Kelegaan bagi yang Tertindas

Minggu, 24 April 2016

Kelegaan bagi yang Tertindas

Baca: 2 Tesalonika 1:3-12

1:3 Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu,

1:4 sehingga dalam jemaat-jemaat Allah kami sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan dan penindasan yang kamu derita:

1:5 suatu bukti tentang adilnya penghakiman Allah, yang menyatakan bahwa kamu layak menjadi warga Kerajaan Allah, kamu yang sekarang menderita karena Kerajaan itu.

1:6 Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu

1:7 dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala,

1:8 dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.

1:9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,

1:10 apabila Ia datang pada hari itu untuk dimuliakan di antara orang-orang kudus-Nya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai.

1:11 Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu,

1:12 sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus.

[Allah akan] memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas. —2 Tesalonika 1:7

Kelegaan bagi yang Tertindas

Salah satu adegan favorit saya dalam karya sastra terdapat di novel yang ditulis oleh Charles Dickens dengan judul yang diambil dari nama tokoh utamanya, David Copperfield. Novel itu mengisahkan tentang seorang bibi yang berani menentang seorang ayah tiri jahat yang telah melecehkan David keponakannya.

Saat David Copperfield muncul di rumah bibinya, si ayah tiri menyusul tidak jauh di belakangnya. Bibi Betsy Trotwood tidak senang melihat kehadiran Tuan Murdstone yang jahat. Bibi Betsy menyebutkan satu per satu kejahatan-kejahatan yang pernah dilakukan Tuan Murdstone dan tidak membiarkannya lolos dari tanggung jawab atas setiap tindakan kejamnya itu. Tuduhan si Bibi begitu keras dan blak-blakan sehingga Tuan Murdstone yang biasanya agresif akhirnya pergi tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Melalui kekuatan dan kebaikan tokoh Bibi Betsy, David akhirnya menerima keadilan.

Ada Pribadi lain yang juga kuat dan baik, dan suatu hari kelak Dia akan menegakkan keadilan di dunia. Ketika Yesus datang kembali, Dia akan turun dari surga dengan bala tentara malaikat-Nya yang penuh kuasa. Dia akan “memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas,” dan membalas mereka yang telah menindas anak-anak-Nya (2Tes. 1:6-7). Sebelum hari itu tiba, Yesus menghendaki kita tetap berdiri teguh dan memiliki keberanian. Apa pun pergumulan yang harus kita tanggung di dunia ini, keselamatan kita telah terjamin selamanya. —Jennifer Benson Schuldt

Ya Allah, lindungilah kami dan berikanlah hikmat-Mu melalui Roh Kudus-Mu. Tolong kami untuk bersikap adil dan benar dalam segala sesuatu yang kami lakukan sehingga kami layak mewakili-Mu di tengah dunia ini.

Suatu hari kelak Allah akan menegakkan keadilan-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 19-20; Lukas 18:1-23

Background photo credit: Bryan Ong

Bagikan Konten Ini
19 replies
  1. Boleng Ku
    Boleng Ku says:

    kalau ak sudah bersalah dan masih dalam proses menuju pertobatan yang setia kepada Tuhan tapi tetap masih di cela orang lain karena kesalahan di masa laluku apa Tuhan masih mau memberikan keadilannya buat ak?

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. Ester
    Ester says:

    Tuhan Yesus tetap mau memberimu keadilan, karena dia Maha Kasih. Tiada satupun yang mengasihi kita lebih dr Dia. Orang tua kitapun sekalinya.
    Dia hanya ingin melihat pertobatan kita dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
    Kalo toh sudah dicoba tapi kdg kita yg masih bersifat kedagingan (hakikat manusia), minta sm Tuhan, roh kudusnya selalu agar membimbing jalan kita. Dan berdoa minta selalu diberikan hadiratNya. Karena tidak ada yang lebih indah di dunia ini selain hadiratNya yang begitu luar biasa.
    Jesus bless you!

  4. Amazone
    Amazone says:

    Buat adik kami boleng ku, jika kita sudah bertobat atau dalam masa menuju pertobatan dan menyadari kesalahan kita, truskan dan pertahankan iman itu, soal manusia yg menghina atau menganggap bahwa tindakan yg kita ambil salah, yakinlah jika melakukan yg benar maka Tuhan akan menolong, tentang pembelaan serahkan pada Tuhan, jika mungkin di dunia ini adek merasa tak dibela tpi yakinlah itu hanya perasaan aja, sebenarnya Tuhan ada disamping adek mgkn hanya belum menyadari pertolonganNya, tapi pembelaan di sorga, aq pikir pasti dan kebenaran akan dinyatakan, jadi jgn berkecil hati ya

  5. Boleng Ku
    Boleng Ku says:

    trimakasih kak amazone, saat ini ak bnr” dlm pergumulan hidup yg lbh sulit.
    ak memang melakukan kesalahan dimasa lalu berulang ulang.pada puncaknya semua hub baik saya dgn org yg saya kasihi hancur dan kepercayaan itu tidak ada lagi.justru timbul kebencian.
    saya tertekan karna saya butuh dukungan iman tapi mengapa mereka harus bersikap tdk dgn kasih ke saya.

  6. Daniel Weidz Wicaksono
    Daniel Weidz Wicaksono says:

    Kasih Tuhan tak kenal batas, apapun yg Ia kehendaki tak satupun dapat menentang keputusan Ilahi .. Jesus bless all of you.

  7. santoso
    santoso says:

    percayalah dan kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu , jiwamu , akalbudimu…..perjuangkanlah imanmu kepada Yesus , maka Yesus pasti membelamu…..

  8. Boleng Ku
    Boleng Ku says:

    trimaksih semua kalimat kalian menguatkan ak.
    saat ini kondisi ak sangat butuh dukungan doa supaya ttp kuat menjalani proses penghakiman dri manusia atas kesalahanku.

  9. TC JC
    TC JC says:

    TerimaKasih yang Sebesar-besarnya Tuhan, karena Engkau selalu melindungi Aku dari berbagai macam penindasan selama ini. Tuhan sangat mengasihi Aku dan Aku juga sangat-sangat mengasihi Engkau. Dalam Nama Tuhan Yesus, Aku berdoa dan mengucap syukur. Amin!!!

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *