Sikap Kita

Senin, 22 Januari 2018

Sikap Kita

Baca: Yakobus 1:1-12

1:1 Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan.

1:2 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,

1:3 sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

1:4 Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.

1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.1:9 Baiklah saudara yang berada dalam keadaan yang rendah bermegah karena kedudukannya yang tinggi,

1:10 dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput.

1:11 Karena matahari terbit dengan panasnya yang terik dan melayukan rumput itu, sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah semaraknya. Demikian jugalah halnya dengan orang kaya; di tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.

1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai bagai pencobaan. —Yakobus 1:2

Sikap Kita

Regina berkendara pulang dari tempat kerjanya dengan kondisi lelah dan kecewa. Di awal hari itu, ia mendapat kabar tragis dari seorang teman melalui pesan pendek. Selanjutnya hari itu bertambah berat, ketika di dalam rapat, rekan-rekan kerjanya menolak untuk melakukan gagasan apa pun yang diberikannya. Ketika Regina sedang mencurahkan kegalauannya kepada Tuhan, terlintas di pikirannya untuk mengesampingkan dahulu tekanan yang dialaminya hari itu. Ia pun memutuskan untuk mengunjungi temannya, Maria, yang telah lanjut usia di panti wreda. Semangat Regina bangkit lagi ketika Maria menceritakan segala kebaikan Allah yang telah diterimanya. Maria berkata, “Aku punya tempat tidur dan sofaku sendiri, makan tiga kali sehari, dan sangat terbantu oleh para perawat di sini. Kadang-kadang Allah mengirimkan burung gereja bertengger di jendela kamarku karena Dia tahu aku menyukainya dan Dia sangat mengasihiku.”

Masalahnya adalah sikap dan sudut pandang kita. Sebuah ungkapan menyatakan, “Hidup ditentukan 10 persennya oleh apa yang kita alami, sementara 90 persennya lagi oleh reaksi kita terhadap pengalaman itu.” Orang-orang yang menerima surat dari Yakobus sedang hidup terpencar-pencar karena penganiayaan, dan Yakobus menantang mereka untuk memandang kesulitan dari sudut yang berbeda. Ia mendorong mereka dengan perkataan ini, “Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan” (Yak. 1:2).

Masing-masing dari kita berada dalam proses untuk belajar mempercayai Allah dalam situasi-situasi yang sulit. Sudut pandang yang dipenuhi sukacita, sebagaimana yang disampaikan Yakobus, dialami ketika kita belajar untuk melihat bahwa Allah dapat memakai setiap pergumulan untuk mendewasakan iman kita. —Anne Cetas

Tuhan, ubahlah sikapku dalam menghadapi situasi-situasi sulit. Tumbuhkanlah sukacita, ketekunan, dan kedewasaan dalam diriku.

Allah dapat menumbuhkan iman kita lewat peristiwa sulit yang kita hadapi.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 4–6; Matius 14:22-36

Desain gambar oleh WarungSaTeKaMu & Julio Mesak

Bagikan Konten Ini
48 replies
  1. risma simbolon
    risma simbolon says:

    Tks Yesus,ubahlah sikapku dlm menghadapi situasi tertentu tempa kedewasaan rohaniku ,dng pertolonganMu aku diubahkan.Terpuji namaMu selamanya.

  2. Patrecia Angraini Simatupang
    Patrecia Angraini Simatupang says:

    Aku berproses untuk belajar mempercayai Allah dalam situasi-situasi yang sulit sekalipun. Amen

  3. Joshua Michael
    Joshua Michael says:

    Tuhan sertai aku dalam setiap perkataan maupun perbuatanku.. Kiranya tiap cobaan dan ujian yang kuhadapi, bisa semakin menguatkan imanku karena kuyakin bahwa Engkau yang selalu peliharaku..
    Amin

  4. agusti lim
    agusti lim says:

    selalu ada rencana Allah yang indah dibalik setiap kesulitan karena Allah turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihiNya.

  5. Mugi Lestari
    Mugi Lestari says:

    Ketika Tuhan membentuk iman kita supaya bertumbuh,banyak hal yg harus kita hadapi lewat proses dan cara Tuhan sendiri tetapi mampukah kita melewati semuanya itu, Tuhan tidak meninggalkan kita sendiri, Dia selalu ada utk kita yg senantiasa berpengharapan kepadaNya. Amin GBU

  6. Ilse Pays Banurea
    Ilse Pays Banurea says:

    amen…Aku memiliki Allah yang besar dan hebat daripada masalah yg sedang kualami saat ini

  7. Sulinda Manik
    Sulinda Manik says:

    Tuhan Yesus ,,,kuatkan aku dlm menghadapi situasi2 yg sulit ,,,mampukan aku spy dpt bersukacita ,,bersemangat ,,,tetap memuji Engkau ,,amin ,,!

  8. Cynthya
    Cynthya says:

    Tuhan Yesus buat aku menjadi pribadi yang kuat dalam percobaan dan selalu bersukacita atas setiap percobaan yang ku alami Amen ..

  9. AKT
    AKT says:

    AMINN
    Kita harus selalu berpikir positif terhadap segala pergumulan, rintangan, ujian yang datang ke dalam kehidupan kita. Berpikir positif bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik buat anak2nya. 🙂 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *