Buku yang dapat Diminum

Sabtu, 8 Oktober 2016

Buku yang dapat Diminum

Baca: Yohanes 4:7-15

4:7 Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Kata Yesus kepadanya: “Berilah Aku minum.”

4:8 Sebab murid-murid-Nya telah pergi ke kota membeli makanan.

4:9 Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: “Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?” (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)

4:10 Jawab Yesus kepadanya: “Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup.”

4:11 Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?

4:12 Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kami Yakub, yang memberikan sumur ini kepada kami dan yang telah minum sendiri dari dalamnya, ia serta anak-anaknya dan ternaknya?”

4:13 Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi,

4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

4:15 Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air.”

Air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal. —Yohanes 4:14b

Buku yang dapat Diminum

Karena di belahan dunia tertentu sebagian orang masih sangat sulit mendapatkan air minum yang bersih, sebuah organisasi bernama Water is Life mengembangkan sebuah bahan menarik yang disebut “The Drinkable Book” (Buku yang Dapat Diminum). Kertas dalam buku tersebut dilapisi nanopartikel perak yang bisa menyaring bakteri berbahaya hingga 99,9 persen! Setiap lembar kertas dari buku itu dapat disobek dan digunakan berulang kali untuk menyaring hingga 100 liter air dengan biaya hanya empat sen per lembarnya.

Alkitab juga merupakan Kitab “yang dapat diminum”. Di Yohanes 4, kita membaca tentang kehausan akan sejenis air yang khusus. Dalam kisah tersebut, perempuan di tepi sumur itu tidak hanya butuh dipuaskan dahaga fisiknya dengan meminum air yang bersih. Ia juga sangat ingin mendapatkan sumber “air hidup”. Yang dibutuhkan perempuan itu adalah anugerah dan pengampunan yang berasal dari Allah saja.

Firman Tuhan adalah Kitab terpenting “yang dapat diminum” karena firman itu menunjukkan Sang Anak Allah sebagai satu-satunya sumber “air hidup”. Orang-orang yang menerima air yang Yesus berikan akan memiliki “mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal” (ay.14). —Cindy Hess Kasper

Bapa, kami merindukan kepuasan sejati yang datang dari Engkau saja. Tolong kami membuang hal-hal yang membuat kami merasa hampa dan dahaga, dan gantilah dengan kepuasan dari air hidup yang Engkau berikan.

Yesuslah satu-satunya sumber air hidup.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 30-31; Filipi 4

Artikel Terkait:

Kembali Bertekun dalam Firman-Nya

Apa saja tantangan yang kamu hadapi dalam membaca Alkitab? Apa yang memotivasimu untuk terus melakukannya?
Baca pengalaman Helen di dalam artikel ini, dan bagikan juga pengalamanmu!

Bagikan Konten ini
20 replies
  1. pipi_kiri
    pipi_kiri says:

    uang, kehormatan, jabatan, gelar, pasangan hidup, karir dan masih banyak hal di dunia ini yg memberikan kepuasan dibatasi waktu. hanya Tuhanlah kepuasan sejati yang akan membuat kita “…tidak akan haus untuk selama-lamanya.” selamat mnikmati weekend. Tuhan memberkati

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang gemilang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang bersinar lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. Obaja Eden Sentosa
    Obaja Eden Sentosa says:

    aminnnmn 🙂 hanya Tuhanlah yang mampu memberi sumber air hidup.. krn semua yg dtawarkan dunia adalah sementar.. Godbless ^^

  4. rosmida
    rosmida says:

    berikan kami Bapa air kehidupan yg dari padaMu supaya kami tidak dahaga dan kami beroleh kepuasan dari air hidup yg Engkau berikan sebab Yesus satu satu nya sumber air hidup

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *