Arti Hidup Ini

Senin, 26 Maret 2018

Arti Hidup Ini

Baca: Lukas 12:22-34

12:22 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.

12:23 Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian.

12:24 Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu!

12:25 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?

12:26 Jadi, jikalau kamu tidak sanggup membuat barang yang paling kecil, mengapa kamu kuatir akan hal-hal lain?

12:27 Perhatikanlah bunga bakung, yang tidak memintal dan tidak menenun, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

12:28 Jadi, jika rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api demikian didandani Allah, terlebih lagi kamu, hai orang yang kurang percaya!

12:29 Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan janganlah cemas hatimu.

12:30 Semua itu dicari bangsa-bangsa di dunia yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu tahu, bahwa kamu memang memerlukan semuanya itu.

12:31 Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.

12:32 Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

12:33 Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.

12:34 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu. —Lukas 12:15

Arti Hidup Ini

Akhir-akhir ini, saat membaca buku-buku yang berisi nasihat pengelolaan uang, saya memperhatikan ada tren yang menarik. Hampir semua buku itu memberikan nasihat yang baik, tetapi banyak di antaranya menyiratkan bahwa alasan utama dari hidup hemat adalah keinginan untuk hidup bak miliuner di masa depan. Namun, satu buku memberikan perspektif yang berbeda. Buku itu menganjurkan bahwa hidup apa adanya sangatlah penting untuk memiliki hidup yang berkelimpahan. Jika kamu merasa membutuhkan sesuatu yang lebih mewah atau harta yang lebih banyak untuk dapat merasakan sukacita, buku itu menyatakan, “kamu telah kehilangan arti hidup ini.”

Pencerahan itu mengingatkan saya pada tanggapan Yesus saat seseorang meminta-Nya untuk mendesak saudaranya agar berbagi warisan dengannya. Alih-alih bersimpati, Yesus menegurnya lalu memperingatkan tentang “segala ketamakan”—karena hidup manusia “tidaklah tergantung dari pada kekayaannya” (Luk. 12:15). Yesus pun bercerita tentang rencana seorang kaya yang ingin menyimpan hasil panennya dan menikmati kemewahan hidup dengan akhir yang fatal. Kekayaannya itu sia-sia, karena ia mati malam itu juga (ay.16-20).

Meskipun kita memang bertanggung jawab untuk memakai harta benda kita dengan bijaksana, Yesus mengingatkan kita untuk memeriksa motivasi kita. Hati kita haruslah terarah untuk mencari Kerajaan Allah—mengenal-Nya dan melayani sesama—dan bukan untuk menjamin masa depan kita sendiri (ay.29-31). Ketika kita menjalani hidup bagi-Nya dan rela berbagi dengan sesama, kita dapat sepenuhnya menikmati hidup yang berkelimpahan bersama-Nya saat ini juga—di dalam kerajaan yang memberikan arti bagi seluruh aspek hidup kita (ay.32-34). —Monica Brands

Tuhan, terima kasih atas kemurahan hati-Mu. Ajari kami menikmati pemberian-Mu dan membagikannya dengan sesama. Tolong kami untuk bersandar kepada-Mu.

Hidup berkelimpahan dalam Kerajaan Allah dapat kita nikmati saat ini juga.

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 22-24; Lukas 3

Desain gambar oleh WarungSaTeKaMu & Teguh Arianto

Bagikan Konten Ini
50 replies
  1. Nursi
    Nursi says:

    Puji syukur bapa saya ucapkan pagi ini boleh saya membaca firman Mu.biarlah saya boleh menikmati berkatmu dan saling berbagi kpd sesama .puji syukur Tuhan.

  2. Lidya Sanobar-i
    Lidya Sanobar-i says:

    kekwatiran memang bisa mengalahkan sglanya, termasuk FirmanNya. semoga makin bergantung kpdNya Sang Pemilik hidup. amin

  3. Tiur
    Tiur says:

    Terimakasih Yesus. Ajarkanlah aku utk terus mendahulukan kerajaanMu dlm hidupku. Krn pertolonganMu tdk pernah terlambat dlm mencukupka n kami. Amin

  4. risma simbolon
    risma simbolon says:

    Tks Yesus, Tuhan mencukupkan segala keperluanku, Yesus penolongku dan juru selamatku.Haleluya.

  5. ririn
    ririn says:

    trima kasih menguatkan kesian kali baca firman ini..untuk tdk khawatir dan cemas..krna saat ini sy sedang mencari oekerjaan baru

  6. Meiliati Djojo
    Meiliati Djojo says:

    Betul, merancangkan keuangan masa depan untuk lebih baik itu bagus tapi bukan berarti melupakan pemelihara itu sendiri. Kalau kita sudah merasa aman dgn keuangan kita, kadangkala kita bisa menjadikan harta kita sbg sandaran hidup kita.Tuhan Yesus pernah mengingatkan saya melalui bisikan dlm hati nurani saya, andalkan Tuhan dlm hidupmu dan masa tua mu.Allah sumber segala berkat itu. Amin.

  7. louisken
    louisken says:

    thanks for the update and for the record and send it to you when you get back to me as soon as possible so that disney and Paris and then you can get back to me as soon as possible so that disney and then you can get back to me as soon as possible so that disney and then you can get back and Paris and then the other day but they are not in town on the weekend but they are not in your email that you are not feeling good at all the same for you could send the other side of the house the other side and the same for me as a reference and Paris is the same for me and Paris is the same time and then the rest to the other one for me go through and then the rest to me and then the other one better but still have to go through this song and Paris for Android app to see you and your email address to send it if you could send the same to me that disney to get back to work phone and Paris for the first week or two ago but will see if the same for you can get back and forth with that being a car and a person that is the same for the next couple weeks and then we’ll
    .

  8. finda
    finda says:

    Rhema yg sy dpt: hidup berkelimpahan dlm Tuhan,bukan krn kita melimpah dlm harta/uang tapi bgmn kita kita mengelola harta yg Tuhan beri utk kemulyaan Tuhan dan jd berkat buat sesama.

  9. agusti lim
    agusti lim says:

    Tuhan, janganlah kami hidup dalam ketamakan akan harta yang sementara. sebab kekayaan di dunia itu fana, ketika kami mati, tak ada yang dapat kami bawa. kami belajar Tuhan, untuk memberi apa yang menjadi milikMu dan kami berbagi dari berkat yang telah Engkau titipkan kepada kami.

  10. Sulinda Manik
    Sulinda Manik says:

    Ketika kita menjalani hidup bagi Nya dan Rela Berbagi dgn Sesama,,kita dapat Sepenuhnya Menikmati hidup yg Berkelimpahan Bersama Nya saat ini juga ,,,ajari kami Tuhan utk dapat melaksanakan ini ,,,Terimakasih Tuhan Yesus yg Baik ,,,amin ,,,

  11. eritha
    eritha says:

    sesuai dengan kecemasan saya hari ini.
    tuhan bantu saya untuk lebih bersyukur dan menyerahkan seluruh hati hanya kepadaMu. amin

  12. Chatrine
    Chatrine says:

    amin
    Terimakasih Tuhan ats pemberianmu
    ..
    biarkan kami selalu bersyukur Tuhan
    jgn biarkan kami lupa kpdMu Tuhan atas segala apa yg kami punya karena itu berasal drMu.
    Amin

  13. Fabian Caezar
    Fabian Caezar says:

    Amin… kita diberikan segalanya untuk berbagi dengan sesama. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *