Tuhan Tahu

Minggu, 26 November 2017

Tuhan Tahu

Baca: Matius 6:1-4

6:1 “Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.

6:2 Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

6:3 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.

6:4 Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. —Matius 6:4

Tuhan Tahu

Ketika Denise bertemu seorang wanita muda yang sedang bersedih di gerejanya, hatinya tersentuh dan ia pun mencari tahu bagaimana ia dapat menolong wanita itu. Setiap minggu, Denise menyediakan waktu untuk mendengarkan dan mendoakan wanita itu. Denise menjadi mentor baginya. Akan tetapi, beberapa pemimpin gereja tidak mengetahui upaya Denise dan memutuskan untuk menugasi seorang pengurus gereja menjadi mentor bagi wanita itu. Mereka berkomentar bahwa tidak ada seorang pun yang melayani wanita itu.

Meskipun Denise tidak mengharapkan imbalan apa pun, ia mengaku merasa sedikit kecewa. “Seolah-olah saya tidak melakukan apa pun,” kata Denise kepada saya.

Namun suatu hari, wanita muda itu mengatakan kepada Denise betapa ia sangat berterima kasih atas penghiburan yang Denise berikan. Mendengar itu, Denise pun merasa dikuatkan. Seolah-olah Allah sedang berkata kepadanya, “Aku tahu kamu setia mendampinginya.” Setelah itu, Denise masih rutin bertemu dengan wanita muda itu.

Kadang-kadang, kita merasa tidak dihargai ketika upaya kita tidak diakui oleh orang lain. Namun, Alkitab mengingatkan kita bahwa Allah tahu apa yang sedang kita kerjakan. Dia melihat apa yang tidak dilihat oleh orang lain. Allah pun senang ketika kita melayani sesama demi Dia dan bukan demi pujian dari orang lain.

Mungkin itulah alasan Yesus memberi kita teladan dengan memerintahkan kita untuk memberi “dengan tersembunyi”, sehingga “Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu” (Mat. 6:4). Kita tidak perlu mencari pengakuan dan pujian dari orang lain; kita dapat meyakini bahwa Allah tahu apa yang kita perbuat ketika kita setia melayani Dia dan sesama. —Leslie Koh

Tuhan, ampunilah aku pada saat-saat aku mendambakan pengakuan dan pujian dari orang lain. Tolonglah aku untuk melayani hanya demi kemuliaan-Mu.

Allah melihat segala sesuatu yang kita perbuat bagi-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 27-29; 1 Petrus 3

Bagikan Konten Ini
20 replies
  1. Christien Anastasya
    Christien Anastasya says:

    Tuhan terima kasih melalui firmanMu aku diingatkan lagi untuk lebih lagi melayani dgn setia dan tak ada dasar hanya karna ingin terlihat.!
    karena sesungguhnya
    “Allah melihat segala sesuatu yang kita perbuat bagi-Nya.”
    amen..

  2. risma simbolon
    risma simbolon says:

    Amin.Biarlah apa yg kami lakukukan itu semua untuk Tuhan ,beri kami kekatan untuk melakukannyaTks God.

  3. Debora
    Debora says:

    Amin. Aku juga bersyukur Firman Tuhan hari ini berbicara tentang sedekah dalam Matius 6. Selama ini aku belum mengerti apa arti sedekah dalam Matius 6. Namun ternyata tidak selalu identik dengan sedekah “fisik” yaitu uang, namun sedekah “non-fisik”, yaitu melayani. Kiranya Firman Tuhan tetap melekat dan berbuah di dalam kehidupan kita.

  4. sherly
    sherly says:

    Ajar kami ya Bapa untuk selalu memberi tanpa mengharap apapun. Terpujilah namaMu skrang dan sampai slamanya. Amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *