Diciptakan untuk Berelasi

Info

Sebagai manusia, kita perlu untuk menjalin relasi dengan sesama, berbagi suka dan duka. Tuhan menciptakan kebutuhan untuk berelasi di dalam diri setiap kita.

1. Relasi memungkinkan kita untuk membagikan pengalaman kita.

diciptakan-untuk-berelasi-01

Kita semua mungkin pernah mendengarnya—bukan ke mana kamu pergi yang penting, tapi dengan siapa kamu pergi. Kita berbagi dengan orang-orang yang kita kasihi tentang kesukaan kita, target yang ingin kita capai, pengalaman-pengalaman kita, pemikiran-pemikiran kita, dan bahkan pergumulan-pergumulan kita. Bagaimana kamu telah menguatkan atau dikuatkan oleh seseorang hari ini?

2. Relasi memberi kita kesempatan untuk mengasihi dan dikasihi.

diciptakan-untuk-berelasi-02

Cinta adalah sebuah pilihan, bukan sebuah perasaan. Apa artinya mengasihi sesamamu dan apa yang perlu kita korbankan untuk mengasihi seseorang? Kepada siapa kamu akan menunjukkan kasihmu, bahkan ketika itu adalah sebuah hal yang sulit? Bagaimanapun, kita mengasihi karena Dia telah terlebih dahulu mengasihi kita (1 Yohanes 4:19).

3. Relasi memungkinkan kita untuk menemani sesama di masa-masa yang sulit.

diciptakan-untuk-berelasi-03

Tidak setiap hari adalah hari yang indah bagi kita. Namun bahkan di tengah kesulitan hidup paling besar yang kita hadapi, Tuhan memberikan orang-orang di dalam hidup kita untuk berjalan bersama kita dalam masa-masa sulit tersebut. Bagaimana kamu telah menguatkan orang-orang terdekatmu dalam masa-masa tersulit dalam hidup mereka? Kita dipanggil untuk bertolong-tolongan menanggung beban sesama kita (Galatia 6:2).

4. Relasi menumbuhkan rasa tanggung jawab.

diciptakan-untuk-berelasi-04

Apakah aku seharusnya melakukan ini? Atau seharusnya tidak? Teman-teman yang takut akan Tuhan akan menolong kita untuk melihat sisi baik dan buruk dari pilihan-pilihan hidup yang ada di hadapan kita dan menunjukkan kita jalan yang terbaik. Bagaimana seorang teman telah menolongmu untuk tetap berjalan di jalan yang benar? Apakah kita saling menajamkan satu sama lain? (Amsal 27:17).

5. Relasi mendorong kita untuk bertumbuh—secara individu atau di dalam komunitas.

diciptakan-untuk-berelasi-05

Manusia diciptakan bukan untuk sendirian. Relasi diciptakan untuk sebuah tujuan. Apakah relasi yang kamu miliki dengan sesamamu telah membuat karaktermu semakin bertumbuh dan semakin dewasa? Bagaimana kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik? (Ibrani 10:24).

6. Relasi memungkinkan kita untuk bersaksi dan menunjukkan kasih Kristus.

diciptakan-untuk-berelasi-06

Cara terbaik untuk bersaksi tentang Kristus adalah melalui hidup kita. Seringkali, hidup kitalah yang membuat orang-orang ingin mengenal Kristus. Apakah sesama kita melihat Kristus di dalam kita? Ataukah kita meletakkan pelita kita di bawah gantang? (Matius 5:14-16). Marilah kita memuliakan Dia dalam segala hal yang kita lakukan.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 02 - Februari 2017: Cinta, Ruang Seni Kamu, Tema 2017

Ayo berikan komentar yang pertama!

Bagikan Komentar Kamu!