Lomba Mengucap Syukur

Kamis, 24 November 2016

Lomba Mengucap Syukur

Baca: Kolose 3:12-17

3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Segala sesuatu yang kamu lakukan . . . lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. —Kolose 3:17

Lomba Mengucap Syukur

Di setiap musim gugur, kami mengadakan perayaan Thanksgiving yang seru di kampus Universitas Cornerstone. Mahasiswa kami sangat menyukainya! Tahun lalu sekelompok mahasiswa melakukan permainan dengan menantang satu sama lain untuk berlomba mengucapkan syukur dalam waktu kurang dari tiga detik tanpa boleh mengulang apa yang sudah dikatakan oleh rekan-rekannya. Yang ragu dan terlalu lama memberikan jawaban harus keluar dari permainan.

Ada banyak hal yang bisa dikeluhkan para mahasiswa—ujian, tenggat tugas, peraturan, dan sejumlah keluhan lain yang biasa terjadi di kampus. Namun para mahasiswa itu telah memilih untuk mengucap syukur. Dan menurut saya, setelah melakukan permainan itu, mereka semua akan merasa lebih baik daripada jika mereka memilih untuk mengeluh.

Meskipun selalu ada hal-hal yang bisa kita keluhkan, tetapi jika kita melihat dengan cermat, pastilah ada berkat-berkat yang bisa disyukuri. Ketika Paulus menjelaskan tentang hidup baru kita di dalam Kristus, “rasa syukur” adalah satu-satunya karakter yang disebutkan lebih dari satu kali. Sikap yang bersyukur disebutkan sebanyak tiga kali. “Bersyukurlah,” kata Paulus di Kolose 3:15. Bernyanyilah dengan “mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu” (ay.16). Dan apa pun yang kamu lakukan, pastikan untuk “mengucap syukur . . . kepada Allah Bapa” (ay.17). Perintah Paulus untuk mengucap syukur sangatlah mengagumkan apabila kita mengingat bahwa ia menulis surat tersebut dari dalam penjara!

Hari ini, marilah memilih untuk mengucap syukur. —Joe Stowell

Tuhan, berilah aku sukacita dari mengucap syukur! Tolonglah aku untuk menemukan berkat-berkat tersembunyi dalam hal-hal yang sering kukeluhkan dan membiasakan diri untuk mengucap syukur kepada-Mu dan sesama kami.

Pilihlah untuk mengucap syukur.

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 22-23; 1 Petrus 1

Artikel Terkait:

Mencukupkan Diri

Seringkali kita sulit mengontrol keinginan. Banyak hal yang begitu menggoda untuk dimiliki. Pernahkah kamu juga mengalaminya? Kita tidak bisa mengontrol keinginan kita. Sebaliknya, keinginan itulah yang mengontrol kita. Mencukupkan diri bukanlah hal yang mudah. Baca kisah selengkapnya di dalam artikel ini.

Bagikan Konten ini
26 replies
  1. solita
    solita says:

    aku mengucap syukur utk setiap masalah yg boleh terjadi dalam keluargaku karna dgn hal tersebut aku mampu lbh dewasa menyikapi suatu masalah.. s

  2. Cindy Cloudia Ariani
    Cindy Cloudia Ariani says:

    terima kasih dan dan saya mengucap syukur atas apa yang sudah terjadi dalam kehidupan pribadiku . aku percaya tuhan punya rencana yang amat baik untuk hidupku . amin

  3. bayu suwandi
    bayu suwandi says:

    terima kasih atas sharing hari ini, di ingatkan kembali untuk tetep bersyukur, baik susah ataupun senang,,,,di balik ini semua, hanya kemuliaan nama tuhanlah yang di junjung tinggi.
    terima kasih Tuhan Yesus Kristus.
    amin

  4. Ivana ika
    Ivana ika says:

    terimakasih untuk FTNya. saya tertegur dengan ayat ke 13, Ayat itu mengingatkan saya…pada maslaah saya hari ini dikantor. ayat itu menegur saya, bahwa… ketika Kita mencoba mengampuni org lain, Maka Damai sejahtera Allah. akan ada Untuk orang2 yg bisa mengontrol dirinya dalam Kemarahan, dalam perkataan. Terimaksih Tuhan,,, sekalipun mereka berbuat hal yg buruk kepada saya, biarlah Engkau tetap mengSihi mereka Tuhan.

  5. rosmida
    rosmida says:

    tuntun kami Tuhan agar kami boleh mengucap syukur dlm segala hal apa yg kami hadapi dan tetap kami di dalam kasih Tuhan

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *