Bagaimana Seandainya Tidak Ada Gereja?

Info

Bagaimana seandainya tidak ada gereja?
Bagaimana jika bangunan yang kita sebut gereja dirobohkan oleh pemerintah atau hancur karena bencana alam?
Bagaimana jika tidak ada lagi organisasi-organisasi “gereja”?
Bagaimana jika tidak ada lagi para pengurus yang mempersiapkan kebaktian mingguan atau tidak ada lagi pengkhotbah yang mengajar?
Apa yang akan kamu lakukan?

Akankah kamu masih akan bertemu… untuk berdoa dan menyembah Tuhan bersama?
bagaimana-seandainya-tidak-ada-gereja-01

Tuhan menginginkan kita untuk menyembah Dia baik secara pribadi maupun bersama di dalam sebuah komunitas. Mengapa? Karena “kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” (Roma 12:5). Penggambaran tentang pengikut-pengikut Kristus ini akan menjadi tidak berarti jika kita menyembah Tuhan sendiri-sendiri saja.

Akankah kamu masih akan bertemu… untuk belajar firman Tuhan bersama?
bagaimana-seandainya-tidak-ada-gereja-02

Kamu mungkin dapat membaca banyak tafsiran Alkitab dan bahan pendalaman Alkitab, tapi kemudian kamu akan menyadari bahwa kamu membutuhkan bantuan untuk memahami firman Tuhan dengan lebih baik, dan bimbingan untuk mengaplikasikannya di dalam hidupmu.

Akankah kamu masih akan bertemu… untuk saling membantu, menguatkan, dan membangun satu sama lain?
bagaimana-seandainya-tidak-ada-gereja-03

Perjalanan hidup pengikut Kristus akan melalui berbagai cobaan, kesukaran, dan tantangan, yang berarti itu akan sulit untuk dijalani sendirian. Ada masa-masa di mana kita membutuhkan suara sesama kita, pelukan yang menghibur kita, atau sebuah telinga yang mau mendengarkan kita, untuk menolong kita melalui masa-masa tersulit kita dan mengingatkan kita bahwa kita tidak sendirian.

Akankah kamu masih akan bertemu… untuk bersekutu bersama?bagaimana-seandainya-tidak-ada-gereja-04

Kecuali kamu adalah seorang pertapa atau seorang yang sangat antisosial, kamu akan membutuhkan kebersamaan bersama dengan teman-teman kita. Bukan hanya untuk di masa duka, tapi juga di masa suka.

Akankah kamu masih akan bertemu… untuk menyambut petobat baru ke dalam tubuh Kristus?
bagaimana-seandainya-tidak-ada-gereja-05
Persekutuan akan menyambut petobat baru, memperkenalkannya ke anggota-anggota tubuh Kristus yang lain dan menunjukkan kepadanya bahwa dia juga adalah bagian dari kesatuan dari mereka yang percaya kepada Tuhan yang sama dan yang akan menguatkan dia untuk menjalani hari-hari ke depan.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 05 - Mei 2016: Memilih Bertumbuh Bersama, Ruang Seni Kamu, Tema 2016

Ayo berikan komentar yang pertama!

Bagikan Komentar Kamu!