Warisan Kehidupan

Senin, 15 Agustus 2016

Warisan Kehidupan

Baca: Amsal 22:1-16

22:1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

22:2 Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah TUHAN.

22:3 Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

22:5 Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu.

22:6 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

22:7 Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.

22:8 Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa.

22:9 Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

22:10 Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran, dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh.

22:11 Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja.

22:12 Mata TUHAN menjaga pengetahuan, tetapi Ia membatalkan perkataan si pengkhianat.

22:13 Si pemalas berkata: “Ada singa di luar, aku akan dibunuh di tengah jalan.”

22:14 Mulut perempuan jalang adalah lobang yang dalam; orang yang dimurkai TUHAN akan terperosok ke dalamnya.

22:15 Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.

22:16 Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri atau memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja.

Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar. —Amsal 22:1

Warisan Kehidupan

Ketika menginap di sebuah hotel di suatu kota kecil, saya melihat gereja di seberang jalan sedang mengadakan kebaktian. Gereja sudah begitu penuh tetapi masih ada sekerumunan orang dari muda sampai tua berdiri di luar gereja sampai ke trotoar. Setelah melihat sebuah mobil jenazah diparkir di pinggir jalan, barulah saya menyadari bahwa itu adalah kebaktian penghiburan. Melihat banyaknya orang di situ, saya mengira kebaktian tersebut diadakan untuk mengenang hidup dari seorang tokoh yang berjasa besar di daerah itu—mungkin seorang pengusaha kaya atau orang terkenal. Karena penasaran, saya bertanya kepada petugas hotel, “Banyak sekali orang yang datang ke kebaktian itu; pastilah yang meninggal itu orang terkenal di kota ini.”

“Bukan,” jawabnya. “Mendiang bukan orang kaya dan juga tidak terkenal, tetapi ia seorang pria yang sangat baik.”

Peristiwa itu mengingatkan saya tentang hikmat amsal yang mengatakan, “Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar” (Ams. 22:1). Ada baiknya kita memikirkan tentang warisan yang akan kita tinggalkan bagi keluarga, teman, dan sesama kita. Dari perspektif Allah, yang terpenting bukanlah riwayat hidup atau jumlah uang yang kita kumpulkan, melainkan hidup seperti apa yang telah kita lewati.

Ketika seorang teman meninggal dunia, putrinya menulis, “Dunia telah kehilangan seorang pria yang sangat baik, dan di dunia seperti ini, itu adalah kehilangan yang sangat besar!” Warisan semacam itulah yang sepatutnya kita usahakan untuk kemuliaan Allah. —Joe Stowell

Ya Tuhan, tolonglah aku untuk menjalani hidup yang berkenan kepada-Mu dan yang meninggikan nama-Mu.

Jalanilah hidup yang meninggalkan warisan untuk kemuliaan Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 91-93; Roma 15:1-13

Artikel Terkait:

Jangan Berusaha Jadi “Orang Baik”!

“Aku bingung, padahal aku selalu berusaha menjadi anak Tuhan yang baik di mata keluarga dan orang lain. Tapi benar-benar berat menjadi orang baik,” keluh seorang teman. Pergumulan khas banyak anak muda. Pernah merasakan hal tersebut? Jika seorang rekan kita mengalami hal demikian, apa yang harus kita katakan?

Bagikan Konten ini
16 replies
  1. Seno Pujosantosa
    Seno Pujosantosa says:

    terimakasih, sangat memberi inspirasi. membagikan dan mewariskan kekayaan hati dan menebar kebahagiaan bagi semua makhluk

  2. Serius
    Serius says:

    Thanks Lord for Your blessings to day… Allah Mampukan aku menjalani hr ini dg sebuah kepekaan suaraMu., shhg hr ini aku bisa memuliakan Engkau ktk aku berfikir, bebicara, merasakan dan bertindak dlm pekerjaanku yg Tuhan anugerahkan.

  3. Ribka S
    Ribka S says:

    Pujian dari manusia menjadikan kita sombong.
    Marilah kita melakukan segala sesuatu dengan kebaikan dan takut akan akan Tuhan, Sehingga apa yg kita lakukan biarlah kiranya nama Tuhan yg dipuji, karena segala pujian itu hanya untuk Tuhan saja.
    Terimakasih ya Tuhan atas berkatMu hari ini, Amin.

  4. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  5. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang gemilang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang bersinar lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  6. rosmida
    rosmida says:

    Terimakasi Tuhan engkau mengingatkaku dilm firman Mu supaya aku selalu berkenan di dalam Engkau melalui perbuatanku dan selalu berusahaha meninggalkan kedagingan dunia ini bimbinglah akuselalu Rohkudus untuk melakukan yg terbaik di dlm Tuhan menjadi hormat kemuliaan amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *