Dari Kosong Sampai Penuh

Selasa, 26 September 2017

Dari Kosong Sampai Penuh

Baca: 2 Raja-Raja 4:1-7

4:1 Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: “Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya.”

4:2 Jawab Elisa kepadanya: “Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah.” Berkatalah perempuan itu: “Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak.”

4:3 Lalu berkatalah Elisa: “Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.

4:4 Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!”

4:5 Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang.

4:6 Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: “Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi,” tetapi jawabnya kepada ibunya: “Tidak ada lagi bejana.” Lalu berhentilah minyak itu mengalir.

4:7 Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: “Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu.”

Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, . . . berhentilah minyak itu mengalir. —2 Raja-Raja 4:6

Dari Kosong Sampai Penuh

Sebuah buku anak populer menceritakan kisah tentang seorang anak kampung yang miskin bernama Bartolomeus. Saat ia melepas topinya untuk menghormati raja, tiba-tiba topi yang mirip muncul dan langsung bertengger di atas kepalanya. Hal itu membuat raja marah karena ia menganggap anak itu tidak menghormatinya. Bartolomeus melepas topi demi topi sambil diseret ke istana untuk dihukum. Setiap kali ia melepas topinya, topi baru segera muncul di atas kepalanya. Tiap topi yang baru lebih indah daripada topi sebelumnya, bahkan dihiasi permata mahal dan bulu-bulu mewah. Topinya yang ke-500 diincar oleh Raja Derwin, yang akhirnya mengampuni Bartolomeus dan membeli topi itu seharga 500 keping emas. Setelah itu, tidak ada lagi topi yang muncul di kepala Bartolomeus; ia menerima kebebasan dan uang yang dapat menghidupi keluarganya.

Seorang janda datang kepada Elisa karena masalah keuangannya. Janda itu takut anak-anaknya akan dijual sebagai budak untuk membayar utangnya (2Raj. 4). Ia tidak punya harta selain sebuah bejana berisi minyak. Allah melipatgandakan minyak itu hingga bejana si janda dan bejana-bejana pinjamannya penuh. Hasil penjualan minyak pun digunakannya membayar utang dan memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari (ay.7).

Cara Allah menyediakan kebutuhan finansial janda itu hampir serupa dengan cara-Nya memberikan keselamatan bagi saya. Hidup saya bangkrut karena dosa, tetapi Yesus Kristus membayar utang saya—sekaligus memberikan hidup kekal kepada saya! Tanpa Yesus, setiap dari kita bagaikan anak kampung yang miskin dan yang tidak punya apa-apa untuk membayar semua pelanggaran kita terhadap Sang Raja. Dengan cara-Nya yang ajaib, Allah menyediakan tebusan yang mahal bagi kita, dan memastikan bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya akan memiliki hidup yang berkelimpahan selamanya.—Kirsten Holmberg

Tuhan, terima kasih karena Engkau melunasi utangku melalui pengorbanan Yesus Kristus. Aku tak punya apa-apa; Engkau yang membayar seluruhnya bagiku.

Pengorbanan Yesus Kristus melunasi utang rohani kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 1-2 dan Galatia 5

Bagikan Konten Ini
50 replies
  1. risma simbolon
    risma simbolon says:

    Amin ,Terimakasih Tuhan Yesus senantiasa menyediakan berkat dalam hidupku,terpuji NamaMu kekal selamanya.

  2. Patrecia Angraini Simatupang
    Patrecia Angraini Simatupang says:

    Dengan cara-Nya yang ajaib, Allah menyediakan tebusan yang mahal bagi kita, dan memastikan bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya akan memiliki hidup yang berkelimpahan selamany

  3. lim mie lie
    lim mie lie says:

    sungguh Satenya hr ini luar biasa, saat saya sdg bergumul mengenai apa yg bs saya kerjakan utk saya bs menghidupi anak saya, membiayai kuliahnya, pagi ini saya membaca ttg seorg janda di Sarfat, seakan2 Tuhan memberi saya kekuatan utk trs meletakkan pengharapan saya pd Tuhan, utk tetap percaya meskipun saya tdk melihat keadaan saya semakin membaik. saya tahu dan saya selalu berdoa pd Tuhan dan berkata bahwa saya sdh lelah dgn pergumulan dan permohonan saya meminta pekerjaan dgn penghasilan setiap hr sehingga saya bs melunasi hutang2 saya dan membiayai kuliah putri saya. saya selalu meminta Tuhan utk memberikan org tua asuh utk bs membiayai kuliah putri saya tp Tuhan blm menjawab doa saya sampai hr ini dan saya jg selalu berdoa spy Tuhan memberi saya hikmat utk apa yg bs saya kerjakan spy saya bs memiliki penghasilan setiap hr, tp sampai hr ini Tuhan jg masih blm menjawab,sedangkan saya awal bln depan ini sdh hrs membayar kuliah putri saya. tlg bantu saya dlm doa ya. Terimakasih, Tuhan memberkati

  4. ratni tan
    ratni tan says:

    @lim mie lie, apakah sudah dicoba program ASAK ? semoga ada jalan keluarnya. Tuhan Yesus memberkati. Dia akan bukakan jalan. amin

  5. Dedy Sumitro Jaya Tambunan
    Dedy Sumitro Jaya Tambunan says:

    Terima kasih Tuhan untuk pelunasan atas dosa dosa yang sudah ku buat.
    Engkau membayarnya dengan mati dikayu salib.
    amin

  6. Jenny Asarella Diarta
    Jenny Asarella Diarta says:

    puji Tuhan malam ini dikuatkan kembali sama Tuhan. terkadang masih sering kuatir buat besok gimana ya kehidupanku tapi dari sate ini aku dikuatkan bahwa jika kita bersandar di dalam Tuhan, Dia yg akan menyertai kehidupan kita tak kurang suatu apapun. amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *