Gelisah Tak Bisa Tidur

Kamis, 24 Mei 2018

Gelisah Tak Bisa Tidur

Baca: Mazmur 4

4:1 Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi.Mazmur Daud.

4:2 Apabila aku berseru, jawablah aku, ya Allah, yang membenarkan aku. Di dalam kesesakan Engkau memberi kelegaan kepadaku. Kasihanilah aku dan dengarkanlah doaku!

4:3 Hai orang-orang, berapa lama lagi kemuliaanku dinodai, berapa lama lagi kamu mencintai yang sia-sia dan mencari kebohongan? Sela

4:4 Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; TUHAN mendengarkan, apabila aku berseru kepada-Nya.

4:5 Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam. Sela

4:6 Persembahkanlah korban yang benar dan percayalah kepada TUHAN.

4:7 Banyak orang berkata: “Siapa yang akan memperlihatkan yang baik kepada kita?” Biarlah cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya TUHAN!

4:8 Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur.

4:9 Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.

Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman. —Mazmur 4:9

Gelisah Tak Bisa Tidur

Apa yang membuat kamu terjaga di malam hari? Akhir-akhir ini saya sering kurang tidur dan merasa gelisah di atas tempat tidur karena berusaha mencari solusi atas suatu masalah. Akhirnya saya mulai mengkhawatirkan keadaan saya yang tidak cukup beristirahat dan merasa ragu akan dapat mengatasi tantangan-tantangan yang muncul keesokan harinya!

Kamu pernah mengalami hal serupa? Masalah dalam hubungan, masa depan yang tidak menentu, apa pun itu—pada satu waktu, kita juga pasti digelisahkan oleh rasa khawatir.

Raja Daud merasa sangat tertekan saat menulis Mazmur 4. Orang-orang sedang menjatuhkan reputasinya dengan tuduhan yang tak berdasar (ay.3). Ditambah lagi sejumlah pihak mempertanyakan kemampuannya dalam memimpin (ay.7). Daud mungkin marah karena diperlakukan tidak adil. Tentulah Daud menghabiskan malam-malamnya dengan terus memikirkan segala kesusahan itu. Namun, kita membaca kata-katanya yang luar biasa, “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur” (ay.9).

Charles Spurgeon menjelaskan ayat 9 dengan indah, “Dengan membaringkan diri, . . . [Daud] mempercayakan dirinya kepada Allah; ia pasrah total, ia tidur tanpa terbebani masalah; ada rasa percaya yang sempurna.” Apa yang menginspirasi rasa percaya itu? Dari semula, Daud yakin bahwa Allah akan menjawab doa-doanya (ay.4). Dan Daud yakin bahwa karena Allah telah memilih untuk mengasihinya, Dia juga akan memenuhi segala kebutuhannya dengan sepenuh kasih.

Saat kekhawatiran melanda, kiranya Allah menolong kita beristirahat dalam kuasa dan hadirat-Nya. Dalam tangan kasih-Nya yang berdaulat, kita dapat “membaringkan diri, lalu segera tidur.” —Poh Fang Chia

Bapa, terima kasih karena Engkau mendengarku saat aku berseru. Aku serahkan segala kekhawatiranku kepada-Mu dan bersandar pada kuasa dan kehadiran-Mu.

Kita dapat menyerahkan kekhawatiran kita kepada Allah yang sepenuhnya tepercaya.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 22-24; Yohanes 8:28-59

Bagikan Konten ini
49 replies
  1. Nursi
    Nursi says:

    Tuhan terimakasih boleh saya bangun pagi ini dgn bernapas,semua atas kebaikanMu,kekhawatiran dlm hidupku saya serahkan kpd Mu ya Tuhan biarla Tuhan memberi kedamaian dan ketenangan dlm hidupku,terimakasih Tuhan.

  2. solideo vossa
    solideo vossa says:

    Terkadang ada hal2 tak terduga dan jauh dari harapan kita, membuat kita takut, tak ada harapan. tapi pagi ini, Tuhan Kau ingatkan saya bahwa Engkau berkuasa atas hubunganku, atas masa depanku. sekalipun aku takut, sekalipun aku gelisah, tapi Tuhan biarlah Kau ambil seutuhnya hidup ini

  3. Cana Lang
    Cana Lang says:

    Tentang hal kekuatiran ada dalam Lukas 12 : 22-34. Apakah kuatir dengan masalah, kita bisa melangkah melewati masalah tersebut. Saya punya pengalaman punya family yg sakit asam lambung, ketika dia punya banyak pikiran perutnya selalu sakit. Karena sakit maka obat pemberian dokter sangat dibutuhkannya. Saat itu obatnya habis, saya pun membantunya berobat kembali ke dokter setelah itu saya ke apotek menebus obat. Sekilas saya berbincang kepada apoteker yg memberikan obat, ternyata obat-obat yg saya beli tergolong obat keras alias obat penenang hanya dengan resep dokter bisa membeli obat tersebut. Satu hal yg saya pelajari, pikiran yg gelisah berpotensi menimbulkan penyakit. Mulai dari hipertensi, asam lambung, penyakit jantung, pecah pembuluh darah, dll. Dalam Alkitab sudah diberitaukan, gelisah dan perasaan kuatir tidak akan menambah sehasta jalan keluar dari masalah kita, malah memperburuk masalah itu. Dalam Kristen kita diajarkan untuk memberikan segala beban hidup kita ke tangan Tuhan, kita disuruh carilah KerajaanNya maka semuanya akan ditambahkan dan diberikan kepada orang-orang percaya. Dekat kepada Tuhan, percaya atas mujizat Tuhan Yesus, hidup dengan pengharapan, serta serahkanlah hidup kita besok dan hari-hari berikutnya kepada Tuhan dan bersyukurlah atas apa yg kita peroleh hari ini. Inilah jawaban Tuhan Yesus atas kekuatiran, dalam nama Tuhan Yesus tidak ada masalah yg sulit, Tuhan Yesus pasti berikan jalan kelegaan bagi anak-anakNya yg mengetuk Tuhan dengan doa dan nyanyian puji-pujian surgawi. Amin

  4. trisnaworms
    trisnaworms says:

    Bapa, aku mengucap Syukur karena Engkau telah mendengarku dan aku tau Engkau selalu mendengarku. Amin

  5. Elsye Lalupanda
    Elsye Lalupanda says:

    Terimakasih Tuhan. Saat ini aku bisa tidur dengan tenang tanpa memikirkan hari esok yang penuh tantangan karena aku tahu siapa yang aku percaya. amin

  6. agusti lim
    agusti lim says:

    Kuserahkan hidup ku kepadaMu Tuhan. bebaskan kami dari rasa takut dan kuatir, penuhkan dengan damai sejahtera sejati, segala persoalan tidak membebani pikiran. sehingga dengan tenang kami dapat tidur.

  7. Cindy Stephanie
    Cindy Stephanie says:

    Amin.. Tuhan Yesusku sungguh luar biasa baik.. berkat dan kasihNya selalu berlimpah disetiap hari

  8. Melchior Suroso
    Melchior Suroso says:

    Tuhan Yesus Kristus berilah kami ketenangan lahir dan batin walaupun kami baru mengalami pergumulan hidup yang sangat berat. Lepaskan kami dari rasa kuatir karena Engkau akan menyertai kami sampai akhir zaman. Amin.

Trackbacks & Pingbacks

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *