Merayakan Tuhan Yesus

Info

Jumat, 6 Januari 2017

Merayakan Tuhan Yesus

Baca: Matius 2:1-12

2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem

2:2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.

2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.

2:5 Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:

2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”

2:7 Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.

2:8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.”

2:9 Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.

2:10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

2:11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

2:12 Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita. —Mazmur 95:6

Merayakan Tuhan Yesus

Banyak diorama Natal menggambarkan bahwa orang-orang majus mengunjungi Yesus di Betlehem bersamaan waktunya dengan kunjungan para gembala. Namun menurut Injil Matius, satu-satunya bagian Alkitab yang menceritakan kisah itu, orang-orang majus muncul di kemudian hari. Yesus sudah tidak lagi berada dalam palungan di kandang penginapan, melainkan di sebuah rumah. Matius 2:11 menceritakan, “Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.”

Dengan menyadari bahwa kunjungan orang-orang majus itu terjadi belakangan, kita diingatkan kembali di tahun baru ini bahwa Tuhan Yesus selalu layak untuk disembah. Walau liburan telah usai dan kita kembali kepada rutinitas sehari-hari, kita masih dapat merayakan kehadiran-Nya.

Yesus Kristus adalah Imanuel, “Allah menyertai kita” (Mat. 1:23), dalam setiap masa kehidupan kita. Dia telah berjanji untuk “senantiasa” menyertai kita (28:20). Karena Dia senantiasa bersama kita, kita dapat menyembah-Nya dalam hati kita setiap hari dan meyakini bahwa Dia akan menunjukkan kesetiaan-Nya di tahun-tahun mendatang. Seperti halnya orang-orang majus mencari Yesus, kiranya kita juga mencari dan menyembah-Nya di mana pun kita berada. —James Banks

Tuhan Yesus, seperti orang majus mencari-Mu dan bersujud di hadapan-Mu, Raja yang telah datang, tolonglah aku untuk menyerahkan kehendakku kepada-Mu dan mengikut-Mu ke mana saja Engkau menuntunku.

Saat kita menemukan Kristus, patutlah kita memberikan penyembahan kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 16-17; Matius 5:27-48

Artikel Terkait:

5 Tips Mengatasi Rasa Malas Beribadah

Apakah kamu pernah merasa malas beribadah? Teman kita, Helen Lee pernah mengalaminya. Namun, dia berusaha untuk melawan rasa malas tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang membantunya untuk melawan rasa malas beribadah.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

14 Komentar Kamu

  • hanya Engkaulah Tuhan yg kami puji ,kamisembah,kami agungkan dan kami muliakan dalam menjalani hari hari kehidupan kami tiada yg lain yg kami yakini mampu memberikan segala sesuatu yg terbaik kami mencari Mu Bapa tolonglah tunjukkan kpd ku jln jln Mu supaya saya dapat melakukan kehendakmu danperitah perintahmu dan bertumbuh ,berbuah dan menjadi berkat itu ketinduanku amin

  • Amin

  • Erna Maria Sipahutar

    imanuel
    imanuel
    imanuel
    imanuel
    kau tak pernah biarkan kami sendiri sejatuh dan sejauh apa kami Darimu.
    Kau selalu ada untukku

  • amen jesus bless

  • Terpujilah nama Mu Yesus…amin

  • syalom.. mw nanya mana yg bnar ‘kita menemukan Kristus atau Kristus yg menemukan kita’?

  • Tuhan Allah ku, aku mau terus menyembah dan menemukan-Mu dalam penyembahan ku. I love you my Lord, and I wanna love You more than anyone more than anything. Berikan itu kepada ku Tuhan, ajar aku bisa memperlakukan-Mu dg luar biasa melalui pelayanan ku. Terima kasih Bapa ku. Amin.

  • Tuhan Yesus telah lhr untuk diri ku.biarlah di thn ini aku mau trs mengasihi Tuhan.Amin

  • Jika ada hambaku bertny pdmu ktkanlah:”sesungguhny Aku menyertaimu”.skl2 Aku tdk akn mengglkmu dan skl2 Aku tdk akn membiarkmu”.Akulah Allah yg hdp,berkuasa unt menciptk,memerint dan melakukan sgl pkjn yg mendtgk kbk.,Nikmat manalagi yg hendk kmu sembunyk dr pd Ku ?.

  • ajarkan hambamu senantiasa memberikan waktu untuk menyembahMu

  • ajarku untuk selalu memuliakan NamaMu Tuhan Yesus… dan snantiasa myembahmu dalam segala kondisi.. Puji Tuhan amin!!

Bagikan Komentar Kamu!