Hidup Terhormat

Jumat, 26 Agustus 2016

Hidup Terhormat

Baca: 1 Petrus 2:9-12

2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

2:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.

2:12 Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

Kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. —1 Petrus 2:9

Hidup Terhormat

Dalam pidato yang disiarkan secara luas, seorang pemimpin dan negarawan yang terpandang menarik perhatian warganya saat ia menyatakan bahwa banyak dari anggota parlemen (DPR) yang terhormat di negaranya ternyata bersikap kurang terhormat. Dengan menyebutkan keburukan-keburukan para anggota parlemen, seperti gaya hidup korupsi, sikap yang angkuh, ucapan yang tidak patut, ia mengecam dan mendesak mereka untuk memperbaiki diri. Tidak mengherankan, komentarnya itu tidak diterima baik oleh para anggota parlemen yang membalas dengan mengkritik balik kelakuan sang pemimpin itu.

Tidak setiap dari kita adalah pejabat atau pemimpin di jajaran pemerintahan, tetapi kita semua yang mengikut Kristus adalah “bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri” (1Ptr. 2:9). Karena itu, Tuhan kita memanggil kita untuk memiliki gaya hidup yang menghormati-Nya.

Petrus, sang murid, memberikan beberapa nasihat praktis tentang bagaimana menjalani hidup yang terhorMat. Ia mendorong kita untuk “menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa” (ay.11). Meski tidak menggunakan kata terhormat, Petrus mengajak kita untuk memiliki tingkah laku yang berkenan pada Kristus.

Rasul Paulus menuliskan dalam suratnya kepada jemaat di Filipi, “Semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu” (Flp. 4:8). Sungguh, semua itu adalah ciri-ciri dari perilaku yang menghormati Tuhan kita. —Lawrence Darmani

Tuhan, bila kami jujur, kami sadar betapa sering kami berperilaku kurang terhormat. Kami tahu kami sangat memerlukan Engkau. Dengan Roh-Mu, tolonglah kami untuk mengganti pikiran, perkataan, dan tindakan yang egois dengan hal-hal yang menyenangkan-Mu dan membawa orang kepada-Mu.

Kita menghormati nama Allah bila kita memanggil-Nya sebagai Bapa dan menjalani hidup layaknya anak-anak-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 119:89-176; 1 Korintus 8

Artikel Terkait:

Ketika Hubunganku Menentukan Identitasku

Hampir enam tahun lamanya Larissa membiarkan sebuah hubungan menentukan identitasnya. Dia merasa hidupnya tidak utuh tanpa seorang pria. Dia pun tak ragu menjalin hubungan dengan seorang yang tidak seiman. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Baca kesaksian selengkapnya di dalam artikel ini.

Bagikan Konten ini
11 replies
  1. moon
    moon says:

    Shalom..artikel dan ayat renungan ini sangat menyentuh ..
    Tuhan berikan pengarahan terbaik agar kami mampu memiliki cara hidup yang benar di mata-Mu..
    Sempurna tidaklah mungkin,namun berusaha menjadi lebih baik adalah hal yang masih bisa kami lakukan.
    Tetaplah menjadi Bapa yang menjadi dasar panutan kami,agar kami semakin terarah dalam menjalani hidup yang fana ini.
    Amin.

  2. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Semoga artikel yang disajikan dalam renungan ini, dapat menjadikan semua orang khususnya umat nasarani yang membacanya akan tersentuh hatinya dan menyadari pentingnya hidup secara terhormat, yang kadangkala kita mengadaikannya dan tak menganggap penting demi ambisi untuk kepentingan diri sendiri dalam menjalani kehidupan kesehariannya,terima kasih, terpujilah namamu bapa disurga yg telah menyadarkan kami melalui penulisan artikel ini akan hidup terhormat, Amin

  3. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  4. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang gemilang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang bersinar lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  5. trisna worms
    trisna worms says:

    Segala Hormat,kemuliaan hanya bagi-Mu Bapa…ingatkan aku yg tidak sempurna ini dalam setiap pikiran,tuturkata dan tindakan yg Kau Kehendaki agar berkenan bagi Engkau. Yesus Tolong…Amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *