Latihan untuk Hidup

Info

Jumat, 4 Agustus 2017

Latihan untuk Hidup

Baca: Mazmur 66:8-12

66:8 Pujilah Allah kami, hai bangsa-bangsa, dan perdengarkanlah puji-pujian kepada-Nya!

66:9 Ia mempertahankan jiwa kami di dalam hidup dan tidak membiarkan kaki kami goyah.

66:10 Sebab Engkau telah menguji kami, ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak.

66:11 Engkau telah membawa kami ke dalam jaring, mengenakan beban pada pinggang kami;

66:12 Engkau telah membiarkan orang-orang melintasi kepala kami, kami telah menempuh api dan air; tetapi Engkau telah mengeluarkan kami sehingga bebas.

Sebab Engkau telah menguji kami, ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak. —Mazmur 66:10

Latihan untuk Hidup

Latihan saya untuk lomba lari jarak jauh tidak berjalan dengan baik dan putaran terakhirlah yang paling mengecewakan. Setengah dari waktu yang ditentukan, saya hanya berjalan dan bahkan saya harus duduk sesaat. Saya merasa gagal dalam ujian kecil itu.

Kemudian saya teringat bahwa itulah inti latihan. Latihan bukanlah ujian agar lolos atau bukan tingkat tertentu yang harus saya capai. Sebaliknya, latihan merupakan sesuatu yang harus saya jalani terus-menerus untuk meningkatkan ketahanan tubuh saya.

Mungkin kamu pernah merasa tidak nyaman atas pergumulan yang sedang kamu hadapi. Allah memperkenankan kita mengalami masa-masa ujian tersebut untuk menguatkan otot-otot rohani dan ketahanan kita. Allah mengajar kita untuk mengandalkan-Nya, dan memurnikan kita agar menjadi kudus, sehingga kita menjadi semakin serupa dengan Kristus.

Tidaklah mengherankan jika pemazmur dapat memuji Allah yang telah memurnikan bangsa Israel melalui api dan air (Mzm. 66:10-12) ketika mereka menderita dalam perbudakan dan pembuangan. Allah tidak hanya menjaga dan membawa mereka ke tempat yang berkelimpahan, tetapi juga memurnikan mereka sepanjang proses tersebut.

Ketika kita mengalami ujian, kita dapat mengandalkan Allah untuk memperoleh kekuatan dan ketahanan. Allah sedang memurnikan kita melalui momen-momen terberat itu. —Leslie Koh

Tuhan, kami tahu Engkau memperkenankan aku mengalami pencobaan agar aku dikuatkan dan dimurnikan. Ajarku selalu mengandalkan-Mu untuk mendapat kekuatan-Mu agar dapat bertahan.

Masa-masa ketika iman diuji dapat menjadi masa-masa yang menguatkan iman.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 66-67 dan Roma 7

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

24 Komentar Kamu

  • hanya di indonesia dalam satu rumah bisa hidup 4 bahasa daerah… tapi kami tetap cinta 1 bahasa.. INDONESIA

  • Tuhan berkati Indonesia.. Amin

  • Good morning , God bless u all

  • Rosmauliana Damanik

    amin

  • Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik,di dalam kelemahan ku ketika aku berseru Engkau menolongku, Engkau sungguh baik.Terpujilah Tuhan Haleluya ! Aminn

  • Patrecia Angraini Simatupang

    Allah memperkenankan kita mengalami masa-masa ujian tersebut untuk menguatkan otot-otot rohani dan ketahanan kita. Allah mengajar kita untuk mengandalkan-Nya, dan memurnikan kita agar menjadi kudus, sehingga kita menjadi semakin serupa dengan Kristus.

  • Enrico Mario Butarbutar

    Indonesia adalah tempat untuk menguji iman, dmn banyak sekali penindasan dan ketidak adilan dilakukan terhadap anak2 Tuhan. Banyak anak Tuhan yang akhirnya berpaling dari Nya hanya demi jabatan, karna pernikahan, supaya bisnis lancar, bahkan rasa aman. Mengerikan memang kalau kita memandangnya seperti itu. Tapi jika dilihat dari sisi lain, di Indonesia ada begitu banyak jiwa yang bisa dimenangkan dalam nama Yesus. Semoga kita diberikan kekuatan dan kekuatan dalam pelayanan kita sehari di Indonesia ini, Amin..

  • terima kasih Tuhan melalui pergumulan dlm hidup kami,Engkau menguatkan rohani dan ketahanan iman kami,sehingga kamipun dpt menjd anak2 Allah yg tangguh dan bertanggung jwb melalui kasih dan pengharapan dlm Kristus Yesus Juruselamat kami,amin

  • Dewantie M Simanjuntak

    Terima kasih untuk renungan yang semakin menguatkan aku. Ketika aku mengalami ujian dan cobaan yang sangat menjatuhkan aku ke dalam dosa, disitulah aku mrnyadari bahwa aku butuh Tuhan untuk selalu menopang hidupku. Aku menyadari semua dosa2 ku dan memohon pengampunan dari Bapa. Ketika aku mrngakui semuanya dihadapanNya, aku dipulihkan secara luar biasa oleh Bapa. Aku semakin diberkati, aku semakin diangkat naik, aku semakin dilimpahkan berkat2 luar biasa. Terima kasih Bapa untuk pengampunan yang menjadikan aku bisa melupakan masa lalu ku dan menjalani masa depanku dengan baik bahkan sangat baik. Aku mengucap syukur untuk setiap FirmanMu yang terus mengubahkan aku sehingga aku terus semakin bertumbuh didalam Engkau. Amen.

  • kuatkan hati dan pikiran kami ya Tuhan utk dpt melalui pergumulan hidup kami, beri kami hikmat kebijaksanaan dan pengertian agar kami selalu dpt mengandalkanMu dan menjadikan firmanMu sbg pelita dlm setiap langkah kami. lindungi dan mampukan kami ya Allah semesta alam..

  • Puji Tuhan, Segala keadaan baik suka maupun duka Yesus Kristus tetaplah Tuhan Allah kita yang dahsyat yang selalu menyertai kita, Tuhan Yesus Kristus selalu baikk, amin.

  • Virdiani Pongtuluran

    Proses. Sejak lahir sampai kita dipanggil Sang Pencipta, setiap menit adalah proses. Tidak dapat dihindari atau diberhentikan. Yang kita bisa lakukan mengalami dan menikmati sehingga proses yang sedang terjadi menjadi bagian yang mampu mendewasakan hidup. Jesus loves us

  • amin..

  • Engkau Allah yg luar biasa. sumber kekuatan dan perlindunganku. Di dalam kuat tanganmu aku kau bentuk, aku mwngucap sukur….amin

  • Tuhan Yesus baik sangat baik. Amin

  • aku percaya Kau selalu menopangku

  • Yenny Indrastuti Siti Poerwanti

    Amin

  • haleluya amen

  • ajarku Tuhan selalu bersyukur dan mendekatMu di tengah badai himpitan dan jerat2 persoalan serta kelemahan ku. Tolong aku, mampukanku. amin

  • Amin

  • Didiet Febriany Kusmin

    terima kasih Tuhan, Krn mmprcyakan berbagai msalh utk dhdapi dlm khidupan. Mampukan aku ya Tuhan, utk lebih dekat kpdaMu.
    Engkau, satu2nya hrpan dan penyemangat hidup kami. Amin.

Bagikan Komentar Kamu!