Membentuk Pikiranmu

Info

Jumat, 12 Agustus 2016

Membentuk Pikiranmu

Baca: Roma 12:1-8

12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

12:3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

12:4 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,

12:5 demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.

12:6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.

12:7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;

12:8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu. —Roma 12:2

Membentuk Pikiranmu

Ketika Marshall McLuhan menciptakan istilah “the medium is the message” (media adalah pesan itu sendiri) pada tahun 1964, komputer pribadi belum ditemukan, ponsel hanya ada dalam kisah-kisah fiksi, dan Internet belum ada. Sekarang kita memahami betapa tepatnya McLuhan meramalkan bagaimana cara berpikir kita dipengaruhi di era digital ini. Dalam buku The Shallows: What the Internet is Doing to Our Brains (Dangkal: Dampak Internet terhadap Otak Kita), Nicholas Carr menulis, “[Media] menyediakan bahan pemikiran, tetapi juga membentuk proses berpikir. Dan yang dilakukan Internet adalah mengikis kemampuan saya untuk berkonsentrasi dan merenung. Baik ketika sedang online atau tidak, sekarang pikiran saya menuntut untuk menyerap informasi seperti cara Internet menyebarluaskannya, yaitu dalam arus potongan-potongan kecil yang terus bergerak dengan sangat cepat.”

Saya menyukai saduran J. B. Phillips terhadap pesan Paulus kepada orang-orang Kristen di Roma: “Jangan biarkan dunia di sekitarmu membentukmu sesuai dengan cetakannya, tetapi izinkan Allah mencetak ulang pikiranmu dari dalam, sehingga kamu dapat membuktikan melalui perbuatanmu bahwa rencana Allah untukmu itu baik, sesuai dengan segala kehendak-Nya dan membawamu kepada tujuan kedewasaan sejati” (lihat Rm. 12:2). Alangkah relevannya firman itu untuk masa kini, karena kita telah melihat bagaimana jalan pikiran dan proses berpikir kita sangat dipengaruhi oleh dunia di sekitar kita.

Memang kita tidak dapat membendung arus informasi yang membombardir kita, tetapi setiap hari kita dapat meminta Tuhan untuk menolong kita memusatkan perhatian kepada-Nya dan membentuk pemikiran kita melalui kehadiran-Nya dalam hidup kita. —David McCasland

Bapa di surga, teduhkan dan fokuskan pikiranku, tenangkan hatiku, dan penuhilah aku dengan pikiran-pikiran-Mu sepanjang hari ini.

Izinkan Roh Allah dan bukan dunia ini yang membentuk pikiranmu.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 84-86; Roma 12

Artikel Terkait:

Hati-Hati, Jangan Sampai Hiburan Membuatmu Menjadi 3 Hal Ini

Dulunya, Joanna menghabiskan waktunya untuk mengecek Facebook dan Instagram, berbelanja online, dan menonton klip video di Internet. Sekarang dia tidak lagi begitu kecanduan seperti dulu. Sebagian besar alasannya adalah karena dia menyadari bahwa hiburan-hiburan tersebut membuatnya menjadi 3 hal ini. Yuk cari tahu apa saja ketiga hal tersebut di dalam artikel ini.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

19 Komentar Kamu

  • My plan is Your plan. Our life in Your Hand.. We can’t without You, Lord..

    #GODis1st

  • Yah Tuhan kiranya melalui kuat kuasa kusa rohol kudusmu engkau dapat mengusai dan membentuk pikiranku dan keluargaku dalam menjalankan kehidupan ini setiap harinya agar sesuai dengan kehendakmu, dalam nama Tuhan Yesus hamba menyerahkan kehidupan kami kepadamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  • Amen☺

  • sekularisme hanya memuaskan hasrat sesaat… segala yg dari Allah sempurna abadi selamanya…

  • Amen, bentuklah aku seturut kehendakMu dan Hendaklah daku bisa memancarkan keindahan-Mu ke dunia sekitarku. I love You Jesus.

  • Smakin qta hanyut mengikuti dunia, smakin kekacaun menghampiri pikiran qta. πŸ™‚ yahh, hanya bersama Yesus saja, ada damai sejati… Bahkan dalam segudang permasalahan, jika qta tetap menempatkan Tuhan slalu jadi yang pertama… Masalah dpt qta lalui dgn pikiran tenang. Thanks renungan hari ini. Tuhan Yesus memberkati,

  • Amin

  • dunia banyak mempengaruhi hidup yg tidak berarti bahkan menjerat masa depan yg berujung kehancuran tetapi bagaimana kita supaya lepas dari situ mari pokuskan pikiran hati kita Roh kudus yg memimpinnya dan pasti kita dibawa kpd tujuan yg sejati di dlm Tuhan amin

  • Agnes Melva LeoNore Sianturi

    Amin…

  • Sangat diberkati oleh renungan ini.Terimakasih,God bless πŸ™‚

  • Tuhan x menggendong qta d tiap jln terbaik-Nya…
    Dia sllu memegang tngan qta utk hdpi arus keras dunia…
    terus yaqn & percaya, smw tlah indah pd wktunya…

  • Buka hati dan berubah…..
    semoga Tuhan Yesus mengampuni dosa-dosaku

  • Tuhan.. Teguhkan hati, jiwa, serta pikiranku melalui Firman-Mu, dan biarlah Firman-Mu hidup di dalam setiap jalanku dan nyata dalam tindakanku, sehingga aku tidak tenggelam dalam pola hidup dunia yang semakin menghanyutkan yang membuatku jauh dari kasih-Mu… Amin

  • kuatknlah imanmu di tengah kerasnya dunia n era modern..kita tdk dpt memungkiri zaman makin maju n itu sdh seharusnya terjadi sampai Tuhan dtg kali kedua.. bersandarlah sllu pd Tuhan Yesus, n Tuhan pasti akn menuntun hidup kita.. God bless all

  • amin
    Jesus bless

  • Biarlah rencana Mu yg jadi dlm hidup ku Tuhan, pakai & kuasai aku Tuhan seturut kehendak Mu..

  • dalam dunia, kita diperhadapkan dg banyaknya permasalahan hidup. jawaban dari seluruh permasalahan itu hanya ditemukan dlm firmanNya.

  • Amien..,renungan yg sangat memberkati,Terims kasih & Jesus bless all always..”

Bagikan Komentar Kamu!