Latihan Seumur Hidup

Info

Rabu, 3 Februari 2016

Latihan Seumur Hidup

Baca: 1 Korintus 9:24-27

9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!

9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.

9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.

9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya . . . jangan aku sendiri ditolak. —1 Korintus 9:27

Latihan Seumur Hidup

Saya baru saja bertemu dengan seorang wanita yang telah memacu tubuh dan pikirannya hingga ke titik maksimal. Ia pernah mendaki gunung, menantang maut, dan bahkan memecahkan rekor dunia Guinness. Sekarang ia berhadapan dengan tantangan yang berbeda, yaitu membesarkan anaknya yang berkebutuhan khusus. Keberanian dan iman yang digunakannya untuk mendaki gunung sekarang dicurahkannya untuk mengasuh anak.

Di 1 Korintus, Rasul Paulus berbicara tentang seorang pelari yang berlomba. Setelah mendesak anggota jemaat di Korintus yang suka menuntut hak-hak mereka untuk memperhatikan satu sama lain (Pasal 8), Paulus menjelaskan bagaimana ia memandang tantangan untuk mengasihi dan berkorban itu bagaikan berlari dalam maraton yang menguji ketahanan tubuh (Pasal 9). Sebagai pengikut Yesus, mereka perlu melepaskan hak-hak mereka dalam ketaatan kepada-Nya.

Seperti para atlet melatih tubuhnya agar mereka bisa meraih kemenangan, kita juga melatih tubuh dan pikiran agar jiwa kita bertumbuh. Ketika kita meminta Roh Kudus untuk mengubah kita, dari waktu ke waktu, kita pun meninggalkan hidup kita yang lama. Dengan dimampukan oleh Allah, kita dapat menahan diri untuk tidak berkatakata kasar. Kita dapat berhenti memainkan perangkat elektronik kita dan memusatkan perhatian untuk mendengarkan teman-teman kita. Kita juga tidak perlu bersikeras untuk memenangi suatu argumen.

Hari ini, dalam latihan yang kita jalani bersama Roh Kristus, cara apa yang dipakai Allah untuk membentuk kita? —Amy Boucher Pye

Tuhan, kiranya aku tidak menuntut hakku, melainkan berlatih untuk memenangi hadiah yang bersifat kekal.

Latihan akan membawa pada perubahan hidup.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 31-33; Matius 22:1-22

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

14 Komentar Kamu

  • terima kasih buat firman nya .. Tuhan yesus memberkati

  • Tuhan Yesus kiranya dengan melalui kuasa Rohol kudusmu, kami akan dapat diberi hikmat untuk mengikuti latihan dalam pemantapan iman kami melalui renungan setiap pagi dan malam hari,kami mengucap syukur dan berterima kasih atas segala kasih sayangmu, pertolonganmu didalam kehidupan kami dikala kami mengalami kesulitan, ampunilah akan kesalahan kami sebagaimana kami lakukan yang tidak layak dihadapanmu baik pikiran, perkataan dan perbuatan kami, didalam nama Tuhan Yesus kami serahkan segenap hidup kami kepadamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  • Terberkati dgn renungan pagi ini. Semoga Tuhan senantiasa memberi kita kemampuan dan kekuatan dlm menanggung setiap pergumulan hidup ini.

  • Terima kasih Tuhan Yesus untuk hari yg baru, Amin

  • Amin ya Tuhan Yesus

  • Alfero Haposan Situmorang

    Tuhan bimbing hamba my melakukan sesuai dengan Yang engkau inginkan

  • Bapa yang baik bapa yang kudus ajari kami untuk selalu berserah kepada Mu ,, di setiap aktivitas kami 🙂

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk kuat abadi besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal hebat teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk kuat abadi besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • saya ingin berlatih, Gbu us all !

  • Tuhan yang Mahabesar pimpin setiap jalan hidup kami, latih kami menjadi pribadi yg memiliki kasih Kristus tidak melakukan dosa tapi turut dalam kesetiaan dan ketaatan dalam menggenapi rencana Bapa

  • dikuatkan, thx wsk□□

  • Tuhan ku perlu Kau dlm hdpku, setiap saat, setiap waktu bantu aku Tuhan spy aku dpt melewati mslah/ pergumulan yg ada & aku dpt kluar mjd pemenang. Trimakasih Yesus.

Bagikan Komentar Kamu!