Lebih dari yang Kita Butuhkan

Info

Sabtu, 9 Juli 2016

Lebih dari yang Kita Butuhkan

Baca: 2 Petrus 1:1-10

1:1 Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.

1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,

1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

1:9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.

1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

Kuasa ilahi [Allah] telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh. —2 Petrus 1:3

Lebih dari yang Kita Butuhkan

Di sebuah ladang di wilayah pedesaan Inggris, G. K. Chesterton tiba-tiba bangkit dari tempat duduknya dan tertawa terbahak-bahak. Luapan sukacitanya terdengar sangat keras hingga mengejutkan sapi-sapi yang merumput di sekitarnya.

Padahal beberapa menit sebelumnya, sang penulis dan pembela iman Kristen itu merasa murung. Sore itu, ia sedang mengitari perbukitan sambil menggambar sketsa di atas kertas cokelat dengan menggunakan kapur berwarna. Namun ia kecewa karena tidak mempunyai kapur putih, yang menurutnya sangat penting untuk karya Seninya itu. Tidak lama kemudian, ia mulai tertawa ketika menyadari bahwa tanah yang diinjaknya adalah batu kapur berpori—sumber alam yang menghasilkan kapur putih. Ia pun mengambil sebongkah kecil batu itu dan menggunakannya untuk menggambar.

Seperti Chesterton, yang menyadari bahwa ia sedang duduk di atas gunung kapur yang sangat besar, orang percaya memiliki sumber daya rohani yang tak terbatas dari Allah dan yang dapat digunakan setiap waktu. “Kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia” (2Ptr. 1:3).

Mungkin kamu merasa sedang kekurangan sejumlah elemen penting yang dibutuhkan untuk menjalani hidup saleh, seperti iman, kasih karunia, atau hikmat. Jika kamu mengenal Kristus, kamu memiliki segala sesuatu yang kamu butuhkan, bahkan lebih daripada itu. Melalui Yesus, kamu memiliki akses kepada Bapa, yang dengan penuh kasih menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan orang percaya. —Jennifer Benson Schuldt

Ya Tuhan, ampunilah aku karena telah mengabaikan kuasa-Mu dan mencoba hidup dengan kekuatanku sendiri. Aku tak sanggup melakukannya. Terima kasih karena Engkau menyediakan segala sesuatu yang kubutuhkan.

Allah memiliki kuasa yang tak terbatas.

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 38-40; Kisah Para Rasul 16:1-21

Artikel Terkait:

Ibu, Terima Kasih untuk Teladanmu yang Luar Biasa

“Ibuku adalah salah satu wanita paling luar biasa yang pernah aku tahu. Setelah ayahku meninggal pada tahun 2011, ia tetap berjuang demi ketiga anaknya.”
Baca kesaksian Charlotte selengkapnya di dalam artikel ini.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

15 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!