Roh Kudus yang Dijanjikan

Info

Sabtu, 7 Mei 2016

Roh Kudus yang Dijanjikan

Baca: 2 Raja-Raja 2:5-12

2:5 Pada waktu itu mendekatlah rombongan nabi yang ada di Yerikho kepada Elisa serta berkata kepadanya: “Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?” Jawabnya: “Aku juga tahu, diamlah!”

2:6 Berkatalah Elia kepadanya: “Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke sungai Yordan.” Jawabnya: “Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau.” Lalu berjalanlah keduanya.

2:7 Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan.

2:8 Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering.

2:9 Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.”

2:10 Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.”

2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

2:12 Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.

Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.” —2 Raja-Raja 2:9

Roh Kudus yang Dijanjikan

Kegigihan dan keberanian—dua sifat yang menonjol dari Elisa. Meluangkan waktu bersama Elia telah membuat Elisa menyaksikan cara Tuhan bekerja melalui nabi-Nya dengan melakukan mukjizat dan menyatakan kebenaran di tengah zaman yang bengkok. 2 Raja-Raja 2:1 bercerita tentang Elia yang hendak diangkat Tuhan ke surga, dan Elisa yang tidak ingin Elia pergi.

Ketika tiba waktunya untuk perpisahan yang ditakutkannya itu, Elisa tahu bahwa ia membutuhkan apa yang Elia miliki untuk dapat melanjutkan pelayanannya dengan baik. Elisa pun mengajukan sebuah permintaan yang berani kepada Elia: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu” (2Raj. 2:9). Permohonan Elisa yang terang-terangan itu merujuk pada dua bagian yang diberikan kepada anak sulung atau penerus takhta yang sah menurut hukum (Ul. 21:17). Elisa ingin diakui sebagai penerus Elia yang sah, dan Tuhan menyetujuinya.

Baru-baru ini salah seorang wanita yang menjadi mentor saya, dan setia memberitakan Injil Kristus, telah meninggal dunia. Setelah berjuang dengan penyakitnya selama bertahun-tahun, ia telah siap untuk bertemu dengan Tuhan yang dikasihinya. Kami yang mengasihinya sangat bersyukur karena akhirnya ia terbebas dari sakit dan dapat menikmati kehadiran Tuhan, meskipun kami merasakan kehilangan kasih dan teladannya. Namun, ia tidak meninggalkan kami sendirian, sebab kami juga mengalami kehadiran Allah dalam hidup kami.

Elisa menerima dua bagian dari roh Elia—suatu keistimewaan dan berkat yang luar biasa. Kita, yang hidup setelah kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus, juga memiliki Roh Kudus yang dijanjikan-Nya. Allah Tritunggal diam bersama kita! —Amy Boucher Pye

Ya Tuhan, kami ingin makin serupa dengan-Mu. Tolonglah kami untuk menjadi saksi Roh-Mu yang tinggal di dalam diri kami.

Ketika Kristus naik ke surga untuk tinggal bersama Bapa, Dia mengutus Roh-Nya untuk tinggal bersama kita.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-Raja 1-3; Lukas 24:1-35

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

18 Komentar Kamu

  • Melfa She Lala He

    trimakasih Tuhan Engkau tak pernah meninggalkan kami sendiri. biarlah Roh KudusMu tetap tinggal dihati kami, amin.

  • Terimakaish Tuhan untuk kasih setiaMu..sungguh dahsyat tuhan.biyar lah kami di pimpin kuasa roh mu..dan mampukan kami mejadi kehenak Mu serupa dengan Tuhan.

  • Jeanne Sarira Mangiwa

    Amin

  • Tuhan terima kasih untuk Roh Kudus yang senantiasa menyertai saya setiap saat. Tetap lah tinggal dalam saya, karena tanpa Roh Kudus maka saya akan binasa… Amen

  • Saya memohon doa untuk sahabat saya yang sedang koma di ruang ICU akibat kecelakaan. Atas seizin Tuhan, kira Tuhan memberikan mujizatNya untuk Yoan Kaban agar kembali sadar dan diberikan pemulihan. Tuhan tolong selamatkan sahabatku

  • Amalia Patabang

    Terima kasih buat Roh KudusMu Tuhan

  • menjadi seperti yg Kau inginkan itulah kerinduan hatiku

  • Saat aku sendirian aku merasa ditinggalkan seseorang tetapi aku tahu ROH KUDUS menemani aku dan aku bersyukur.

  • amen

  • James Timothy Sinurat

    Ya Tuhan, kami ingin makin serupa dengan-Mu. Tolonglah kami untuk menjadi saksi Roh-Mu yang tinggal di dalam diri kami. Penihilah hati kami dengan urapanmu. mampukanlah kami untuk berjalan menuruti firmanmu dan melakukan segala perintahmu terimakasih untuk penyertaan dan anugrahmu pagi ini terpujilah namamu Tuhan Yesus.

  • Terimakasih buat firmanMu pagi ini Tuhan, amin

  • Iras Aprient Mangge

    kiranya Roh kudus Tuhan trus menguatkan kita melanjutkan Misi Tuhan di dunia ini.

  • Roh Kudus, roh Tuhan-ku Yesus…pimpinlah roh-ku dalam menjalani kehidupan-ku. Amin.

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • benedikta yuliandini

    amiiinn

  • Jika saat ini TUHAN berkata, apa yg ingin KU berikan pdamu, katakanlah ? Apa yg kita minta ? Pasti sesuatu yg membuat kita senang, bahagia, sehat dan sejahtera dan terakhir masuk kesorga, namun Elisa meminta kekuatan, penyertaan TUHAN untuk menuntun nya menyelesaikan Tugas yg dibebankan baginya selanjutnya, itulah seharusnya kita minta, kekuatan dan penyertaan TUHAN untuk hidup kita agar dapat menghadapi badai cobaan di depan agar dapat menyelesaikan RENCANA TUHAN dalam hidup kita masing masing dgn tekun dan tetap benar dihadapan TUHAN

  • Tuhan Yesus naik ke sorga bukan berarti meninggalkan kita tetapi membagi diri-Nya menjadi dua. Yang satu di atas sorga dan di dunia bersama kita yang percaya dalam bentuk roh kudus yang dikaruniakan pada kita.
    Semoga kita senantiasa percaya akan janji Tuhan dan rancangan-Nya dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati. Amin

  • Debora Eka Christina

    Amin.
    Terima kasih Tuhan utk RohMu yg selalu menyertai q.

Bagikan Komentar Kamu!