PustaKaMu: Dalam Terang Kekekalan

Info

Penulis: Melody Tjan

dalam-terang-kekekalan

Judul: Dalam Terang Kekekalan, Sebuah Perspektif tentang Surga
Penulis: Randy Alcorn
Penerbit: Katalis Media (tersedia juga dalam edisi e-book)
Tahun Terbit: 2011

Diterjemahkan dari edisi Bahasa Inggris:
In Light of Eternity, Perspectives on Heaven

Pertama kali seorang teman merekomendasikan buku ini, saya membukanya dengan setengah hati. Ada banyak buku tentang surga yang menurut saya sifatnya sangat subjektif, bercerita tentang pengalaman orang yang mengaku pernah diangkat ke surga, dan versinya sangat beragam. Siapa yang bisa menjamin pengalaman itu bisa dipercaya dan bukan hanya halusinasi belaka?

Yang mengejutkan, buku ini ternyata sangat berbeda. Setiap imajinasi penulis tentang surga didasarkan pada pengamatan yang teliti dan perenungan yang dalam dari catatan Alkitab. Sungguh di luar dugaan, ternyata pemahaman saya tentang surga selama ini sangatlah kurang. Tak heran bila pembicaraan tentang surga bukanlah topik favorit saya.

Randy Alcorn menulis, “Jika Anda tidak bersemangat bicara tentang surga, saya hampir bisa memastikan itu dikarenakan Anda memiliki teologi surga yang lemah, kurang sempurna, dan menyimpang (atau, Anda membuat keputusan yang bertentangan dengan daftar acara surga). Pandangan tentang surga yang kokoh, akurat, dan berdasarkan Alkitab akan memperbarui kegairahan rohani Anda.” Mengapa kita sangat mudah terpikat dengan dunia? Karena kita gagal memahami masa depan panjang yang sudah Tuhan sediakan. Alcorn mengingatkan kita untuk tidak tertipu oleh Iblis yang berusaha meyakinkan kita bahwa orang yang terlalu banyak memikirkan tentang surga tidak akan bisa hidup dengan baik di dunia. Kenyataannya, kebanyakan pemikiran kita justru terlalu duniawi sehingga kita menjadi tidak cukup baik menurut ukuran surga maupun dunia.

Buku ini memuat 25 renungan pendek, yang didasarkan pada buku Heaven [Surga], karya penulis yang sama. Bedanya, buku ini lebih singkat dan mudah dibaca siapa pun, sementara buku Heaven jauh lebih tebal, memuat kupasan ayat-ayat Alkitab yang lebih komprehensif, dan akan sangat cocok digunakan sebagai buku referensi dalam kelompok pendalaman Alkitab. Alcorn juga telah menulis sejumlah novel yang bercerita tentang kehidupan setelah kematian, beberapa kutipan ceritanya diselipkan dalam buku ini. Gaya tulisannya yang “bercerita” dan pilihan kata-katanya yang sederhana, membuat buku ini sangat menarik untuk dibaca sekaligus mudah untuk dicerna. Di dalamnya kita akan menemukan jawaban alkitabiah untuk berbagai pertanyaan yang mungkin pernah kita dengar atau pikirkan tentang surga. Misalnya: Benarkah surga itu nyata dan bukan hanya khayalan manusia? Akan seperti apakah kita di surga? Apa yang akan kita lakukan di surga nanti? Akankah kita saling mengenal dan mengingat hidup kita selama di dunia? Dapatkah penghuni surga melihat apa yang sedang terjadi di dunia sekarang? Apakah orang-orang percaya masih akan dihakimi? Apakah semua pengikut Kristus akan menerima upah dan mahkota yang sama?

Yang tak kalah pentingnya, buku ini juga akan menolong kita melihat apa kaitannya surga dengan kehidupan kita yang sekarang—bagaimana pemahaman yang benar tentang surga dapat membangkitkan kasih dan kekaguman kita kepada Tuhan dan mempengaruhi cara kita menjalani hidup di dunia setiap hari.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 03 - Maret 2016: Menjelajahi Dunia Lain, Artikel, Pena Kamu

1 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!