Mengenakan Pakaian Terbaik

Info

Jumat, 21 Juli 2017

Mengenakan Pakaian Terbaik

Baca: Roma 13:11-14

13:11 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.

13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

13:13 Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

13:14 Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

Kenakanlah Tuhan Yesus Kristus. —Roma 13:14

Mengenakan Pakaian Terbaik

Dalam bukunya Wearing God (Mengenakan Allah), penulis Lauren Winner mengatakan bahwa secara diam-diam, pakaian kita dapat mengungkapkan jati diri kita kepada orang lain. Apa yang kita kenakan dapat saja menunjukkan karier, komunitas atau identitas, suasana hati, atau status sosial kita. Pikirkanlah apa yang digambarkan oleh kaos dengan slogan tertentu, setelan bisnis, seragam, atau celana jin yang berlumur minyak. Winner menulis, “Sungguh menarik, sama seperti pakaian, orang Kristen mungkin secara diam-diam menyatakan sesuatu tentang Yesus.”

Menurut Paulus, kita juga dapat mengungkapkan tentang Kristus tanpa kata-kata. Roma 13:14 memerintahkan kita, “kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuh [kita] untuk memuaskan keinginannya.” Apa artinya? Ketika kita menjadi orang Kristen, kita mengenakan identitas Kristus. Kita semua adalah “anak-anak Allah karena iman” (Gal. 3:26-27). Itulah status kita. Namun, setiap hari kita perlu mengenakan karakter-Nya. Kita melakukannya dengan berjuang untuk hidup bagi Tuhan Yesus dan menjadi semakin serupa dengan-Nya, bertumbuh dalam kesalehan, kasih, dan ketaatan, serta meninggalkan dosa-dosa yang pernah memperbudak kita.

Pertumbuhan di dalam Kristus ini merupakan hasil dari karya Roh Kudus di dalam kita dan buah dari kerinduan kita untuk semakin mengenal-Nya melalui penggalian firman Tuhan, doa, dan persekutuan dengan sesama orang percaya (Yoh. 14:26). Ketika orang lain melihat perkataan dan perilaku kita, pernyataan apakah yang sedang kita tunjukkan tentang Kristus? —Alyson Kieda

Ya Tuhan, kami ingin mencerminkan Engkau. Tolonglah kami untuk menjadi semakin serupa dengan-Mu hari demi hari. Buatlah kami bertumbuh dalam kesalehan, kasih, sukacita, dan kesabaran.

Saat orang lain melihat kita, kiranya apa yang mereka lihat menyatakan kebenaran tentang Sang Juruselamat.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 29-30 dan Kisah Para Rasul 23:1-15

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

41 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!