Pemeriksaan Hati

Rabu, 13 April 2016

Pemeriksaan Hati

Baca: Lukas 12:22-34

12:22 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.

12:23 Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian.

12:24 Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu!

12:25 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?

12:26 Jadi, jikalau kamu tidak sanggup membuat barang yang paling kecil, mengapa kamu kuatir akan hal-hal lain?

12:27 Perhatikanlah bunga bakung, yang tidak memintal dan tidak menenun, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

12:28 Jadi, jika rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api demikian didandani Allah, terlebih lagi kamu, hai orang yang kurang percaya!

12:29 Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan janganlah cemas hatimu.

12:30 Semua itu dicari bangsa-bangsa di dunia yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu tahu, bahwa kamu memang memerlukan semuanya itu.

12:31 Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.

12:32 Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

12:33 Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.

12:34 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. —Lukas 12:34

Pemeriksaan Hati

Dalam perjalanan menuju Chicago dengan kereta api, saya selalu menaati “norma tak tertulis” yang berlaku—seperti jangan berbicara dengan penumpang di sebelahmu yang tidak kamu kenal. Hal itu sulit bagi orang seperti saya, karena saya suka berbicara dengan orang-orang yang baru saya kenal! Meskipun saya berhasil berdiam diri sepanjang perjalanan, saya menyadari bahwa saya masih bisa belajar sesuatu tentang orang lain berdasarkan bagian surat kabar yang mereka baca. Karena itu, saya suka memperhatikan bagian mana yang pertama-tama mereka baca: Bisniskah? Olahraga? Politik? Berita aktual? Pilihan mereka akan mengungkapkan minat mereka.

Pilihan kita selalu mengungkapkan sesuatu tentang diri kita. Tentu saja, Allah tidak perlu menunggu dan melihat pilihan kita untuk mengetahui apa yang ada di dalam hati kita. Hal-hal yang menyita waktu dan perhatian kitalah yang menyatakannya. Yesus berkata, “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada” (Luk. 12:34). Terlepas dari apa yang kita mau Dia pikirkan tentang kita, kondisi sesungguhnya dari hati kita jelas terlihat dari cara kita menggunakan waktu, uang, dan talenta kita. Jika kita menginvestasikan segala hal yang kita miliki itu pada hal-hal yang dipedulikan Allah, itu mengungkapkan bahwa hati kita memang selaras dengan hati-Nya.

Hati Allah sangat peduli pada kebutuhan umat manusia dan perluasan Kerajaan-Nya. Apa yang akan dikatakan Allah dan orang lain tentang prioritas hatimu ketika mereka melihat pilihan-pilihan hidupmu? —Joe Stowell

Tuhan, aku ingin hatiku selaras dengan hati-Mu. Ampunilah aku yang memberikan hati pada hal-hal yang kurang bernilai, dan ajarlah aku bersukacita dalam menginvestasikan waktuku untuk melayani-Mu. Terima kasih.

Di mana hartamu berada?

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 22-24; Lukas 12:1-31

Bagikan Konten Ini
40 replies
  1. Suswanto Ppkri
    Suswanto Ppkri says:

    Ya Tuhan Allah yang hidup ajarlah aku ketetapan jalanMu yang hendak selaras kebenaran mu ya Tuhan.
    Ampuni aku akan hidup kekuatiranku.

  2. Nova Imanuel
    Nova Imanuel says:

    sangat sulit di zaman skg untuk melakukan hal ini., ttp syukur bagi Allah yg sll setia membrikan bimbinganNya bagi kita semua untuk melakukan kehendakNya

  3. Constantine
    Constantine says:

    PUJI TUHAN! WARNING! (buat temen” yang suka menghabiskan waktunya kebanyakan buat main games) XD Jesus Bless

  4. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata besar selama – lamanya buat kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  5. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  6. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik bahagia murni penuh menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  7. Rudy Risteruw
    Rudy Risteruw says:

    Puji Tuhan media santapan harian ini biarlah menjadi berkat bagi banyak orang, untuk kemuliaan bagi nama Tuhan Bless U All

  8. ellen
    ellen says:

    apa yg menjadi keinginan hati pasti akan terpancar dari perbuatannya, selalu berjaga-jaga dan minta pertolongan kuasa Roh Kudus.

  9. evaline
    evaline says:

    Tuhan, aku ingin hatiku selaras dengan hati-Mu. Ampunilah aku yang memberikan hati pada hal-hal yang kurang bernilai, dan ajarlah aku bersukacita dalam menginvestasikan waktuku untuk melayani-Mu. Terima Kasih Tuhan Yesus. amin

  10. Jimmy Agung Silitonga
    Jimmy Agung Silitonga says:

    Tuhan, terimakasih atas berkatmu. Berikanlah apa yang saya butuhkan pada hari ini. Amin

  11. Dessy Yunike
    Dessy Yunike says:

    ajarlah aku Tuhan utk jgn kuatir akan hari2 hidupku ini krn Engkau telah menyediakan semuanya itu bagiku

  12. Rista
    Rista says:

    di rumah. saya selalu berfikir utk mencari uang hanya utk mendandani rumah saya. dan sekarang saya sadar, bahwa itu sama sekali tudak bernilai kekal. ampuni aku ya Bapa.

  13. Indra Setiawan
    Indra Setiawan says:

    Tuhan tidak melarang kita untuk melakukan hal yang sesuai dengan passion kita, yang terpenting adalah apakah hal itu seturut dengan kehendak-Nya karena segala sesuatu yang dapat memberikan dampak positif bagi orang disekitar kita dan lingkungan adalah pelayanan. Firman Tuhan mengajarkan kita untuk tidak khawatir dengan apapun dalam hidup ini karena semuanya sudah ada dalam rencana-Nya. Kita renungkan kembali sikap hidup kita selama ini dalam melakukan pelayanan apakah hati kita betul-betul ikhlas melakukan itu secara maksimal. “Dimana hartamu berada disitu hatimu berada”, adalah Firman Tuhan yang mengajarkan untuk fokus, konsisten dalam melakukan hal apapun. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *