Soul Surfer: Kehilangan Lengan, Tapi Merangkul Lebih Banyak Orang

Info

soul-surfer

Ulasan oleh Kelty Tjhin

Soul Surfer adalah film yang diangkat dari kisah nyata Bethany Hamilton, seorang peselancar profesional dari Amerika Serikat. Selamat dari serangan ikan hiu saat sedang berlatih, Bethany harus kehilangan lengan kirinya. Kejadian itu membuatnya sangat terpukul. Ia sempat bertanya kepada pemimpin komselnya, “Mengapa Tuhan mengizinkan ini terjadi? Aku tidak mengerti.”

Namun, serangkaian peristiwa kemudian mengubahkan cara pandang Bethany. Ia akhirnya kembali bangkit, tidak membiarkan kekurangan fisik melumpuhkan hidupnya. Perjuangan hidupnya menginspirasi banyak remaja yang memiliki kelemahan fisik. Dalam sebuah wawancara Bethany menyatakan tidak menyesali kehilangan lengannya:

“Aku tidak ingin mengubah apa yang terjadi padaku, karena itu akan membuatku kehilangan kesempatan ini, di hadapan kamu semua, untuk merangkul lebih banyak orang daripada yang dapat aku rangkul saat aku mempunyai dua lengan…”

Film ini menyajikan hal yang sangat realistis. Bukankah dalam kehidupan ini, kita sering mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi? Kisah Bethany mengingatkan kita untuk tidak menyamakan perspektif manusia dengan perspektif Allah. Apa yang dilihat baik oleh kita belum tentu baik di mata Allah. Namun, apa yang baik di mata Allah sudah pasti baik untuk kehidupan kita.

Aku teringat janji Tuhan kepada umat-Nya dalam Yeremia 29:11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Dengan mengimani bahwa Tuhan memiliki rancangan yang baik bagi anak-anak-Nya, kita dapat menghadapi setiap situasi yang tidak ideal dengan sikap yang positif. Kita tidak menyerah, kita terus berjuang, karena kita tahu Tuhan dapat memakai kelemahan kita untuk menguatkan orang lain, membawa mereka untuk melihat kehebatan kuasa-Nya!

Informasi Film:

Judul : SOUL SURFER
Sutradara : Sean McNamara
Penulis : Sean McNamara, Deborah Schwartz, Douglas Schwartz , dan Michael Berk
Tahun rilis : 2011

Baca Juga:

Tuhan Tahu Aku Butuh Penyakit Ini Agar Aku Berbalik Kepada-Nya

Dahulu, Mary adalah seorang yang amat berambisi. Mary ingin menjadi mahasiswi terbaik sehingga semua orang melihatnya. Namun kemudian keadaannya menjadi berbalik, ketika dia mulai kehilangan semua hal yang dia miliki: pekerjaan impiannya, pacarnya, dan kesehatannya.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 07 - Juli 2016: Memaknai Momen Sengsara, Pena Kamu, Tema, Tema 2016, Ulasan Film

1 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!