Meninggalkan Masa Lalu

Info

Selasa, 28 Juni 2016

Meninggalkan Masa Lalu

Baca: 2 Korintus 5:12-21

5:12 Dengan ini kami tidak berusaha memuji-muji diri kami sekali lagi kepada kamu, tetapi kami mau memberi kesempatan kepada kamu untuk memegahkan kami, supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah.

5:13 Sebab jika kami tidak menguasai diri, hal itu adalah dalam pelayanan Allah, dan jika kami menguasai diri, hal itu adalah untuk kepentingan kamu.

5:14 Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati.

5:15 Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

5:16 Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.

5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

5:18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

5:19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

5:20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru. —2 Korintus 5:17

Meninggalkan Masa Lalu

Chris Baker adalah seorang seniman pembuat tato yang mengubah lambang penderitaan dan perbudakan menjadi karya seni. Banyak dari pelanggannya adalah mantan anggota geng dan korban perdagangan manusia yang telah ditato dengan nama, simbol, atau kode tertentu sebagai identitas mereka. Chris mengubah tato-tato tersebut menjadi karya seni yang indah dengan cara menato gambar yang baru di atas tato mereka yang lama.

Apa yang dilakukan Chris Baker terhadap kulit, dilakukan Yesus terhadap jiwa manusia. Yesus menerima kita apa adanya dan mengubahkan kita. Alkitab mengatakan, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” (2Kor. 5:17). Sebelum mengenal Kristus, kita tak berdaya mengikuti keinginan kita sendiri, dan gaya hidup kita mencerminkan hal itu. Ketika kita bertobat dan mulai berjalan bersama Kristus, hidup kita diubahkan dan nafsu serta dosa yang pernah menguasai kehidupan lama kita pun semakin memudar (1Kor. 6:9-11). “Semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya” (2Kor. 5:18).

Namun, hidup sebagai “ciptaan baru” tidak selalu mudah. Dibutuhkan waktu untuk melepaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan lama. Kita mungkin bergelut dengan berbagai pemikiran yang mendasari gaya hidup kita yang lama. Namun seiring berjalannya waktu, Roh Kudus yang diutus Allah bekerja di dalam diri kita dan memberi kita kekuatan hati dan pemahaman tentang kasih Kristus. Sebagai ciptaan baru Allah yang indah, kita bebas melangkah untuk meninggalkan masa lalu. —Jennifer Benson Schuldt

Tuhan Yesus, terima kasih untuk kuasa kemenangan-Mu atas maut dan kuasa kebangkitan-Mu. Berkat kemenangan-Mu atas dosa, aku dapat diampuni dan menikmati hidup baru di dalam Engkau.

Untuk menikmati masa depan, terimalah pengampunan Allah atas masa lalumu.

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 11-13; Kisah Para Rasul 9:1-21

Artikel Terkait:

Keluarga Ya Kayak Gini …

Apakah masalah-masalah dalam keluarga membuatmu pesimis? Keluarga kok kayak gitu? Sheila May belajar bahwa langkah terbaik untuk mulai mengurai benang kusut dalam keluarga yang jauh dari ideal adalah dengan menerima bahwa “Keluarga ya kayak gini…”

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

11 Komentar Kamu

  • Ketika kita bertobat dan mulai berjalan bersama Kristus, hidup kita diubahkan dan nafsu serta dosa yang pernah menguasai kehidupan lama kita pun semakin memudar… Namun, hidup sebagai “ciptaan baru” tidak selalu mudah. Dibutuhkan waktu untuk melepaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan lama. Kita mungkin bergelut dengan berbagai pemikiran yang mendasari gaya hidup kita yang lama. Namun seiring berjalannya waktu, Roh Kudus yang diutus Allah bekerja di dalam diri kita dan memberi kita kekuatan hati dan pemahaman tentang kasih Kristus. AMIN.

  • kesaksian saya sendiri meyakinkan hal itu sebagaimana yang saya alami dalam kehidupanku saat ini, dimana bekat hidup baru yang Tuhan Yesus masih memberikan kesempatan saya telah berubah, dari kehidupanku yang lalu, dimana tidak menhiraukan akan firman kebenaran yang Tuhan kehendaki didalam kehidupanku yang saat itu sangat glamor yang sangat mementingkan nafsu hasrat kedaginganku saja, sehingga aku di peringati oleh Tuhan dengan mengalami Strook berat yang menimpa diriku menyebabkan pecah pembuluh darah di otak sebelah kanan depan kepalaku, hingga aku merasa lumpuh disebelah kaki kiri dan tangan kiriku dan harus mengalami perawatan sebulan di R.S.DR.Wahidin Makasar, Puji Tuhan atas berkat kasih sayangnya saya masih diberikan kesempatan untuk kesembuhan dan saat ini masih dalam taraf menjalani pemulihan,terpujilah namamu bapa disurga, Amin.

  • Terima kasih Tuhan Yesus

  • Hana Gratia Apriliani

    puji Tuhan makjlebb :’)

  • puji Tuhan… pak Melvin Tobondo… sungguh tak terbatas kasih Tuhan Yesus kpd kita semua… hingga selalu mmberi ksempatan kpd kita kembali pd Dia… salam kenal ya pak… cepat pulih kembali… kami turut bersukacita… GBU…

  • Doa adalah Hak istimewa tertinggi kita & wahana paling efektif utk membawa kita memasuki Hadirat suci Tuhan…

    Gb

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • thx lord jesus: ) terus pimpin langkaglh kami ya Aba.. buat sebagai ciptaan yg baru oleh karena Kasih Mu ({})

  • Puji Tuhan, sangat di berkati dengan renungan ini… saya baru bertobat, saya mau kembali ke jalan Tuhan yang Tuhan sediakan… Saya merasa sudah dibebaskan dari dosa kebiasaan saya…

  • ku akan terbang melayang bagaikan bintang dilangit
    meninggalkan masa laluku
    kan kugapai bintang di langit
    bersamaMu Tuhan, kekuatan hidupku.

    makasih Tuhan buat hidup baru yg Engkau berikan pada kami❤

  • Ya Terpujilah Tuhan Yesus. Sesuai dengan firman, saya juga sekarang sedang mengalami pemulihan-pemulihan untuk menjadi ciptaan yang baru. Dimana nafsu dan keinginan daging di kehidupan yang lama itu mulai memudar, dan selalu berpikir untuk melayani, melayani, dan melayani Tuhan.

Bagikan Komentar Kamu!