Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Film “Finding Dory”?

Info

Finding-Dory

Oleh Joanna Hor
Artikel asli dalam bahasa Inggris: Finding Dory: A Fishy Tale of Getting Lost and Found

Tentunya kita masih mengingat seekor ikan biru yang menawan itu: Dory. Meskipun 13 tahun telah berlalu sejak ikan biru yang pelupa dan sering meminta maaf itu diperkenalkan oleh Pixar, masih banyak orang yang memenuhi bioskop untuk menonton Finding Dory—sekuel dari film Finding Nemo, film Disney-Pixar di tahun 2003 yang memenangkan penghargaan Academy Award. Hasilnya? Finding Dory tercatat menghasilkan $136,2 juta di hari penayangan pertamanya, mengalahkan semua film animasi lain di AS. Rekor sebelumnya dipegang oleh film Shrek the Third yang menghasilkan $121,6 juta di hari penayangan pertamanya di tahun 2007.

Ini adalah pencapaian yang sangat besar, mengingat tidak ada hal yang baru tentang petualangan bahari ini. Kita mungkin sudah pernah mengarungi samudera di dalam Finding Nemo, tertawa dan menangis bersama dengan trio Marlin, Nemo, dan Dory, dan belajar tentang pentingnya keluarga dan persahabatan sepanjang menonton film tersebut. Jadi, mengapa sebuah sekuel yang mengulang tema yang sama bisa begitu suksesnya sampai memecahkan rekor dunia animasi?

Jawabannya mungkin karena kita terpana dengan Dory yang amnesia, salah satu karakter pembantu terbaik sepanjang masa yang pernah dibuat oleh Pixar. Dalam petualangan ini—yang terjadi setahun setelah Nemo ditemukan—ikan biru yang begitu menggemaskan ini menjadi karakter utamanya. Setelah dia terseret oleh kumpulan besar ikan pari yang sedang bermigrasi, secuplik ingatannya tiba-tiba terbuka dan itu membuatnya memulai sebuah petualangan untuk mencari orangtuanya. Masalahnya, dia tidak dapat mengingat apa-apa tentang mereka, selain daripada mereka tinggal di “the Jewel of Morro Bay, California”. Yang terjadi selanjutnya adalah sebuah petualangan bahari yang menggetarkan hati bersama dengan sahabatnya, Marlin dan Nemo.

Dalam film ini, kita akan jatuh cinta dengan Dory kecil dengan mata yang besar (yang sering kita lihat dalam ingatan-ingatan masa lalu Dory) dan kita juga akan mengenal karakter-karakter baru seperti Hank, seekor gurita berkaki tujuh yang tangkas, seekor hiu-paus yang lamur dan baik hati bernama Destiny, dan seekor paus labil bernama Bailey. Ketiga karakter ini akan dengan begitu rupa membantu Dory yang menderita ingatan-jangka-pendek untuk menemukan orangtuanya, dan akan membuat kita begitu terpukau.

Namun seperti film-film bagus Pixar lainnya, film Finding Dory bukan hanya tentang humor dan dialog yang jenaka—film itu juga akan menyentuh hati kita. Tema-tema tentang kasih yang tak bersyarat, persahabatan, dan penerimaan akan kelemahan (yang paling jelas, ingatan-jangka-pendek yang diderita Dory) akan memenuhi film yang berdurasi 1 jam dan 45 menit ini, dan akan meninggalkan kesan yang hangat di dalam hati kita.

Apa yang mungkin berhubungan dengan iman kita dari film Finding Dory adalah pesannya yang sederhana namun sangat penting, tentang menemukan jalan pulang. Sebagai orang percaya, kita mengetahui betapa tidak berdayanya kita karena terpisah dari Allah—juga betapa sukacitanya kita ketika ditemukan dan diperdamaikan dengan Allah. Ini membuat kita dapat memahami perasaan Dory ketika dia berpetualang dan berharap untuk dipersatukan kembali dengan mereka yang dia kasihi. Ini juga membuat kita turut bersukacita ketika menyaksikan bagaimana akhirnya dia dipersatukan kembali dengan orangtuanya. Itu adalah sebuah gambaran yang indah tentang kasih yang tak bersyarat—di dalam lautan yang lepas dan juga di dalam hidup kita.

Untuk direnungkan lebih lanjut

1. Pelajaran apa saja yang kamu dapatkan dari film Finding Dory yang membuat hubunganmu dengan Tuhan menjadi lebih erat?

2. Seperti Dory yang begitu rindu untuk bertemu orangtuanya, seberapa besar kerinduan kita untuk bertemu dengan Bapa kita yang di sorga?

3. Seperti Dory yang menderita ingatan-jangka-pendek, apakah kita juga mengalaminya ketika kita melupakan kasih dan kebaikan Tuhan di dalam hidup kita? Apa yang dapat kita lakukan untuk senantiasa mengingat kasih dan kebaikan Tuhan bagi kita?

Yuk bagikan pengalamanmu di dalam kolom komentar di bawah ini!

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 06 - Juni 2016: Mencari Kepuasan Sejati, Pena Kamu, Tema, Tema 2016, Ulasan Film

11 Komentar Kamu

  • Film-film Disney selalu menyimpan makna yang dapat dikaitkan di didalam kehidupan.
    1.
    -Film ini menunjukan betapa kedua orang tua Dory begitu mengasihi Dory meskipun Dory memiliki kelemahan yaitu sering lupa. Begitupun Allah yang begitu mengasihi kita apapun keadaan kita . Allah mengasihi segala kekurangan yang ada pada diri kita, karena kita berharaga di mataNya dan kita ciptaanNya
    -Dalam Film ini kita dapat melihat perjuangan Dory, Nemo, dan Marlin untuk dapat bertemu kepada kedua orangtua Dory. Perjuangan yang sama juga kita butuhkan dalam menjalin relasi dengan Tuhan. Kita harus keluar dari zona nyaman kita dan melakukan yang Tuhan mau.
    -Di hampir bagian akhir Film kita dapat melihat bahwa kedua orangtua Dory menaruh banyak kerang menuju tempat tinggal mereka. Bahkan Dory bertemu kedua orang tuanya yang sedang memegang kerang. Artinya orang tuanya terus berjuang agar anaknya dapat kembali pulang.
    Begitu pun Allah yang terus melakukan banyak hal agar kita kembali pulang dan bersekutu denganNya. seperti orang tua Dory yang percaya kepada Dory. Allah pun percaya dan terus berharap kepada kita.

    2. Keriduan bertemu Bapa di surga sangat besar. Karena itulah tujuan mengapa kita di ciptakan. Untuk memuliakanNya dan Bersekutu denganNya.
    Kita dapat memuliakan dan bersekutu dengan sempurna jika kita bertemu Bapa di sorga kelak

    3. Ya Kita sering kali lupa akan kebaikan Tuhan di dalam kehidupan kita, kita lupa akan penyertaannya yang setia ketika kita melewati masa-masa sulit, bahkan kita lupa berkomunikasi(doa) denganNya padahal Allah begitu ingin berelasi dengan kita anak-anakNya.
    Yang bisa kita lakukan dengan membangun relasi yang nyata dengan Allah melalui saat teduh, doa, pembacaan Firman.
    Sangat disarankan membuat KELOMPOK untuk sama-sama bertumbuh ke arah Dia.
    Agar bisa saling mengingatkan ketika anggota kelompok lalai, agar bisa saling menguatkan ketika ada masalah, agar bisa saling mendoakan di dalam menjalani hubungan bersama Allah.

  • daniel stefanus sinaga

    woow

  • jgn lupa peran sahabat2 Dory di sekitarnya… yg penuh perhatian, tulus, tdk hanya mementingkan diri sendiri… sangat sulit mendapatkan banyak teman sejati spt itu dlm kehidupan nyata… bisakah kita jg mnjadi sahabat sempurna spt itu bagi sesama kita yg sedang membutuhkan jg..?

  • 1. Mengasihi, seringkali kita lupa akan kasih Allah kepada kita dan yang senantiasa menolong dlm keadaan apapun kita umat-Nya ini. Dalam Film Finding Dory juga mengajarkan kita bgaimna prjuangan Dory dan sahabat-sahabat nya untuk bertemu dgn orgtuanya, kita sebagai umat ciptaan Allah kita jga harus memperjuangkan apa yang kita butuhkan yaitu dalam menjalin relasi dengan Tuhan. 2. pastinya kerinduan kita sangat besar untuk bertemu dengan Bapa di sorga, maka dri itu kita sbgai umat ciptaan-Nya Muliakanlah Dia, Bersekutu dengan-Nya, dan Memuji nama-Nya. 3. Memang kita sebagai umat-Nya sering kali melupakn kebaikan-Nya, penyertaan-Nya, dan sering kali juga kita lupa berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa, tetapi Tuhan senantiasa menuntun kita lagi agar kita dpt membangun relasi dengan-Nya melalui Saat teduh, Doa, membaca Firman Tuhan.
    GodBless

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • saya belum nonton, jadi pertanyaan akan saya jawab setelah itu. salam

  • filmnya bagus

  • Pardamean Panjaitan

    Nice sharing.
    D-atang kpd Tuhan melalui doa
    O-ptimis akan penyertaan-Nya
    R-esapi Firman-Nya
    Y-esuslah jawaban
    May God bless us all.

  • maa…saya belum nonton filmnya

  • Greaaaaatttt!
    Even there is an awesome powerful God message in simple animation movie!

  • Greaaaaatttt! Even there is an awesome powerful God message in simple animation movie!

Bagikan Komentar Kamu!