Mempergunakan Waktu

Kamis, 21 Juni 2018

Mempergunakan Waktu

Baca: Mazmur 90:9-17

90:9 Sungguh, segala hari kami berlalu karena gemas-Mu, kami menghabiskan tahun-tahun kami seperti keluh.

90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

90:11 Siapakah yang mengenal kekuatan murka-Mu dan takut kepada gemas-Mu?

90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

90:13 Kembalilah, ya TUHAN—berapa lama lagi? —dan sayangilah hamba-hamba-Mu!

90:14 Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami.

90:15 Buatlah kami bersukacita seimbang dengan hari-hari Engkau menindas kami, seimbang dengan tahun-tahun kami mengalami celaka.

90:16 Biarlah kelihatan kepada hamba-hamba-Mu perbuatan-Mu, dan semarak-Mu kepada anak-anak mereka.

90:17 Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami, dan teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah itu.

Pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. —Efesus 5:16

Mempergunakan Waktu

“Orang Barat punya jam. Orang Afrika punya waktu.” Demikianlah peribahasa Afrika yang dikutip Os Guinness dalam bukunya Impossible People. Perkataan itu membuat saya merenungkan saat-saat ketika saya menanggapi permintaan seseorang dengan jawaban, “Maaf, aku tak punya waktu.” Saya terpikir tentang bagaimana saya ditindas oleh hal-hal yang terasa mendesak dan bagaimana jadwal serta tenggat mendominasi hidup saya.

Musa berdoa dalam Mazmur 90, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana” (ay.12). Dan Paulus menulis, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat” (Ef. 5:15-16).

Saya pikir, Paulus dan Musa tentu setuju bahwa mempergunakan waktu yang ada secara bijak bukanlah soal mengatur jadwal dengan bermacam-macam kegiatan. Keadaan bisa saja mengharuskan kita untuk mempunyai jadwal yang padat—atau sebaliknya, kita mungkin didorong untuk menyisihkan lebih banyak waktu bagi seseorang.

Kita hanya punya waktu sesaat saja untuk mempengaruhi dunia ini bagi Kristus dan kita perlu memaksimalkan kesempatan itu. Hal itu mungkin berarti kita perlu mengesampingkan jadwal atau rencana kita untuk sementara waktu dan menunjukkan belas kasihan Kristus kepada orang-orang yang dibawa-Nya masuk dalam hidup kita.

Kita mempengaruhi zaman ini dengan dampak yang kekal ketika kita mengisi waktu yang ada dengan kekuatan dan anugerah dari Kristus yang hidup selama-lamanya. —Bill Crowder

Ya Bapa, Engkau telah memberi kami waktu yang kami butuhkan untuk menggenapi apa yang Engkau kehendaki untuk kami lakukan. Kiranya kami mempergunakan waktu yang ada itu dengan cara-cara yang memuliakan-Mu.

Manajemen waktu bukanlah soal mengisi jadwal, tetapi soal mempergunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya.

Bacaan Alkitab Setahun: Ester 3-5; Kisah Para Rasul 5:22-42

Artikel Terkait:

Pegangan Kita Setiap Waktu

Bagikan Konten Ini
43 replies
  1. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, Engkau mengingatkan kami bahwa hari hari ini jahat,tolong kami Tuhan untuk mengisi hari hari kami dengan hal-hal yang baik dan berguna dan yang berkenan kepada Mu.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn!

  2. Setia Silaban
    Setia Silaban says:

    trimakasih TUHAN YESUS engkau sungguh baik ajar lah kami untuk memakai waktu yg engkau berikan.amin.

  3. Yenny
    Yenny says:

    Ya Tuhan terimakasih karena Engkau sudah ingatkan aku agar menggunakan waktu yang ada dengan baik. Amin

  4. Nursi
    Nursi says:

    Tuhan puji syukur pagi ini boleh saya bernafas,atas kebaikanMu,dan menggunakan waktu utk memuliakan namaMu,sampai se.lama2nya.

  5. Kartini Batubara
    Kartini Batubara says:

    Tuhan, pegang selalu tanganku dalam kami mengisi waktu kami agar setiap yg kami kerjakan selalu berkenan bagi Mu

  6. Kartini Batubara
    Kartini Batubara says:

    Tuhan, pegang selalu tanganku dalam kami mengisi waktu kami agar setiap yg kami kerjakan selalu berkenan bagi Mu. Dlm nama Yesus Amin

  7. ronald
    ronald says:

    trimaksh Tuhan Yesus, biarlah kami boleh mempergunakan waktu kami yg sebaik2nya bg hormat & kemuliaan namaMu, dan tuntunlah kami ya Tuhan utk dpt melakukannya, dlm nama Yesus,amin

  8. Reynaldi Saputra
    Reynaldi Saputra says:

    pujiTuhan Haleluyah…
    terima kasih Tuhan lewat renungan pagi ini, Engkau telah mengingatkan ku untuk selalu mengutamakan Engkau dan selalu memberi waktu untuk dapat menggenapi kehendak-Mu di dalam hidup ini

  9. sherly
    sherly says:

    Ajar kami Tuhan untuk mempergunakan waktu dengan bijak. Terpujilah namaMu skrang dan sampai slamanya amin

  10. Paul Mooy
    Paul Mooy says:

    Terima kasih Tuhan atas pengasihan Mu ajarilah dan kuatkan kami, bimbinglah kami utk kami mengasihi sesama kami.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *