Sukacita dan Keadilan

Info

Minggu, 5 November 2017

Sukacita dan Keadilan

Baca: Mazmur 67

67:1 Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Mazmur. Nyanyian.

67:2 Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya, Sela

67:3 supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.

67:4 Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah; kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.

67:5 Kiranya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai, sebab Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil, dan menuntun suku-suku bangsa di atas bumi. Sela

67:6 Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.

67:7 Tanah telah memberi hasilnya; Allah, Allah kita, memberkati kita.

67:8 Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takut akan Dia!

Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil, dan menuntun suku-suku bangsa di atas bumi. —Mazmur 67:5

Sukacita dan Keadilan

Pada suatu pelayanan di Asia, saya terlibat dalam dua percakapan yang sungguh membuka wawasan saya dalam rentang beberapa jam. Pertama, seorang pendeta menuturkan bagaimana selama sebelas tahun ia dipenjara, sebelum akhirnya dibebaskan, karena kasus pembunuhan yang tidak dilakukannya. Lalu, sekelompok keluarga menceritakan bagaimana mereka telah menghabiskan banyak uang untuk meloloskan diri dari penganiayaan di tanah air mereka. Namun, mereka justru dikhianati oleh orang yang mereka andalkan. Dan sekarang, setelah bertahun-tahun tinggal di pengungsian, mereka pun bertanya-tanya kapan mereka akan mendapatkan tempat tinggal yang tetap.

Dalam kedua kasus itu, keadaan pihak yang menjadi korban diperparah dengan tiadanya keadilan. Itulah salah satu bukti dari kebobrokan dunia ini. Namun, tiadanya keadilan bukanlah kondisi yang akan berlangsung selamanya.

Mazmur 67 menyerukan kepada umat Allah untuk memperkenalkan Allah pada dunia kita yang menderita. Usaha mereka akan membuahkan sukacita, yang tidak hanya muncul sebagai respons terhadap kasih Allah tetapi juga karena keadilan-Nya. “Kiranya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai, sebab Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil, dan menuntun suku-suku bangsa di atas bumi” (ay.5).

Meskipun para penulis Alkitab memahami bahwa keadilan merupakan unsur kunci dari kasih Allah, mereka juga menyadari bahwa hal itu baru akan terwujud sempurna di masa mendatang. Sebelum masa itu tiba, di dunia yang marak dengan ketidakadilan ini, kita dapat menuntun orang lain untuk berharap pada keadilan Allah yang kudus. Kelak dalam kedatangan-Nya, Allah akan mewujudkan “keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir!” (Am. 5:24). —Bill Crowder

Allah Bapa, tolonglah kami untuk mengusahakan keadilan-Mu di mana pun kami berada, sembari menanti harinya kelak Engkau memulihkan segala sesuatu.

Usahakanlah keadilan dan mohonkanlah belas kasihan.

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 34-36; Ibrani 2

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

22 Komentar Kamu

  • Haleluyah, terpujilah Tuhan, Amin

  • Yesuslah yang memberikan keadilan bagi setiap orang yang melekat padaNya

  • Amin

  • Conny Oktaviani Sitompul

    Amin

  • amin

  • ARTI HIDUP

    Diterbitkan hari Minggu, 05 November 2017 00:00
    Ditulis oleh Jacqualine Bunga

    Mazmur 119:
    (96) Aku melihat batas-batas kesempurnaan,
    tetapi perintah-Mu luas sekali.

    (97) Betapa kucintai Taurat-Mu!
    Aku merenungkannya sepanjang hari.

    (98) Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku,
    sebab selama-lamanya itu ada padaku.

    (99) Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku,
    sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.

    (100) Aku lebih mengerti dari pada orang-orang tua,
    sebab aku memegang titah-titah-Mu.

    (101) Terhadap segala jalan kejahatan aku menahan kakiku,
    supaya aku berpegang pada firman-Mu.

    (102) Aku tidak menyimpang dari hukum-hukum-Mu,
    sebab Engkaulah yang mengajar aku.

    (103) Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku,
    lebih dari pada madu bagi mulutku.

    (104) Aku beroleh pengertian dari titah-titah-Mu,
    itulah sebabnya aku benci segala jalan dusta.

    (105) Firman-Mu itu pelita bagi kakiku
    dan terang bagi jalanku.

    (106) Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya,
    untuk berpegang pada hukum-hukum-Mu yang adil.

    Baca: Mazmur 119:96-106

    Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. (Mazmur 119:105)

    Bacaan Alkitab Setahun:
    Yohanes 11-12

    * ARTI HIDUP *
    Kurt Cobain (1967-1994), mendirikan kelompok musik beraliran grunge, Nirvana, dan meraih sukses. Pada 1991, single pertama berjudul “Smells Like Teen Spirit” dari album kedua Nevermind meledak dan menjadikan Nirvana sebagai salah satu band paling berpengaruh sepanjang masa. Ketenaran Kurt sebagai vokalis membuatnya stres karena tidak tahan menjadi pusat perhatian. Beberapa kali ia mencoba bunuh diri dengan minum pil overdosis, sampai akhirnya ia mati dengan menembak kepalanya sendiri.

    Hidup di dunia tidak hanya untuk mengejar kesenangan, melampiaskan hawa nafsu, dan mendewakan pekerjaan. Semua itu hanya semakin menjauhkan kita dari Tuhan. Banyak orang Kristen menganggap beribadah di gereja dan mengikuti persekutuan tidaklah penting. Bahkan makan dan tidur pun tidak sempat. Semua waktu hanya dihabiskan untuk pemuasan diri.

    Lalu apa arti hidup? Kita dilahirkan ke dunia dengan sebuah alasan berdasarkan rancangan Tuhan. Tidaklah tepat jika nilai hidup kita hanya diukur dari seberapa banyak kita memiliki materi dan kehormatan. Hidup orang Kristen menjadi bernilai ketika punya arti bagi orang lain.

    Biarlah firman Tuhan menjadi pelita bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita agar kita menemukan arti hidup yang sebenarnya. Kiranya firman-Nya menjadi penuntun yang menerangi hidup kita, agar kita tidak mengejar popularitas diri yang kosong, tetapi memakai segala keberhasilan yang Tuhan berikan untuk memberkati orang lain.
    —JB/www.renunganharian.net

    HANYA DENGAN BERPEDOMAN PADA FIRMAN TUHAN,
    KITA DAPAT MENEMUKAN ARTI HIDUP YANG SEBENARNYA.

  • Amin..Terpujilah Nama Tuhan..Haleluya..selamat pagi dan selamat hari minggu

  • Benar bangat..
    tidak selamanya dunia yg bobrok ini bertahan.
    saya & anda harus tetap percaya dengan keadilan Tuhan Yesus saja.

  • Tuhan ajarlah aku utk senantiasa dpt mengucap syukur.amin

  • Dian Dewi Purba Tambak

    Praise the Lord..

  • aku patah hati, aku kecewa dan aku menyerah, sekali pun aku sdh berdoa dan memohon pertolongan, sudah membaca semua ayat yang menguatkan dan sudah berserah, sudah melakukan yang diperintahkan, tapi aku tetap merasa ga sanggup lagi berjalan. Tuhan baik, tapi imanku tidak cukup mempercayaiNya. Maaf.

  • Haleluyah, Tuhan Yesus dahsyat,,,, amin

  • AMIN… TUHAN YESUS BAIK.

  • Trpujilah Tuhan

  • @Angetula juanto zega saya lihat ke situs awalnya jika mengutip setiap materi di situs itu harus minta ijin ke Yayasan Gloria. Tapi ketika Renungan Harian mengutip ayat Alkitab tidak mencantumkan stardart resmi pengutipan yg diberlakukan LAI sebagai lembaga yg menerjemahkan Alkitab contohnya Alkitab Terjemahan Baru Indonesia © LAI 1974 jika tidak melebihi 1000 ayat atau 1 kitab. Jika digunakan untuk komersil baru wajib ijin tertulis kepada Lembaga Alkitab Indonesia. Rasanya aneh saja, pasir di ujung jalan bisa kelihatan, tapi bongkahan batu di kelopak mata tidak terlihat. Saya malah lebih respek dengan situs ini, warungsatekamu setiap mengutip ayat Alkitab selalu menuliskan asal terjemahannya dan mengikuti aturan yg diberlakukan LAI. Walaupun sebenarnya firman Tuhan itu Anugrah, naskah aslinya itu ditulis gratis. Jadi tidak ada yg boleh mengklaim Hak Cipta Alkitab/Bible maupun firman Tuhan yg tertulis di dalamnya. Tapi untuk menghargai jerih payah penerjemah memang alangkah baiknya setiap pengutipan ayat dituliskan sumbernya. Saya memang kritis, orangtua saya memberi nama DAN berharap saya seperti ular yg memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang, sehingga kesombongan dan ajaran manusia yg diagung-agungkan dibuat jatuh mencium debu. Diantara saudara-saudara saya, saya yg paling kritis, pandai mengajar dan sebagai pengadil diantara saudara-saudara saya jadi orangtua saya ketika saudara-saudara saya berbuat salah selalu bertanya kepada saya mana yg benar mana yg salah. Ya ampun jadi curhat, maaf ya Admin Warungsatekamu menuliskan komentar yg tidak sesuai dengan isi artikel di atas, saya hanya mau katakan, janganlah mengklaim firman Tuhan tidak boleh di kutip langsung, memangnya kita-kita yg disini mau bisnis makanya dilarang-larang, kita disini haus firman Tuhan, ketika kita melihat ada firman Tuhan yg membangun untuk saudara kita kenapa harus minta ijin toh yg membuat Artikel tidak minta ijin kan sama Tuhan sebagai pemilik firman. Kata Tuhan Yesus, jangan halangi anak-anakKu datang padaKu, karena anak-anak inilah yg mempunyai kerajaan Sorga. Seperti warungsatekamu pernah saya baca mengijinkan seorang yg mau masukkan wallpaper ayat yg berasal dari situs ini ke akun instagramnya, selama tidak untuk tujuan komersil tidak perlu minta ijin, ini baru situs yg benar. Sekali lagi maaf admin warungsatekamu buat penuh kolom komentar jangan dibanned ya please. Ternyata hidup di dunia ini sepi sendiri diantara 2,3 milyar penduduk dunia. Semoga kita semakin tekun mempelajari firman-firman Tuhan Yesus yg terdapat di Alkitab/Bible, iman dengan perbuatan kasih yg Tuhan Yesus ajarkan sebagai anak-anakNya wajib dilakukan, kasihi sesama manusia dan kasihi Bapa kita di sorga. Yakinlah nama kita akan tertulis di kitab kehidupan yg Tuhan Yesus janjikan buat anak-anakNya yg mengasihiNya. Tuhan Yesus memberkati

  • @Henny Apa sih masalahnya, sharing dong kesini biar saudara-saudari kita di sini bisa memberi bantuan saran ataupun doa. Saya baca keluhan pertama itu patah hati? kalau soal itu biarlah teman-teman yg lain yg memberi solusi saran, soalnya masalah itu saya pun lagi gelap, sunyi sendiri diantara 2,3 milyar penduduk dunia, maaf curhat. Kalau tentang masalah yg lain, mujizat Tuhan Yesus disertai dengan usaha-usaha manusia itu sendiri, jadi Tuhan Yesus menuntut seberapa ulet saudara-saudari untuk menyelesaikan dan menghadapi masalah itu. Akhirnya Tuhan Yesus memberi mujizat-mujizat dalam usaha saudara-saudari, jadi bukan instan dan tanpa usaha. Tidak ada yg tidak bisa, jika kamu tidak sanggup berjalan, pegang tangan Tuhan untuk menuntunmu menghadapi masalah, kita tidak pernah sendiri ada Tuhan Yesus yg berada di samping kita, tinggal sebut namaNya biarkan kuasaNya berjalan menuntun setiap langkah hidup kita. Ikutilah perkumpulan doa supaya bisa saling menguatkan. Doa, usaha dan pengharapan kepada Tuhan Yesus itu adalah kunci keberhasilan dalam iman. Tuhan Yesus memberkati

  • Yenny Indrastuti Siti Poerwanti

    Amin

  • Terpujilah namaMu Agung Tuhan. Amin

  • Thanks Jesus ❣❤❤

  • Tuhan adil akan segala sesuatu.
    perkenalkanlah Allah bagi semua orang.

  • Ketidakadilan mmg kerap terjadi di dunia pengadilan, bayangkan kepolisian, pengacara dan hakim bisa main mata dg terdakwa kaya raya utk membatalkan hukuman, dan difitnahkan hukuman itu kepada orang lain yg tak bersalah. Namun Tuhan Yesus itulah Keadilan yg sebenarnya, amin.

  • @HELUCIT Om itu kan oknum Om yg ‘bermain mata’ masih banyak di luar sana Polisi Jujur, Jaksa Jujur dan Hakim Jujur. Kita gak boleh menghakimi Polisi, Jaksa, Hakim dan Aparatur Negara lainnya yg telah berkomitmen dengan janji jabatannya, mereka mengabdi untuk Bangsa dan Negara Indonesia itu harus kita hargai dan hormati. Jika ada oknum yg terbukti ‘bermain mata’ Om boleh kok kumpulkan bukti-buktinya jika oknum itu berasal dari kepolisian, Om bisa laporkan ke Provost Polri. Jika Oknum itu berasal dari Hakim, Om bisa laporkan ke Mahkamah Agung atau Komisi Yudisial. Jika terbukti korupsi bisa dilaporkan ke Polda setempat bagian Tipikor atau jika kasus besar bisa laporkan ke KPK tentunya dengan membawa bukti dokumen serta foto yg bisa menjadi alat bukti permulaan. Ini udah jaman keterbukaan dan demokrasi, udah gak jamannya berita hoax, kalau betul terbukti ada oknum yg bermain langsung laporkan ke instasi terkait atau sampaikan ke wartawan supaya diusut. Kita sebagai orang Kristen harus mendukung upaya-upaya pemerintah Indonesia memajukan negeri ini. Indonesia negara damai, di negara ini hak-hak kita sebagai orang Kristen dihargai dan dijaga oleh konstitusi. Seperti yg tertulis dalam Alkitab Berikanlah apa yg wajib kamu berikan kepada Kaisar, lalu berikanlah apa yg wajib kamu berikan kepada Tuhan. Berbeda sikap kita kepada masalah sorgawi dan duniawi. Pengadilan dunia berbeda dengan pengadilan akhirat, Tuhan Yesus berjanji semua akan mendapatkan keadilan sesuai iman yg diperolehnya. Saya dukung Indonesia, karena disini saya bisa hidup dan beribadah serta masih banyak saudara-saudara kita dari non Kristen menghargai perbedaan dan merawat kebhinekaan. Urusan dunia pikiran dengan cara dunia, urusan sorgawi pikiran dengan cara Tuhan Yesus. Semoga Indonesia semakin bersatu dan maju. Amin

Bagikan Komentar Kamu!