Hidupmu Mempunyai Maksud

Sabtu, 4 Juni 2016

Hidupmu Mempunyai Maksud

Baca: 1 Petrus 4:7-11

4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

4:9 Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut.

4:10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.

4:11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. —1 Petrus 4:11

Hidupmu Mempunyai Maksud

Pada suatu hari yang terik di Texas bagian Barat, Vania, keponakan saya, melihat seorang wanita berdiri di dekat lampu lalu lintas sambil mengangkat papan yang bertuliskan sesuatu. Ketika mobilnya semakin dekat, Vania berusaha membaca apa yang tertera pada papan tersebut dan mengira bahwa wanita itu hendak meminta sejumlah makanan atau uang. Vania terkejut ketika melihat kata-kata yang tertulis pada papan itu: “Hidupmu Mempunyai Maksud.”

Allah menciptakan setiap dari kita demi suatu maksud yang spesifik. Maksud utamanya adalah untuk membawa kemuliaan bagi-Nya, dan salah satu cara melakukannya adalah dengan melayani kebutuhan sesama (1Ptr. 4:10-11).

Seorang ibu dari anak balita dapat menemukan maksud hidupnya tatkala ia menyeka ingus dari hidung anaknya dan menceritakan tentang Yesus kepada anak-anaknya. Seorang karyawan yang sedang menekuni pekerjaan yang sebenarnya tidak memuaskannya, dapat menemukan maksud hidupnya ketika ia bekerja dengan sungguh-sungguh, karena mengingat Tuhanlah yang ia layani (Kol. 3:23-24). Seorang wanita yang kehilangan penglihatannya masih dapat menemukan maksud hidupnya dengan mendoakan anak-anak dan cucucucunya serta mengarahkan mereka untuk beriman kepada Allah.

Mazmur 139 mengatakan bahwa sebelum kita dilahirkan, “dalam kitab-[Nya] semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk” (ay.16). Kita dijadikan dengan “dahsyat dan ajaib” untuk membawa kemuliaan bagi Pencipta kita (ay.14).

Jangan lupa: Hidupmu mempunyai maksud! —Cindy Hess Kasper

Tuhan, kami sering merasa hidup kami terombang-ambing antara kebosanan dan tantangan. Hari ini, tolonglah kami agar dapat melihat Engkau di tengah keadaan apa pun yang sedang kami hadapi. Tunjukkanlah kepada kami secercah maksud dan makna yang Engkau kehendaki di dalam setiap keadaan.

Sekalipun segala sesuatu tidak lagi terasa berarti, Allah masih mempunyai maksud atas hidupmu.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 21-22; Yohanes 14

Artikel Terkait:

Saat Aku Menyadari Tidak Semua Impian Dapat Menjadi Kenyataan

Pernahkah kamu memiliki banyak keinginan, harapan, dan cita-cita? Sukma Sari pernah. Bahkan dia rajin menuliskan setiap impian dan keinginannya. Namun, suatu ketika, keinginannya tidak bisa terwujud. Apa yang Sukma lakukan? Bagaimana dia menjalani hari dengan impiannya yang hancur itu?

Bagikan Konten Ini
33 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Tuhan Yesus, jadilah akan kehendakmu didalam kehidupanh kami sekeluarga,Amin

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang terus tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. trisna_worms
    trisna_worms says:

    Amin…Trimakasih TeteManis.
    saat aku tak melihat rencanaMu dalam hidupku…Hatiku memilih Percaya bahwa semua yg baik ada dalam rencana indahMu Tuhan

  4. Rika Slarmanat
    Rika Slarmanat says:

    Tuhanku, Engkau tahu apa dan siapa aku. Pakailah aku untuk kemuliaanMu! Aku semakin kuat walau ada badai hidup! Sebab itu aku berterima kasih kepadaMu untuk kekuatan di tengah gurun hidupku 🙂

  5. sasha sibarani
    sasha sibarani says:

    bahkan ketika masa sulit saya seakan ga akan pernah berhenti sekalipun itu semua Tuha punya maksud..mengspesialkan saya dlm tiap maksudnya.trimakasih..

  6. marzon
    marzon says:

    God is too wise, to be mistaken
    God is too good, to be unkind
    So when you don’t understand, when you don’t see His plan
    When you can’t trace His hand
    Trust His Heart

  7. andymarley
    andymarley says:

    d saat kami tdk bsa melihat jlnMU n tdk mengerti rencanaMU.akan tetapi slalu ku pegang janjiMU.krn ku percaya jalanMu adalah yg terbaik buatku

  8. maria
    maria says:

    amiinnn…
    jika hidup yg diberikan Tuhan punya maksud maka kita tinggal menjalani dan menata ny…
    thanks Lord…☺

  9. Maria Yustina Suwarni
    Maria Yustina Suwarni says:

    Jadikan ya Tuhan hidup kami bearti yg senantiasa memuliakan namaMu Amiiiin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *