Kita Punya Kuasa!

Info

Kamis, 19 Oktober 2017

Kita Punya Kuasa!

Baca: Roma 7:14-25

7:14 Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

7:15 Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.

7:16 Jadi jika aku perbuat apa yang tidak aku kehendaki, aku menyetujui, bahwa hukum Taurat itu baik.

7:17 Kalau demikian bukan aku lagi yang memperbuatnya, tetapi dosa yang ada di dalam aku.

7:18 Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik.

7:19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.

7:20 Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.

7:21 Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku.

7:22 Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah,

7:23 tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.

7:24 Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?

7:25 Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. —Galatia 5:25

Kita Punya Kuasa!

Suara retakan yang keras itu mengejutkan saya. Saat menyadari suara apa itu, saya segera lari ke dapur. Ternyata tanpa sengaja, saya telah menekan tombol start pada perangkat pembuat kopi yang kosong. Setelah mencabut steker, saya menggapai pegangan dari teko kaca itu. Lalu saya menyentuh bagian bawahnya untuk memastikan teko itu tidak terlalu panas saat diletakkan di meja keramik. Namun, permukaan halus dari bagian bawah teko itu membakar ujung jemari saya dan membuat kulit melepuh.

Sementara luka saya dirawat oleh suami, saya masih tidak percaya pada apa yang terjadi. “Aku benar-benar tak tahu mengapa aku menyentuhnya, padahal aku tahu kacanya panas,” kata saya.

Respons saya setelah melakukan kesalahan tersebut mengingatkan saya tentang reaksi Paulus terhadap persoalan yang lebih serius di dalam Kitab Suci, yakni watak manusia yang berdosa.

Rasul Paulus mengaku tidak tahu mengapa ia melakukan hal-hal yang dilarang dan yang tidak dikehendakinya (Rm. 7:15). Dengan menegaskan bahwa Kitab Suci merupakan patokan tentang apa yang benar dan yang salah (ay.7), ia mengakui adanya pergulatan berat yang terus berlangsung antara keinginan daging dan keinginan roh dalam pergumulannya melawan dosa (ay.15-23). Setelah mengakui kelemahannya sendiri, Paulus lalu menyodorkan pengharapan akan kemenangan yang dapat kita alami sekarang dan untuk selamanya (ay.24-25).

Ketika kita menyerahkan hidup kita kepada Kristus, Dia memberi kita Roh Kudus-Nya yang akan memampukan kita untuk melakukan apa yang benar (8:8-10). Ketika Roh Kudus memampukan kita untuk menaati firman Allah, kita dapat menjauhi dosa yang menghanguskan dan yang memisahkan kita dari hidup berkelimpahan yang dijanjikan Allah kepada mereka yang mengasihi-Nya. —Xochitl Dixon

Tuhan, terima kasih karena Engkau telah mematahkan belenggu yang pernah membuat kami tidak berdaya dan hidup kami dikuasai oleh watak dosa.

Roh Kudus mengubah kita lewat kasih-Nya dan oleh anugerah-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 56-58; 2 Tesalonika 2

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

41 Komentar Kamu

  • amin

  • Amin,

  • help me Jesus

  • Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, berikanlah kami kekuatan untuk mengalahkan keinginan hati kami yang membuat kami jauh dari Mu dan tolong kami Tuhan untuk taat kepada Mu.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn

  • Amin.Tks Tuhan biarlah seluruh kehidupan kami,kami yakinkan di tanganMu.RohkudusMu senantiasa melingkupi hidup kami.

  • Patrecia Angraini Simatupang

    Penyerahan diri utk dipimpin roh kudus. Amen

  • Novembry Cutraprima Balukh

    amin

  • Amin…Tuhan Yesus baik

  • Judiko Vasko Rajagukguk

    ????

  • Hukum taurat adalah hukum yg diberikan kepada bangsa Israel. Orang israel diwajibkan menaati hukum taurat karena orang israel termasuk orang yg bersunat. Dalam Roma 2 : 25 ‘Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat: tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya’. Inilah keselamatan yg diberikan Tuhan kepada bangsa israel, cukup dengan mentaati hukum taurat bangsa israel diselamatkan pada akhir jaman sebanyak 144 orang dari 12 suku israel. Tapi bagi orang non israel, keselamatan telah diperbaharui dan tidak hidup di bawah hukum taurat hal ini bisa dilihat di Roma 7 : 6 Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan keadaan lama menurut huruf hukum taurat’. Bangsa-bangsa non israel wajib hidup menurut Roh, karena Pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib sudah memerdekakan kita dari hukum dosa dan hukum maut. Ada perbedaan yg sangat mencolok dari keselamatan orang israel dan keselamatan bangsa non israel, orang Israel mengejar keselamatan dengan perbuatan-perbuatan yg diwajibkan di hukum taurat tanpa iman, sedangkan orang non israel mengejar kebenaran iman yg Tuhan Yesus ajarkan, iman yg berisi, karena iman tanpa perbuatan adalah kosong. Inilah kabar baik yg Tuhan Yesus bawa kepada bangsa-bangsa non israel, percaya kepada Tuhan Yesus, dekatkan firmanNya di mulutmu dan hatimu, tunjukkan kasih Tuhan dalam perbuatanmu, maka kamu akan diselamatkan. Sungguh Tuhan Yesus sangat baik kepada kita anak-anakNya. Tuhan Yesus memberkati

  • Hukum taurat adalah hukum yg diberikan kepada bangsa Israel. Orang israel diwajibkan menaati hukum taurat karena orang israel termasuk orang yg bersunat. Dalam Roma 2 : 25 ‘Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat: tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya’. Inilah keselamatan yg diberikan Tuhan kepada bangsa israel, cukup dengan mentaati hukum taurat bangsa israel diselamatkan pada akhir jaman sebanyak 144 ribu orang (koreksi typo salah ketik)dari 12 suku israel. Tapi bagi orang non israel, keselamatan telah diperbaharui dan tidak hidup di bawah hukum taurat hal ini bisa dilihat di Roma 7 : 6 Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan keadaan lama menurut huruf hukum taurat’. Bangsa-bangsa non israel wajib hidup menurut Roh, karena Pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib sudah memerdekakan kita dari hukum dosa dan hukum maut. Ada perbedaan yg sangat mencolok dari keselamatan orang israel dan keselamatan bangsa non israel, orang Israel mengejar keselamatan dengan perbuatan-perbuatan yg diwajibkan di hukum taurat tanpa iman, sedangkan orang non israel mengejar kebenaran iman yg Tuhan Yesus ajarkan, iman yg berisi, karena iman tanpa perbuatan adalah kosong. Inilah kabar baik yg Tuhan Yesus bawa kepada bangsa-bangsa non israel, percaya kepada Tuhan Yesus, dekatkan firmanNya di mulutmu dan hatimu, tunjukkan kasih Tuhan dalam perbuatanmu, maka kamu akan diselamatkan. Sungguh Tuhan Yesus sangat baik kepada kita anak-anakNya. Tuhan Yesus memberkati

  • Thanks God,
    tiap hri aq diingatkan selalu dgn kebenaran2 FirmanMU
    membimbing slalu dlm sehari2,

  • Tuhan Yesus pimpinlah hidup kami

  • Tuhan Yesus Baik. Untuk selama lamanya Tuhan Yesus Baik

  • terima kasih Bapa, sertai langkah kami hari ini..Amin

  • TKS utk firmanMu pagi ini Tuhan Jesus.kiranya Berkat Mu tidak berkurang kpd hamba Krn dosa2 hamba.

  • Dedy Sumitro Jaya Tambunan

    amin

  • Aminnnn.. Terima Kasih Yesus, ubahkan kami utk bs menjadi anak anak Mu yk senantiasa menyenangkan hatiMu

  • Pimpinlah Hidup ku selalu Tuhan dengan Roh Kudus Mu ,,amin ,,!

  • terimakasih Bapa, engkau yang Maha Baik telah menyerahkan Sang Anak bagi kami, sehingga kami memperoleh kuasa Mu melalui Rohul Khusus yang telah membimbing kami dlm segala tindakan2 dalam hidup ini.

  • Sungguh… Masih butuh bimbingan Roh Kudus utk melakukan kehendak Allah

  • kekuatan baru. amin

  • Amin…..

  • Terimakasih Tuhan Engkau sangat baik. amin

  • Terimakasih Tuhan, Kasih Mu selalu mengubah hidup q menjadi baru. Amin

  • Amin

  • terima kasih kepada Tuhan yg selalu memberikan teguran2Nya yg membenahi jalan hidupku.. amiin

  • Puji Tuhan

  • thankyou buat renungannya sangat menegur dan menguatkan:)

  • Dengan RohNya sehingga kita mampu melawan kuasa dosa

Bagikan Komentar Kamu!