Karya Literatur Agung

Info

Kamis, 19 Mei 2016

Karya Literatur Agung

Baca: Mazmur 119:97-104

119:97 Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.

119:98 Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku, sebab selama-lamanya itu ada padaku.

119:99 Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.

119:100 Aku lebih mengerti dari pada orang-orang tua, sebab aku memegang titah-titah-Mu.

119:101 Terhadap segala jalan kejahatan aku menahan kakiku, supaya aku berpegang pada firman-Mu.

119:102 Aku tidak menyimpang dari hukum-hukum-Mu, sebab Engkaulah yang mengajar aku.

119:103 Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku.

119:104 Aku beroleh pengertian dari titah-titah-Mu, itulah sebabnya aku benci segala jalan dusta.

 

Betapa manisnya janji-Mu itu . . . lebih dari pada madu bagi mulutku. —Mazmur 119:103

Karya Literatur Agung

Belum lama ini, saya membaca sebuah artikel yang menjelaskan tentang apa yang dianggap sebagai karya literatur agung. Penulisnya berpendapat bahwa karya yang agung “akan mengubahmu. Setelah membacanya, kamu akan menjadi seorang yang berbeda.”

Jika kita mengikuti pandangan tersebut, Alkitab akan dapat digolongkan sebagai karya literatur agung. Bacaan Alkitab selalu menantang kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Beragam kisah kepahlawanan dalam Alkitab menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang berani dan tabah. Kitab-kitab hikmat dan nubuat mengingatkan kita tentang bahaya dari menjalani hidup dengan mengikuti naluri manusiawi yang berdosa. Allah berbicara melalui berbagai penulis untuk menulis mazmur-mazmur yang mengubahkan hidup kita. Ajaran Yesus membentuk karakter kita agar menjadi semakin serupa dengan-Nya. Surat-surat Paulus mendorong pikiran dan perbuatan kita pada kekudusan hidup. Lewat pertolongan Roh Kudus yang mengingatkan kita pada ayat-ayat Kitab Suci, setiap bagian firman Allah pun menjadi sarana yang berkuasa untuk mengubah hidup kita.

Penulis Mazmur 119 mencintai firman Allah karena pengaruhnya yang telah mengubah hidupnya. Ia menyadari bahwa Taurat Tuhan yang diwariskan oleh Musa itu menjadikannya lebih bijaksana dan berakal budi daripada semua pengajarnya (ay.99). Firman itu menjauhkannya dari segala jalan kejahatan (ay.101). Tak heran ia berseru, “Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari” dan “Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku” (ay.97,103).

Nikmatilah sukacita dari membaca karya literatur agung, terutama Alkitab, firman Allah yang berkuasa mengubahkan hidup! —Joe Stowell

Tuhan, terima kasih untuk firman-Mu dan pengaruhnya yang dahsyat dalam hidupku. Tolonglah aku untuk belajar menerapkan kebenarannya.

Dengan firman Allah, Roh Allah berkarya mengubah umat Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 7-9; Yohanes 6:22-44

Artikel Terkait:

5 Hal yang Menolongku Bertekun Membaca Alkitab

Apakah kamu kesulitan untuk membaca Alkitab secara teratur? Yuk baca kesaksian Sandy tentang hal-hal yang menolongnya bertekun membaca Alkitab. Siapa tahu hal-hal itu juga bisa menolongmu.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

23 Komentar Kamu

  • benedikta yuliandini

    amiinnn.

  • Kiranya kita senantiasa bertekun merenungkan FirmanNya dan dituntun mengikuti kehendakNya..

  • Zefanya Kusaka Bramantyo

    ajar kami ya Tuhan untuk selalu berpegang teguh denganMu berkati kami agar selalu menggunakan FirmanMu dalam setiap perbuatan kami dan kuatkanlah iman kami agar selalu berpegang kepadaMu terima kasih Tuhan Yesus Amin

  • semoga aku bisa melakukakan tanggung jawabku dengan maximal

  • FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
    FirmanMu berkata Kau besertaku, maka kuat Roh dan jiwaku. Amin.

  • Cici Petrisia Panjaitan

    Terpujilah Tuhan dengan segala karyaNya

  • Amin

  • David Agung Nugroho

    amin, diberkatilah engkau oleh Tuhan

  • Mampukan saya Tuhan utk menerapkan firman-Mu dalam kehidupan ini. Terimakasih Bapa , amin.

  • Bersyukur berkesempatan menikmati literature agung-Mu, yg mengajarkanku mengenal jalan2-Mu dan menuntunku ke dalam kehendak-Mu. Terpujilah Allah kita

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • DuMa Rindu Lestari

    amin..

  • Pardamean Panjaitan

    literatur yg hebat adalah yg mampu mengubahkan hidup si pembacanya.
    Great devotions. Jesus bless us! ☺

  • Semoga, firman yang saya dengar hari ini, terus memberi saya kekuatan untuk memilih keputusan terbijak dan terbajik dalam kehidupan saya. Yang menyehatkan saya secara jasmani dan rohani. Yang memberi saya tuntunan, pengertian, dan kebijaksanaan dalam mengambil pertimbangan dalam segala sesuatu. Haturnuhun Gusti!

  • priscilla hartono

    Alkitab adalah salah satu karya literatur agung yg menjadi panutan dlm kehidupan kita. Ketika kita menyimpang, maka FirmanNya akan segera bekerja mengingatkan kita untuk kembali ke jalan yg telah Tuhan sediakan bagi setiap kita.

  • Hartje PG Pongantung

    Amin, ayooo….baca alkitab stiap hari!

  • Mazmur 119 : 101 terhadap segala jalan kejahatan aku menahan kaki ku, supaya aku berpegang pada FIRMANMU, adakah dalam hidup kita melakukan Firman ini, menjauhi dosa agar kita tetap berpegang pada FIRMAN, bukan karena ada HUKUMAN, tapi karena ada KERINDUAN untuk BERKENAN kepada TUHAN, apakah kita berdoa pada pagi hari memohon agar diberi kekuatan untuk melakukan dan berpegang teguh pada ketetapan Firman Tuhan sepanjang hari ? Mari jangan hanya menjadi orang Kristen yg selalu meminta berkat, jadilah orang Kristen yg memengang teguh Firman dan menjauhi kejahatan.

  • firman Tuham ya dan amin…

  • Kristin S Silaban

    Kuasa firman sanggup mengubah sikap hati manusia, mengajarkan hal baik dan mendewasakan iman setiap yg membaca, merenungkan dan melakukan perintahNya dalam hari jari yg kita jalani.

  • Albherd Hutasoit

    terima kasih atas karya literaturmu yg agung ya Tuhan

Bagikan Komentar Kamu!