok gigi. Sambil bertanya sekali lagi, saya mengingatkannya untuk berkata jujur. Tanpa merasa bersalah, dengan setengah bercanda ia berkata bahwa sebenarnya saya perlu memasang kamera pengawas di kamar mandi agar saya bisa mengecek sendiri apakah ia sudah menggosok gigi sehingga ia tidak perlu berbohong.

Memang keberadaan kamera pengawas dapat membantu untuk mengingatkan kita agar menaati peraturan, tetapi masih ada tempat-tempat yang bisa kita kunjungi dengan tidak diketahui oleh siapa pun atau menggunakan siasat yang membuat kita bisa lolos dari perhatian orang. Meskipun kita bisa menghindari atau mengelabui kamera pengawas, sungguh konyol apabila kita berpikir bahwa kita bisa lepas dari pengawasan Allah.

Allah bertanya, “Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia?” (Yer. 23:24). Pernyataan tersebut memperingatkan sekaligus menguatkan kita.

Kita diperingatkan bahwa kita tidak bisa menyembunyikan diri dari Allah. Kita tidak mungkin menghindari atau memperdayai Allah. Segala sesuatu yang kita lakukan terlihat oleh-Nya.

Namun, kita dikuatkan ketika tahu bahwa tidak ada tempat bagi kita di langit atau di muka bumi ini yang lepas dari perhatian Bapa kita di surga. Allah menyertai kita bahkan ketika kita merasa sendirian. Ke mana pun kita melangkah hari ini, kiranya kesadaran akan kebenaran itu menghibur hati dan menguatkan kita untuk tetap taat pada firman-Nya. Allah memperhatikan kita sepenuhnya. —Lisa Samra

Tuhan Yesus, terima kasih karena tidak ada tempat yang berada di luar dari perhatian-Mu yang penuh kasih. Karena aku tahu Engkau selalu mengawasiku, mampukanlah aku untuk menghormati-Mu dengan perkataan dan tindakanku.

Kita tidak pernah lepas dari perhatian Bapa kita di surga.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 33-34; Kisah Para Rasul 24

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

26 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!