Pelajaran untuk Si Kecil

Sabtu, 23 Januari 2016

Pelajaran untuk Si Kecil

Baca: Amsal 22:1-16

22:1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

22:2 Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah TUHAN.

22:3 Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

22:5 Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu.

22:6 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

22:7 Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.

22:8 Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa.

22:9 Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

22:10 Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran, dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh.

22:11 Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja.

22:12 Mata TUHAN menjaga pengetahuan, tetapi Ia membatalkan perkataan si pengkhianat.

22:13 Si pemalas berkata: “Ada singa di luar, aku akan dibunuh di tengah jalan.”

22:14 Mulut perempuan jalang adalah lobang yang dalam; orang yang dimurkai TUHAN akan terperosok ke dalamnya.

22:15 Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.

22:16 Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri atau memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja.

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya. —Amsal 22:6

Pelajaran untuk Si Kecil

Ketika putri kecil saya menceritakan masalah yang sedang dihadapinya di ruang makan sekolah, saya langsung bertanyatanya bagaimana saya bisa menyelesaikan masalah itu untuknya. Namun kemudian muncul pemikiran lain. Mungkin Allah telah mengizinkan putri saya mengalami masalah itu agar ia bisa melihat-Nya berkarya dan mengenal-Nya dengan lebih baik. Alih-alih secepat mungkin menolong putri saya, saya memutuskan untuk berdoa bersamanya. Masalah itu lalu beres tanpa bantuan saya sedikit pun!

Situasi itu menunjukkan kepada buah hati saya bahwa Allah peduli kepadanya, bahwa Dia mendengarkan ketika ia berdoa, dan bahwa Dia menjawab doa-doanya. Alkitab mengatakan bahwa ada sesuatu yang signifikan tentang mempelajari hal-hal tersebut sejak dini. Jika kita “[mendidik] orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu” (Ams. 22:6). Ketika kita mendidik anak-anak dengan kesadaran akan Yesus dan kuasa-Nya, kita sedang memberi mereka tempat untuk bernaung kembali saat suatu hari mereka tersesat serta landasan bagi pertum-buhan rohani mereka di sepanjang hidup mereka.

Pikirkan bagaimana kamu bisa menumbuhkan iman dalam diri seorang anak. Tunjukkan rancangan Allah dalam alam, ceritakan kisah tentang cara Dia dalam menolongmu, atau ajaklah si kecil untuk bersamamu bersyukur kepada Allah ketika segala sesuatu berjalan baik-baik saja. Allah dapat bekerja melalui dirimu untuk menyerukan kebaikan-Nya dari generasi ke generasi. —Jennifer Benson Schuldt

Ya Allahku, aku berdoa agar Engkau membangkitkan orang-orang percaya di generasi berikutnya. Tunjukkan bagaimana aku bisa mendorong anak-anak muda untuk mempercayai-Mu.

Kita mempengaruhi generasi mendatang dengan hidup bagi Kristus di masa sekarang.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 7-8; Matius 15:1-20

Facebooktwitterreddit

15 replies
  1. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk kuat abadi besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal teguh tentram hebat baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk kuat abadi besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. lennie de haan
    lennie de haan says:

    Tuhan karuniakanlah kami Roh hikmat utk bs mengajarkan anak kami menjadi anak Tuhan yg patuh, disiplin, setia, serta bertanggung jawab kepada Tuhan. kami menyerahkan doa ini lewat PutraMu Yesus Kristus. Amin.

  4. Widya Sango Chan
    Widya Sango Chan says:

    pengalaman hidup bersama Tuhan yang kita bisa ceritakan akan memberikan inspirasi bagi orang lain untuk merasakan bagaimana mengalami tangan Tuhan turut bekerja…

  5. merry nababan
    merry nababan says:

    saya ingin share, ketika terdapat anak muda yg selalu memberontak, keras kepala.. hal apa yg akan kalian lakukan ?

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *