Menerima Sebuah Pelajaran

Info

Senin, 11 Juli 2016

Menerima Sebuah Pelajaran

Baca: Filipi 4:10-19

4:10 Aku sangat bersukacita dalam Tuhan, bahwa akhirnya pikiranmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. Memang selalu ada perhatianmu, tetapi tidak ada kesempatan bagimu.

4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.

4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

4:14 Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku.

4:15 Kamu sendiri tahu juga, hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan Injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaatpun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu.

4:16 Karena di Tesalonikapun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku.

4:17 Tetapi yang kuutamakan bukanlah pemberian itu, melainkan buahnya, yang makin memperbesar keuntunganmu.

4:18 Kini aku telah menerima semua yang perlu dari padamu, malahan lebih dari pada itu. Aku berkelimpahan, karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafroditus, suatu persembahan yang harum, suatu korban yang disukai dan yang berkenan kepada Allah.

4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. —Filipi 4:11

Menerima Sebuah Pelajaran

Mary adalah seorang janda yang sedang mengalami masalah serius dengan kesehatannya. Mary diajak pindah oleh putrinya ke kompleks apartemen baru untuk orang lanjut usia yang terletak di sebelah rumah sang putri. Meski Mary harus tinggal jauh sekali dari teman-teman dan kerabatnya yang lain, ia tetap bersukacita atas pemeliharaan Allah.

Enam bulan setelah menjalani hidup barunya, sukacita dan kecukupan diri yang Mary rasakan mulai memudar. Ia pun tergoda untuk menggerutu dalam hati dan meragukan apakah kepindahan itu merupakan rencana Allah yang paling tepat baginya. Ia merindukan sahabat-sahabat seimannya, dan lokasi gereja barunya terlalu jauh untuk dicapainya sendiri.

Kemudian ia membaca sesuatu yang ditulis oleh Charles Spurgeon, seorang pengkhotbah besar di abad ke-19. “Kecukupan diri adalah salah satu berkat dari surga, karena itu harus dikembangkan,” jelas Spurgeon. “Paulus berkata . . . ‘Aku telah belajar mencukupkan diri,’ seolah-olah ia pernah tidak tahu bagaimana mencukupkan dirinya.”

Mary menyimpulkan bahwa jika penginjil besar seperti Paulus— yang pernah dipenjara, ditinggalkan teman-temannya, dan menghadapi hukuman mati—dapat belajar mencukupkan diri, maka ia juga bisa.

“Aku menyadari jika aku belum belajar mencukupkan diri, aku takkan menikmati segala sesuatu yang telah Allah rencanakan,” kata Mary. “Maka aku pun mengakui sungut-sungut dalam hatiku dan memohon pengampunan-Nya. Tak lama setelah itu, ada seorang wanita yang baru pensiun memintaku untuk menjadi rekan doanya, dan ada seseorang yang menawariku tumpangan untuk pergi bersama ke gereja. Kebutuhanku untuk mempunyai sahabat dan tumpangan telah dijawab Tuhan dengan indah.” —Marion Stroud

Adakah bagian dalam hidup di mana kamu perlu belajar mencukupkan diri? Mintalah kepada Allah untuk menolongmu sekarang.

Allah tidak selalu mengubah keadaan kita, tetapi Dia pasti akan mengubah diri kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 1-3; Kisah Para Rasul 17:1-15

Artikel Terkait:

4 Cara Mudah Mengenali Pengeluaran yang Berlebihan

Uang adalah suatu alat tukar yang netral. Sumber permasalahan timbul dari cara kita mengelola dan menggunakan uang kita. Berikut adalah 4 tanda yang dapat dengan mudah kita perhatikan untuk mendeteksi penggunaan uang yang berlebihan dan tidak bijak.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

15 Komentar Kamu

  • Maria Yustina Suwarni

    Tuhan terimakasih atas firmanMu ajarilah kami melalui pimpinan Roh kudus mampu mencukupkan diri dlm segala hal .apa yg kami lakukan perkenan di hadapanNya amin

  • Thank You Jesus

  • Yah Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita yang berada didalam kerajaan surga, kami mengucap syukur atas segala berkat dan kasih sayangmu yang engkau telah berikan didalam kehidupan kami sekeluarga,tuntun dan bimbinglah kami yah Tuhan dengan melalui kuasa rohol kudusmu serta ajarilah kami sekeluasrga untuk menyadari dan mampu untuk memahami arti dari segala kecukupan atas berkat yang telah diberikan kepada kehidupan kami sekeluarga yang telah kami nikmati selama ini, dalam nama Tuhan Yesus kami mengucap syukur dan berterima kasih, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  • mencukupkan diri (bersyukur dan tidak bersungut2 atas keadaan yg kita alami)

  • siap2 mulai beralih ke situasi baru… berubah hampir segalanya 180 derajat… kehilangan bnyk teman… ditinggalkan / menjauh dr saudara2… mncari2 suasana lingkungan baru… prospek yg tdk pasti… hnya Tuhan satu2nya sumber kekuatan…harapan n pegangan hidup…!

  • Tuhan terima kasih Engkau telah mengubah keadaanku dan diriku.amen…

  • Amin ya Tuhanku Yesus yang begitu baik, kiranya aku menjadi hamba yang selalu bersyukur setiap harinya.

  • Trimakasih utk renungan Firman Tuhan yg mengingatkan.Tuhan memberkati. Amin.

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • walaupun sedikit selalu mencukupkan
    terimakasih Tuhan, telah mencukupkan segala hal dalam hidup kami 🙏

  • Tuhan yesus berkati kami kuatkanlah iman kami dengan kuasa Roh kudusMu..Amin

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis jernih murni menang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • bersyukur dengan apa yang dimiliki menjadikan kita bahagia

  • Silvana Enjelina Bander

    Terpujilah Kristus!!!

Bagikan Komentar Kamu!