Pertolonganku!

Sabtu, 20 Januari 2018

Pertolonganku!

Baca: Mazmur 121

121:1 Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?

121:2 Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.

121:3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap.

121:4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.

121:5 Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.

121:6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam.

121:7 TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.

121:8 TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. —Mazmur 121:2

Pertolonganku!

Selama beberapa dasawarsa paduan suara dari gereja Brooklyn Tabernacle yang terkenal telah menjadi berkat bagi banyak orang melalui nyanyian-nyanyian rohani mereka yang menyegarkan jiwa. Salah satu nyanyian itu berjudul “My Help” (Pertolonganku) yang terilhami dari Mazmur 121.

Mazmur 121 diawali dengan pengakuan pemazmur tentang imannya kepada Tuhan yang menciptakan segala sesuatu dan yang menjadi sumber pertolongannya (ay.1-2). Apakah artinya? Hidupnya mempunyai stabilitas (ay.3), dipelihara sepanjang waktu (ay.3-4), disertai dan dilindungi terus-menerus (ay.5-6), dan dijaga dari segala malapetaka dari sekarang sampai selama-lamanya (ay.7-8).

Diinspirasi oleh Kitab Suci, umat Allah di sepanjang zaman telah menyatakan keyakinan bahwa Tuhan adalah sumber “pertolongan” mereka dengan menuangkannya ke dalam puji-pujian. Saya sendiri sangat menikmati menyanyikan puji-pujian bersama jemaat Tuhan, salah satunya adalah himne gubahan Charles Wesley, “Tanganku menadah Tuhan, mengharap kasih-Mu. Andai Tuhan mengabaikan, ke mana ku pergi.” Tokoh reformasi, Martin Luther, sangat tepat menuliskan syair berikut, “Allah bentengku yang teguh, perisai dan pelindungku, menolong bila ‘ku jatuh, dan jadi pengharapanku.”

Apakah Anda merasa sendirian, terabaikan, terlantar, dan bingung? Renungkanlah Mazmur 121. Izinkan kata-katanya memenuhi jiwa Anda dengan iman dan keberanian. Anda tidak sendirian. Karena itu, jangan berusaha menjalani hidup Anda dengan kekuatan sendiri. Sebaliknya, bersukacitalah dalam pemeliharaan Allah dari sekarang hingga selamanya, seperti yang nyata dalam kehidupan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Tuhan Yesus Kristus. Langkah apa pun yang akan Anda tempuh di depan, lakukanlah dengan pertolongan-Nya. —Arthur Jackson

Ya Bapa, kami bersyukur untuk ayat-ayat Alkitab dan pujian yang mengingatkan kami bahwa Engkaulah sumber pertolongan kami. Tolong aku untuk mengingatnya hari ini.

Allah Sang Pencipta alam semesta adalah penolong bagi umat-Nya!

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 49–50; Matius 13:31-58

Desain gambar oleh WarungSaTeKaMu & Claudia Rachel

Artikel Terkait:

Ditolong Oleh Firman

Bagikan Konten Ini
36 replies
  1. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, Engkau sangat baik dan teramat baik,aku sungguh merasakan pertolongan Tuhan, banyak cara Tuhan untuk menolong ku dan aku sungguh merasakannya, terima kasih Bapa.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn!

  2. Doli Cihui
    Doli Cihui says:

    Tuhan Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat kami, yang memimpin, memelihara dan melindungi kami senantiasa selalu selamanya.. Amiiiin.

  3. Felix
    Felix says:

    Terimakasih atas firman tuk hari ini sungguh menyejukan hati sekaligus mengingatkan bahwa pertolongan yg benar adalah dari Tuhan bukan manusia apalagi daya upaya kita sendiri..
    Tuhan Yesus memberkati

  4. Orel Yermia Yosua Kojo
    Orel Yermia Yosua Kojo says:

    ada begitu banyak lagu yang diinspirasi oleh mazmur ini.
    saat tiada pertolongan yang kelihatan didepan seperti saat kita memandang gunung2 , kalaupun ada mungkin tersembunnyi. tapi yakinlah bahwa Tuhan akan menolong kita. kalaupun tidak ada pertolongan spt yg kita harapkan. Ingatlah satu hal bahwa pertolongan yang paling besar adalah ketika kita diselamatkan.
    Tuhan berkati..

    shalom sahabat warung sate kamu…
    mari berteman d sosmed
    FB: Orel Yermia Yosua Kojo
    IG: orel_kojo

    thank u

  5. Finka Devina
    Finka Devina says:

    I’m very blessed. kebetulan kemarin saya mengalami pergumulan yang membuat saya sangat bingung dan cemas tapi Puji Tuhan saat hari itu terlewati saya percaya ada pertolongan dan campur tangan Tuhan buat hidup saya. amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *