Terhilang lalu Ditemukan

Rabu, 28 Februari 2018

Terhilang lalu Ditemukan

Baca: Lukas 15:1-9

15:1 Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia.

15:2 Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: “Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.”

15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:

15:4 “Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?

15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,

15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.

15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”

15:8 “Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?

15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.

Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. —Lukas 15:6

Terhilang lalu Ditemukan

Saya dan istri menjadi panik saat menyadari bahwa ibu mertua saya menghilang ketika ia sedang berbelanja dengan seorang saudara. Ingatan Ibu kurang baik, dan kami tidak tahu apa yang sedang dilakukannya. Apakah ia berputar-putar di pasar itu, atau justru menaiki bus untuk pulang ke rumah? Saat mencarinya, kami sudah memikirkan kemungkinan yang terburuk, sambil berseru kepada Allah dalam hati, “Tolonglah kami menemukannya.”

Berjam-jam kemudian, ibu mertua saya ditemukan sedang berjalan kepayahan di jalan yang bermil-mil jauhnya. Kami sungguh bersyukur dapat menemukannya kembali. Beberapa bulan kemudian, kami kembali bersyukur, karena pada usianya yang ke-80, beliau menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Saat membandingkan manusia dengan domba yang hilang, Yesus memberikan ilustrasi berikut: “Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, . . . ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan” (Luk. 15:4-6).

Para gembala biasa menghitung domba mereka untuk memastikan jumlah domba sudah lengkap. Sama seperti Yesus, yang menyamakan diri-Nya seperti gembala, menghargai setiap dari kita, tua maupun muda. Saat kita mengarungi hidup ini, mencari-cari makna dan tujuan hidup kita, selalu ada kesempatan untuk berbalik kepada Kristus. Allah rindu kita mengalami kasih dan berkat-Nya. —Leslie Koh

Tuhan, Engkau mencari dan menemukan kami. Kami bersyukur Engkau menjadikan kami milik-Mu.

Ajaib benar anug’rah-Nya! . . . Dahulu ‘ku hilang, kini ditemukan. —John Newton

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 20-22; Markus 7:1-13

Bagikan Konten Ini
40 replies
  1. agusti lim
    agusti lim says:

    Tuhan, terima kasih untuk anugerahMu bagi kami orang2 yang berdosa. Engkau datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. sungguh ajaib kasihMu, tak terlukis dengan kata2. ku hanya dapat berkata terima kasih Tuhan……..

  2. Winda Risty G'toms
    Winda Risty G'toms says:

    Tuhan Kau Gembala kami, tuntun kami domba-Mu…..Tuhan Yesus Juruslamat, kami ini milik-Mu… Gb

  3. Evi Gantume
    Evi Gantume says:

    Amin, Terimakasih Bapa untuk Anugrah Mu, bagi aju yg dulu terhilang, kini aku telah ditemukan oleh kasih setiaMu

  4. Lazarus Lukas
    Lazarus Lukas says:

    Terhilang lalu ditemukan? ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. Ini artinya tidak seperti yg kita baca, dimata Tuhan Yesus semua sama baik orang yg berdosa bertobat dengan orang yg telah menerima kebenaranNya. Dalam ayat ini Tuhan Yesus ingin tegaskan orang berdosa juga berharga dihadapan Tuhan, selalu ada maaf dan ampun bagi anak-anakNya yg tersesat oleh dosa. Semua berharga di mata Tuhan, coba kita renungkan orang jahat saja tetap Tuhan Yesus panggil untuk bertobat. Layakkah kita menghakimi dan memusuhi orang jahat? Menurut ajaran Kristus, tidak ada manusia yg jahat dari bayi. Karena Tuhan Yesus menciptakan manusia segambar dengan Tuhan. Dosa dan kuasa iblislah yg merusak roh dan tubuh manusia, orang jahat bukan orangnya yg jahat tapi dirinya yg membiarkan iblis dan keinginan dunia yg menguasainya. Maka itu kita harus tegur, doakan dan sentuh roh orang jahat itu supaya kembali memiliki iman yg kudus. Dalam perumpamaan hilangnya 1 dirham itu juga mengisahkan tentang bagaimana sikap Tuhan dalam menemukan dan memanggil anak-anakNya. Tuhan Yesus mengutus misionaris-misionaris untuk menyebarkan berita sukacita keselamatan bagi anak-anakNya, Tuhan Yesus sebar ke pelosok negeri kabar baik untuk semua bangsa yg percaya dengan Kristus, seluruh bangsa telah ditebus dosa-dosanya dan telah diangkat jadi anak-anakNya. Semua boleh datang ke undangan yg telah Tuhan Yesus sebar bagi manusia-manusia yg mau mencari jalan ke sorga, tidak ada perbedaan antara bangsa israel dan bangsa non israel, di kayu salib Tuhan Yesus telah berikan kasih dan anugrah bagi seluruh bangsa di dunia ini. Seperti itulah maksud dari ayat-ayat itu, Tuhan Yesus punya janji dan janji itu telah Tuhan Yesus tuliskan di kitab kehidupan di sorga itulah sebabnya Tuhan Yesus naik ke sorga untuk mempersiapkan tempat di sorga bagi anak-anakNya yg mengasihiNya. Semoga penjelasan ini menguatkan iman saudara-saudari, tetaplah tekun dalam iman yg kudus serta hiduplah dengan kudus. Tuhan Yesus memberkati

  5. Domianus Fieldo
    Domianus Fieldo says:

    Puji Tuhan, atas pertolongan Tuhan ku percaya, bahwa Tuhan setia kepada umatnya dalam segala hal, tanpa membedakan atau membandingkan seperti domba yg hilang Tuhan tetap mencarinya, firman ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Aminnn

  6. Domianus Fieldo
    Domianus Fieldo says:

    Bersukacitalah, kasih setianya ug baik tdk akan pernah hilang selamanya, kita semua adalah domba Tuhan, karena itu percayalah atas semua muzizat yg kita alami. Aminnnnn

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *