Merindukan Pertumbuhan

Sabtu, 16 Januari 2016

Merindukan Pertumbuhan

Baca: Ibrani 5:11-14

5:11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.

5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.

5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil. —Ibrani 5:13

Merindukan Pertumbuhan

Axolotl (dibaca ACK soh LOH tel) merupakan suatu satwa yang misterius. Alih-alih menjadi dewasa secara fisik, salamander dari Mexico yang terancam punah itu tetap bertahan seumur hidupnya dengan wujud mirip kecebong. Para penulis dan filsuf sering menggunakan axolotl sebagai simbol dari seseorang yang takut untuk bertumbuh.

Di Ibrani 5, kita belajar tentang orang-orang Kristen yang menolak untuk bertumbuh dengan sehat. Mereka cukup puas dengan “susu” rohani yang sebenarnya diperuntukkan bagi orang yang baru percaya. Mungkin karena takut menghadapi penganiayaan, mereka tidak lagi bertumbuh dalam kesetiaan kepada Kristus, yang sedianya akan memampukan mereka untuk tahan menderita bersama-Nya demi kepentingan orang lain (ay.7-10). Sebaliknya, mereka terancam undur dari sikap hidup serupa dengan Kristus yang dahulu pernah mereka tunjukkan (6:9-11). Mereka belum siap menyantap makanan keras yang menuntut mereka untuk berkorban (5:14) sehingga si penulis menyatakan, “Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan” (ay.11).

Axolotl hidup mengikuti pola alami yang sudah ditetapkan oleh Sang Pencipta, tetapi para pengikut Kristus ditetapkan untuk bertumbuh dewasa secara rohani. Sepanjang proses itu, kita akan menemukan bahwa pertumbuhan di dalam Dia bukan sekadar soal damai sejahtera dan sukacita yang kita alami. Pertumbuhan kita dalam keserupaan dengan-Nya akan memuliakan Allah apabila kita juga dengan tulus menguatkan iman sesama kita. —Keila Ochoa

Tuhan, aku ingin bertumbuh. Tolonglah aku untuk menggali firman-Mu lebih dalam lagi. Ajarlah aku hari demi hari sehingga aku semakin diperlengkapi untuk melayani dan menyembah-Mu.

Semakin banyak kita menyantap firman Tuhan, semakin kita bertumbuh.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 39-40; Matius 11

Photo credit: carnifex82 / Foter / CC BY-NC-SA

Bagikan Konten ini
27 replies
  1. Oktavia Lestari
    Oktavia Lestari says:

    thanks God untk setiap Firman Mu yg luar biasa…

    ku tak ingin sama lagi…
    aq ingin kembali dmana aq selalu haus akan Firman Mu….
    thanks God untk teguran yg Kau berikan padaku…
    amin…

  2. Brp
    Brp says:

    Shalom.
    Terimakasih Tuhan atas hari baru mu.
    Artikel hari ini mengingatkan aku tuk bertumbuh lebih dewasa lagi dalam iman. Ternyata byk perumpamaan dalam alkitab yg begitu menyentuh buat kehidupan manusia.
    Tuhan pimpin terus pertumbuhan rohani anak-anakMu.
    Amin.
    Thanks wsk.org

  3. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Tuhan Yesus, perkenangkanlah kami menaikan segala puji dan sembah kepadamu atas segala kasih karuniamu yang engkau telah berikan didalam kehidupan keluarga kami,berilah kami hikmat dan tuntunanmu agar kami dapat lebih memahami akan kebenaran firmamu yang engkau kehendaki didalam kehidupan kami agar kami dapat menyebarkan kebenaran firmanmu kepada orang yang memerlukan akan jamahan dan peayananmu, didalam nama Tuhan Yesus, kami bersyukur dan berterima kasih kepadamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  4. Gyughy
    Gyughy says:

    Amin. Tuhan Yesus baik. Tuhan Yesus luar biasa. Diberkatilah kita yg senantiasa berpengharapan di dalan Dia.

  5. Lidia Tjamin
    Lidia Tjamin says:

    terima kasih Tuhan atas firmanMu,kuatkanlah langkah kakiku ad pertumbuhan kehidupan rohani dg firmanMu hari demi hari. amien.

  6. Budi Heryanto
    Budi Heryanto says:

    trimakasih Tuhan,ajar kami untuk bertumbuh d dlm Engkau,biar kami belajar menjalani proses yg Tuhan ijinkan,sehingga kami semakin dewasa dlm iman,dan setia smp pada akhirnya…amiin

  7. Christine Nathalia
    Christine Nathalia says:

    Syalom, mau tanya. Warungsate ada official account line gak? Kalo ada apa ya idnya?? Thank you..

  8. Rina Dewi M Tambariki
    Rina Dewi M Tambariki says:

    Amin. Ajarlah kami terus Tuhan utk menjadi pelaku firman bukan hanya menjadi pendengar.

  9. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk abadi kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  10. lennie de haan
    lennie de haan says:

    Tuhan tuntun n sertai kami dalam membaca, memahami n mendalami FirmanMu dg baik. Berkatilah pertumbuhan iman kami. Siapkan iman kami utk menghadapi tantangan hidup yg memberi kekuatan n keyakinan yg sungguh hanya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat kami. Amin.

  11. Sarah Ruspa Parwaci
    Sarah Ruspa Parwaci says:

    thanks God untuk ft yg Engkau berikan, biarlah Bapa setiap firman yg kami baca menjadi kekuatan dalam hdup kami, kami berdoa berilah kahausan akan Engkau, sehingga kami bisa mengenal Engkau lebih dan lebih lagi, dan sehingga kami bisa melayaniMU berapi” .amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *