Obat yang Manjur

Info

Rabu, 5 Oktober 2016

Obat yang Manjur

Baca: Efesus 4:25-32

4:25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.

4:26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu

4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

4:28 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur. —Amsal 17:22

Obat yang Manjur

Cara mengemudi yang serampangan, emosi yang memuncak, dan lontaran bahasa kasar di kalangan pengemudi taksi dan angkutan umum merupakan penyebab utama terjadinya keributan di jalanan kota kami, Accra, Ghana. Namun suatu hari, saya menyaksikan salah satu kecelakaan lalu lintas yang berakhir dengan tidak lazim. Sebuah bus hampir ditabrak oleh taksi yang dikemudikan dengan sembrono. Saya mengira sopir bus itu akan marah dan meneriaki si pengemudi taksi. Ternyata tidak. Sopir bus itu justru mengendurkan raut wajahnya yang tegang dan tersenyum lebar ke arah si pengemudi taksi yang terlihat merasa bersalah. Senyuman itu sangat manjur. Sambil melambaikan tangan, sopir taksi itu meminta maaf, balas tersenyum, lalu melanjutkan perjalanannya. Ketegangan pun memudar.

Sebuah senyuman mempunyai dampak yang menakjubkan bagi kinerja otak kita. Para peneliti telah menemukan bahwa “ketika kita tersenyum, otak kita melepaskan senyawa kimiawi bernama endorfin yang benar-benar menghasilkan efek menenangkan secara fisiologis.” Sebuah senyuman tak hanya dapat meredakan situasi yang tegang, tetapi juga dapat meredakan ketegangan dalam diri kita. Emosi kita mempengaruhi diri sendiri dan juga orang lain. Alkitab mengajar kita, “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain” (Ef. 4:31-32).

Ketika kemarahan, ketegangan, atau kepahitan mengancam hubungan kita dengan Tuhan dan sesama, baiklah kita mengingat bahwa “hati yang gembira adalah obat yang manjur” agar kita tetap bersukacita dan mengalami damai sejahtera. —Lawrence Darmani

Pikirkan suatu waktu ketika kamu marah kepada seseorang atau ketika kamu berdebat sengit dengan seseorang. Bagaimana perasaanmu? Bagian manakah dalam hidupmu yang dipengaruhi oleh perasaan tersebut?

Kita menemukan sukacita ketika kita belajar untuk hidup dalam kasih Yesus.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 23-25; Filipi 1

Artikel Terkait:

5 Hal yang Menolongku Mengatasi Stres

Mungkin kita pernah mendengar ungkapan tersebut. Selama kita hidup, masalah pasti selalu ada.
Masalah yang datang bertubi-tubi kerap membuat kita kehilangan fokus dan kehabisan energi. Hidup menjadi kacau. Kita tidak tahu harus berbuat apa. Kita menjadi stres. Lalu, bagaimana?
Yuk simak 5 hal berikut yang dapat menolong kita mengatasi stres.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

26 Komentar Kamu

  • bener banget dan terbukti, gk ad habisny buat aku ngucap syukur ke Dia

  • Yuni Melinda Sitohang

    blessing

  • keep a smile on your face

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang gemilang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang bersinar lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • ya Tuhan… berilah hambaMu ini sukacita untuk mengalahx pahit, geram, amarah, pertikaian, dan fitnah… biarlah dengan senyuman hamba mampu utk menapaki prjlnn hdup ini…

  • Let us smile 🙂

  • Amiinnn.. Don’t forget to smile 🙂

  • Tuhan Yesus jadikanlah kami umatMu yg selalu membawa kedamaian kepada sesama, Amin

  • Richa Marchelina Purba

    Semoga hari ini aku bisa menjadi berkat dengan sebuah senyuman.

  • kerenn

  • Terimakasih sudah mengingatkan saya, bahwa apapun yang terjadi, tersenyumlah.. 🙂

  • Bener banget…
    Senyum mampu merobohkan tembok emosi yang memuncak dan dapat menunda kemarahan….

  • berikanlah kami hikmat di pagi hari, amin

  • very blessed! Thank God

  • Dennis Christianto

    tersenyum dapat mengalihkan ketegangan dalam diri kita dan sesama.

  • Senyum dan Bersukacita dalam segala perkara

  • sangat memberkati

  • Satu kali senyum curiga hilang
    Dua kali senyum jadi sahabat
    Tiga kali senyum hati penuh damai
    Empat kali senyum beban jadi ringan
    Lima kali senyum rejeki datang
    Enam kali senyum gigi kering

    Dikutip dari Pajangan di suatu ruangan.

  • segala jawaban kutemukan di dalamMu. Terima kasih share FirTu nya..

  • Hidup ini tidak pernah tidak ada masalah slaku kita masih hidup masalah sili berganti tapi kita ingat jgn masalah bikin kita stres ingat bahwa yesus selalu memberikan sukacita kalau kita benar benar mengenal siapa yesus itu kenailah Dia maka kita selalu damai dan sukacita walaupun masalah sili berganti amin

  • jangan lupa bahagiaa …
    🙂
    😀

Bagikan Komentar Kamu!