Segala yang Kita Perlukan

Kamis, 1 Juni 2017

Segala yang Kita Perlukan

Baca: 2 Petrus 1:1-11

1:1 Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.

1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,

1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

1:9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.

1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

1:11 Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. —2 Petrus 1:3

Segala yang Kita Perlukan

Saya sering merasa tidak cukup mampu mengerjakan tugas-tugas yang dilimpahkan kepada saya. Baik itu mengajar Sekolah Minggu, menasihati teman, atau menulis renungan seperti ini, saya sering merasa tantangannya lebih besar daripada kemampuan saya. Sama seperti Petrus, saya masih perlu banyak belajar.

Perjanjian Baru menunjukkan kelemahan Petrus dalam upayanya mengikut Tuhan. Saat berjalan di atas air untuk mendatangi Yesus, Petrus hampir tenggelam (Mat. 14:25-31). Ketika Yesus ditangkap, Petrus bersumpah tidak mengenal-Nya (Mrk. 14:66-72). Namun, perjumpaan Petrus dengan Kristus yang telah bangkit dan kuasa Roh Kudus telah mengubah hidupnya.

Petrus akhirnya memahami bahwa “kuasa ilahi [Allah] telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib” (2Ptr. 1:3). Pernyataan luar biasa dari pribadi yang memiliki banyak kelemahan!

“Dengan jalan itu [Allah] telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia” (ay.4).

Hubungan kita dengan Tuhan Yesus Kristus memberikan hikmat, ketabahan, dan kuasa yang kita perlukan untuk memuliakan Allah, menolong sesama, dan menghadapi tantangan hari ini. Oleh Dia, kita dapat mengatasi keraguan dan perasaan tidak mampu yang kita alami.

Dalam setiap situasi, Dia telah memberi kita segala sesuatu yang kita perlukan untuk melayani dan memuliakan-Nya. —David McCasland

Bapa, terima kasih, Kau sediakan segala yang kuperlukan untuk melayani-Mu dan menguatkan sesamaku hari ini. Kiranya aku memuliakan-Mu selalu.

Allah telah menyediakan segala sesuatu yang kita perlukan untuk memuliakan-Nya melalui hidup kita.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 15-16 dan Yohanes 12:27-50

Bagikan Konten Ini
25 replies
  1. puspita chandra
    puspita chandra says:

    Amin. Saya manusia biasa yang Tuhan pakai untuk melakukan hal2 yang luar biasa, yes! to GOD be the glory

  2. Incha Margaritha
    Incha Margaritha says:

    Terima kasih Yesusku .
    ku berbahagia dan yakin bahwa Tuhan sanggup menolong saya.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *