Doa Kita dan Waktu Allah

Senin, 6 November 2017

Doa Kita dan Waktu Allah

Baca: Lukas 1:5-17

1:5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet.

1:6 Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat.

1:7 Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya.

1:8 Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan.

1:9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ.

1:10 Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan.

1:11 Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan.

1:12 Melihat hal itu ia terkejut dan menjadi takut.

1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.

1:14 Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya itu.

1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;

1:16 ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka,

1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.”

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita. —Efesus 3:20

Doa Kita dan Waktu Allah

Terkadang Allah menantikan waktu yang tepat untuk menjawab doa-doa kita, dan itu tidak selalu mudah untuk kita pahami.

Demikianlah situasi yang dihadapi Zakharia, seorang imam yang suatu hari dikunjungi malaikat Gabriel di Bait Allah di Yerusalem. Malaikat Gabriel berkata: “Jangan takut, Zakharia! Allah sudah mendengar doamu. Istrimu Elisabet akan melahirkan seorang anak laki-laki. Engkau harus memberi nama Yohanes kepadanya” (Luk. 1:13 BIS).

Zakharia mungkin telah berdoa selama bertahun-tahun agar Allah memberinya anak. Ia bergumul menerima pesan Gabriel karena sekarang Elisabet sudah terlalu tua untuk melahirkan. Namun, Allah tetap menjawab doanya.

Ingatan Allah itu sempurna. Dia mampu mengingat doa-doa kita, tidak hanya untuk bertahun-tahun, tetapi juga sampai generasi-generasi mendatang. Allah tidak pernah melupakan doa kita dan mungkin saja Dia menjawabnya lama setelah pertama kalinya kita mengungkapkan permohonan kita kepada-Nya. Terkadang jawaban Allah adalah “tidak”, bahkan mungkin juga “tunggu”—tetapi tanggapan-Nya selalu didasarkan pada kasih-Nya. Meskipun cara-cara Allah tidak terselami oleh pikiran kita, kita dapat meyakini bahwa semua cara-Nya itu baik.

Zakharia mengalaminya. Ia berdoa meminta anak laki-laki, tetapi Allah memberinya lebih dari itu. Anaknya, Yohanes, akan tumbuh menjadi seorang nabi yang membuka jalan bagi kedatangan Mesias.

Pengalaman Zakharia menunjukkan satu kebenaran penting yang sepatutnya juga menguatkan kita ketika kita berdoa: Waktu Allah jarang sekali sama dengan waktu kita, tetapi waktu-Nya selalu layak kita nantikan. —James Banks

Saat kita tak dapat melihat tangan Allah bekerja, percayalah pada hati-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 37-39; Ibrani 3

Bagikan Konten ini
43 replies
  1. Yeyen haloho
    Yeyen haloho says:

    Rencanamu selalu indah buat Hidupku Tuhan…
    disaatku tak melihat,Engkau selalu bekerja buat aku..
    muzizatMu nyata dalam hidupku.
    Amin

  2. Marianitaa Maniik
    Marianitaa Maniik says:

    waktu Tuhan bukan waktu kita jangan sesali keadaanya, untuk semua ada waktu Tuhan, tetap Setia mengandalkanNya. ku yakin percaya ada waktunya Tuhan, semua kan Indah pada waktunya

  3. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, ampunilah kami kalau sering kali kami meminta apa yang kami inginkan, tetapi Engkau selalu memberi kan apa yang kami butuhkan dan pemberian Mu adalah yang terbaik buat hidup kami.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn

  4. octo
    octo says:

    sangat bersyukur kpd Allah yg selalu mendengarkan doa-doa kita. jawaban yang Ia berikan pasti berdasarkan kasih-Nya. thx God …

  5. Patrecia Angraini Simatupang
    Patrecia Angraini Simatupang says:

    Waktu Allah jarang sekali sama dengan waktu kita, tetapi waktu-Nya selalu layak kita nantikan

  6. risma simbolon
    risma simbolon says:

    Saya percaya pada hatiMu ya Tuhan senantiasa melawat hidup kami.Amin ,terpuji namaMu kekal selamanya.

  7. swita
    swita says:

    apapun yang kita minta di dalam doa dengan penuh keyakinan kepada Tuhan pasti akan Tuhan nyatakan bagi kita, dengan waktu dan cara Tuhan. itu pasti dan nyata!

  8. HELUCIT
    HELUCIT says:

    Benar Bapa, apa yang Kau rencanakan dalam kehidupan ku nyanta adanya, dulu saat saya baru percaya Tuhan Yesus, saya dulu orang muslim,namun karena di Islam saya yg masih SD itu tidak memperoleh Kedamaian, sejak ada seorang penginjil perempuan mengajakku datang ke SM dlm kelas 4, aku disodori gitar katanya mainkan gitar ini utk ngiringi teman²mu, padahal aku gak bisa main gitar, Puji Tuhan Yesus ternyata sampai saat ini gitar bisa menjadi pilihan utk melayani Tuhan Yesus, usiaku saat ini 47 th, dan tetap mengisi pelayanan di beberapa gereja pusat dan pos pos PI…. Itulah Tuhan Yesus kalo sdh berkehendak pasti indah pada waktunya. Amin.

  9. ien g
    ien g says:

    Percayalah pada hatiNya Tuhan, hanya ajjah perlu juga percaya untuk sebuah keadaan, bahwa waktu kita bukan waktu Tuhan, waktu Tuhan udahh pasti waktu kita, haleluyahh, amin.

  10. Sulinda Manik
    Sulinda Manik says:

    Semua akan Indah pada waktunya ,,,Biar lah Kehendak Mu yg jadi ,,aku tetap mengharapkan Kesembuhan dari Mu Tuhan Yesus ,,amin ,,!

  11. Ricky Zai
    Ricky Zai says:

    Saya mempunyai banyak pergumulan pada saat ini. tetapi, aku selalu percaya, bahwa tuhan mempunyai rencana yg indah untuk diriku.. dan saya tetap selalu berdoa, dan tetap percaya kepadaNya..

  12. nael
    nael says:

    yang pasti rencana TUHAN selalu lebih indah dari yg kita pikirkan,,,yg TUHAN mau dari kita cm iman percaya kita sampai nanti tiba waktunya TUHAN memberikan jawaban pada waktuNya yg tepat..amiin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *