Tak Seperti Kenyataannya

Info

Selasa, 3 Januari 2017

Tak Seperti Kenyataannya

Baca: 2 Raja-raja 6:8-17

6:8 Raja negeri Aram sedang berperang melawan Israel. Ia berunding dengan pegawai-pegawainya, lalu katanya: “Ke tempat ini dan itu haruslah kamu turun menghadang.”

6:9 Tetapi abdi Allah menyuruh orang kepada raja Israel mengatakan: “Awas, jangan lewat dari tempat itu, sebab orang Aram sudah turun menghadang ke sana.”

6:10 Sebab itu raja Israel menyuruh orang-orang ke tempat yang disebutkan abdi Allah kepadanya. Demikianlah Elisa memperingatkan kepadanya, supaya berawas-awas di sana, bukan sekali dua kali saja.

6:11 Lalu mengamuklah hati raja Aram tentang hal itu, maka dipanggilnyalah pegawai-pegawainya, katanya kepada mereka: “Tidakkah dapat kamu memberitahukan kepadaku siapa dari kita memihak kepada raja Israel?”

6:12 Tetapi berkatalah salah seorang pegawainya: “Tidak tuanku raja, melainkan Elisa, nabi yang di Israel, dialah yang memberitahukan kepada raja Israel tentang perkataan yang diucapkan oleh tuanku di kamar tidurmu.”

6:13 Berkatalah raja: “Pergilah melihat, di mana dia, supaya aku menyuruh orang menangkap dia.” Lalu diberitahukanlah kepadanya: “Dia ada di Dotan.”

6:14 Maka dikirimnyalah ke sana kuda serta kereta dan tentara yang besar. Sampailah mereka pada waktu malam, lalu mengepung kota itu.

6:15 Ketika pelayan abdi Allah bangun pagi-pagi dan pergi ke luar, maka tampaklah suatu tentara dengan kuda dan kereta ada di sekeliling kota itu. Lalu berkatalah bujangnya itu kepadanya: “Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?”

6:16 Jawabnya: “Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka.”

6:17 Lalu berdoalah Elisa: “Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat.” Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai [musuh]. —2 Raja-Raja 6:16

Tak Seperti Kenyataannya

Don adalah seekor anjing collie yang tinggal di peternakan milik Tom di wilayah Lanarkshire Selatan, Skotlandia. Suatu pagi, Tom mengajak Don pergi memeriksa sejumlah hewan ternaknya. Mereka bersama menaiki sebuah truk kecil. Setibanya di tempat tujuan, Tom turun dari truk itu tetapi ia lupa menarik rem tangan. Truk itu pun meluncur menuruni bukit dengan Don duduk di belakang kemudi, dan sempat melintasi dua lajur jalan raya sebelum akhirnya berhenti di tempat yang aman. Di mata para pengemudi lain, seolah-olah seekor anjing sedang mengemudikan truk tersebut. Memang, yang terlihat tidak selalu sesuai dengan kenyataan yang ada.

Kelihatannya Nabi Elisa dan bujangnya akan segera ditangkap dan dibawa kepada raja Aram. Pasukan Aram telah mengepung kota tempat tinggal Elisa dan bujangnya. Si bujang mengira mereka tentu akan celaka, tetapi Elisa berkata, “Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai [musuh]” (2Raj. 6:16). Setelah Elisa berdoa, bujangnya dimampukan untuk melihat banyaknya kekuatan supernatural yang selalu siap siaga melindungi mereka.

Tidak semua situasi yang kelihatannya sia-sia selalu seperti itu kenyataannya. Apabila kita merasa kelabakan dan tak berdaya, ingatlah bahwa Allah senantiasa menyertai kita. Dia dapat memerintahkan “malaikat-malaikat-Nya . . . untuk menjaga [kita] di segala jalan [kita]” (Mzm. 91:11). —Jennifer Benson Schuldt

Ya Allah, izinkan aku melihat sekilas kuasa-Mu hari ini. Tolonglah aku untuk percaya bahwa Engkau rela dan sanggup menolongku dalam situasi apa pun yang kuhadapi.

Kenyataan yang ada selalu lebih baik daripada yang kelihatan ketika kita mengingat bahwa Allah senantiasa menyertai kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 7-9; Matius 3

Artikel Terkait:

Setahun Penuh Aku Menganggur Akibat Salah Memilih, Inilah Kisahku Mencari Pekerjaan

Aku mengundurkan diri dari pekerjaanku sebelumnya yang super nyaman. Aku pikir ini adalah sebuah strategi untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Namun, keputusan ini membuatku menganggur selama setahun. Situasi ini mengajariku beberapa hal.

Baca kisah Claudya Elleossa selengkapnya di dalam artikel ini.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

21 Komentar Kamu

  • Trimakasih Tuhan atas FirmanMu ..
    Mengajarkan kami, betapa di berbagai situasi kami hrs tenang dan ingat bahwa tanganMu slalu siap menopang dan menolong kami.
    Terpujilah Allah yg oleh ksh Nya slalu siap menolong kami

  • Terimakasih Bapa buat FirmanMu hari ini, sungguh menguatkanku menjalani awal tahun ini. Hari ini adalah hari titik perjuanganku memasuki dunia pekerjaan, dimana aku sambil lanjut ekstensi kuliah S1 ku, mampukan aku dalam memanajemen waktuku dan tetap mengandalkan Bapa di setiap langkah yang ku ambil.
    Ajariku juga buat lebih peduli terhadap keluarga, saudara, dan orang2 sekelilingku Bapa. Engkaulah pengharapan dan kekuatan kami.
    Terpuji namaMu bapaku. Amin.

  • Sungguh dahsyat Kau Yesus, kamu hny meminta kami anakMu hny beriman sj kpdMu dlm menghadapi segala situasi genting.

  • Firman Tuhan pagi ini intropeksi saya bahwa Tuhan Engkau selalu setia dalam keadaan apapun. Yesus saya percaya dengan Iman. Amin

  • firman tuhan pada pagi ini menjadi semangat baru dlm menjalani aktivitas

  • Ruth Stephani Panjaitan

    Walau situasi politik membuat kita hampir putus asa, tapi kami yakin Kau lebih besar dari semua itu. Terima kasih Bapa

  • Ireine Latuihamallo Tauran

    FirmanMu ya dan Amin, ini aku Tuhan. Aku tau dimana saja Tuhan menempatkanku. Disitu Engkau memberi kuasa dan selalu bersamaku,menolongku dalam segala situasi. Aku siap bekerja untuk menyaksikan pertolonganMu satu demi satu.

  • Tuhan Yesus terima kasih karna sayang-Mu ga pernah ada habisnya. Aku percaya pasangan yg Tuhan persiapkan adalah lebih dari yg aku mau dan butuhkan. Dan aku yakin Tuhan ga pernah biarin aku sendiri ketika aku lagi menghadapi atau menyelesaikan sesuatu. Aku mau mendengarkan dan mengerti maksud-Mu Tuhan. Terserah Tuhan maunya aku gimana, aku pasrah. Ajar aku peka akan petunjuk dan rencana-Mu. Amin.

  • kadang kala kita lupa penyertaan Tuhan buat kita karena kita kurang bersyukur buat Tuhan kita yg setia selalu menyrtai kita disaat kita berseru kpdNya disaat itu Tuhan hadir buat kita terimah kasih Tuhan Yesus biarlah ditahun yg baru ini aku lebih dekat lagi kpdMu dan aku selalu merenungkan firmanMu siang dan malam amin

  • amen tanpa Kita sadari Tuhan sedang menyertai kita hari ini

  • Lusyanne Erhid Salla

    semua atas perkenananMu dalam hidupku..thank God for Your Word..how I blessed as Your daughter..

  • Tuhan Yesus hanya Engkau tempat ku meminta dan mengaduh

  • Terimakasih Tuhan atas Firman Mu hari ini yg menyadariku akan Engkau Tuhan…. Good bless us

  • Tuhan Yesus, Tolonglah aku untuk percaya bahwa Engkau rela dan sanggup menolongku dalam situasi apa pun yang kuhadapi, Amin

  • Rynaldi Maydrian Lauren

    @Maria Mahdalena : Semangat menjalani kuliah dan pekerjaannya. Andalkan Tuhan selalu. Tuhan memberkati 🙂

  • Yesus pegang erat tanganku, ku tak dapat jalan sendiri…

  • Haleluya.. Amin!!

  • Pamungkas Lanus Cuber's

    Di dalam Dia tak perlu lagi aku kuatir..Yesus akan menolong dan memelihara kita dari perkara yang kecil sampai yang besar..

  • Sangat membe

  • Sangat memberkati! 🙂

Bagikan Komentar Kamu!