Selalu Mendengarkan

Info

Sabtu, 22 April 2017

Selalu Mendengarkan

Baca: Nehemia 2:1-9

2:1 Pada bulan Nisan tahun kedua puluh pemerintahan raja Artahsasta, ketika menjadi tugasku untuk menyediakan anggur, aku mengangkat anggur dan menyampaikannya kepada raja. Karena aku kelihatan sedih, yang memang belum pernah terjadi di hadapan raja,

2:2 bertanyalah ia kepadaku: “Mengapa mukamu muram, walaupun engkau tidak sakit? Engkau tentu sedih hati.” Lalu aku menjadi sangat takut.

2:3 Jawabku kepada raja: “Hiduplah raja untuk selamanya! Bagaimana mukaku tidak akan muram, kalau kota, tempat pekuburan nenek moyangku, telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya habis dimakan api?”

2:4 Lalu kata raja kepadaku: “Jadi, apa yang kauinginkan?” Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit,

2:5 kemudian jawabku kepada raja: “Jika raja menganggap baik dan berkenan kepada hambamu ini, utuslah aku ke Yehuda, ke kota pekuburan nenek moyangku, supaya aku membangunnya kembali.”

2:6 Lalu bertanyalah raja kepadaku, sedang permaisuri duduk di sampingnya: “Berapa lama engkau dalam perjalanan, dan bilakah engkau kembali?” Dan raja berkenan mengutus aku, sesudah aku menyebut suatu jangka waktu kepadanya.

2:7 Berkatalah aku kepada raja: “Jika raja menganggap baik, berikanlah aku surat-surat bagi bupati-bupati di daerah seberang sungai Efrat, supaya mereka memperbolehkan aku lalu sampai aku tiba di Yehuda.

2:8 Pula sepucuk surat bagi Asaf, pengawas taman raja, supaya dia memberikan aku kayu untuk memasang balok-balok pada pintu-pintu gerbang di benteng bait suci, untuk tembok kota dan untuk rumah yang akan kudiami.” Dan raja mengabulkan permintaanku itu, karena tangan Allahku yang murah melindungi aku.

2:9 Maka datanglah aku kepada bupati-bupati di daerah seberang sungai Efrat dan menyerahkan kepada mereka surat-surat raja. Dan raja menyuruh panglima-panglima perang dan orang-orang berkuda menyertai aku.

Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan. —Mazmur 145:18

Selalu Mendengarkan

Ayah saya jarang bicara. Ia mengalami gangguan pendengaran sebagai dampak dari dinas militer bertahun-tahun dan kini menggunakan alat bantu dengar. Suatu sore ketika saya dan ibu berbincang-bincang agak lama, ayah menanggapinya dengan jenaka, “Setiap kali aku menginginkan ketenangan dan kedamaian, aku cukup melakukan ini.” Sambil mengangkat kedua tangannya bersamaan, ayah mematikan kedua alat bantu dengarnya, melipat tangannya di belakang kepala, lalu menutup mata sambil tersenyum dengan tenang. Kami tertawa. Baginya, pembicaraan itu sudah selesai.

Tindakan ayah saya sore itu mengingatkan saya tentang betapa berbedanya Allah dengan kita. Dia selalu ingin mendengarkan anak-anak-Nya. Hal itu dipertegas oleh salah satu doa tersingkat di Alkitab. Nehemia adalah pelayan Raja Artahsasta dari Persia. Suatu hari, Nehemia terlihat sedih di hadapan raja. Ketika sang raja menanyakan alasan kesedihannya, dengan takut Nehemia mengaku bahwa itu karena Yerusalem, kota nenek moyangnya yang sudah ditaklukkan, telah menjadi reruntuhan. Nehemia bercerita, “Lalu kata raja kepadaku: ‘Jadi, apa yang kauinginkan?’ Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit, kemudian jawabku kepada raja . . . .” (Neh. 2:4-5).

Doa Nehemia hanya berlangsung sesaat, tetapi Allah mendengarnya. Dalam kasih-Nya, Allah mulai menjawab banyaknya doa yang sudah pernah dipanjatkan Nehemia untuk Yerusalem. Pada saat itu juga, Artahsasta mengabulkan permohonan Nehemia untuk membangun kembali kota Yerusalem.

Tidakkah kita terhibur saat mengetahui bahwa Allah begitu peduli hingga Dia mau mendengarkan semua doa kita—baik yang singkat maupun yang panjang? —James Banks

Terima kasih, Bapa Mahakasih, karena Engkau telah mengaruniakan kepadaku hak istimewa dan kesempatan yang indah untuk berdoa.

Begitu besarnya Allah, Dia mendengar suara yang terkecil sekalipun.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 14-15; Lukas 17:1-19

Artikel Terkait:

Doa Mengubah Segalanya

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

9 Komentar Kamu

  • Doa itu indah bila dilakukan dgn hati yg mau berdoa. Doa ku adlh ungkapan Syukur atas Anugerah Tuhan Yesus buat hidupku. Amin

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik selalu bahagia murni menang terus tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • begitu besar kasih setia-Mu ya Tuhan . Engkau mendengarkan seruan hati kami yg terdalam . kami percaya Engkau akan menuntun jalan kami bahkan Engkau yang akan menyelesaikan pergumulan kami amin .

  • amin

  • Yenny Indrastuti Siti Poerwanti

    Amin

  • kami merasakan Tuhan selalu dekat kpd orang yg memohon kpd Mu melalui doa permohonan kami karena kami tau doa lah jln kami berbicara kpd Mu dan menjalin hubungan yg baik kpd Mu ya Tuhan tuntun lah kami Roh Kudus untuk melakukan sesuai kahendak Tuha agar kami berkenan di dlm Tuhan

Bagikan Komentar Kamu!