Satu Ukuran untuk Semua

Info

Rabu, 23 Desember 2015

Satu Ukuran untuk Semua

Baca: Yohanes 3:10-21

3:10 Jawab Yesus: “Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?

3:11 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami.

3:12 Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?

3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,

3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

3:19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

3:20 Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;

3:21 tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.”

Setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. —Yohanes 3:16

Satu Ukuran untuk Semua

Waktu masih kecil, seperti kebanyakan anak, saya sangat menyukai Natal. Saya suka merangkak di bawah pohon Natal melihat-lihat hadiah yang ada sambil berharap isinya adalah mainan. Alangkah kecewanya saya apabila isinya baju dan celana. Hadiah orang dewasa itu tidak menarik! Pada Natal yang lalu, anak-anak memberi saya kaos kaki dengan warna dan corak yang cerah. Saya pun merasa seperti muda kembali! Orang dewasa sekalipun dapat memakai kaos kaki itu, seperti tertera pada labelnya, “Satu ukuran untuk semua.”

Pernyataan “satu ukuran untuk semua” mengingatkan saya akan hadiah Natal terbaik—kabar baik bahwa Yesus datang untuk semua orang. Kabar itu dibuktikan ketika undangan pertama diberikan oleh bala tentara malaikat kepada para gembala dari kelompok sosial yang terendah. Kabar itu semakin ditegaskan ketika para petinggi, yaitu orang majus yang kaya dan berkuasa, mengikuti bintang untuk datang dan menyembah Kristus yang masih kanak-kanak.

Setelah Yesus memulai pelayanan-Nya, seorang pemuka agama Yahudi mendatangi-Nya di malam hari. Di tengah pembicaraan mereka, Yesus mengundang “setiap orang yang percaya” untuk datang kepada-Nya. Tindakan sederhana untuk beriman kepada Kristus itu menganugerahkan hidup kekal bagi mereka yang percaya kepada-Nya (Yoh. 3:16).

Jika Yesus datang hanya bagi yang miskin dan terpinggirkan, atau hanya bagi yang terkenal dan kaya, banyak dari kita yang tidak akan menerima Dia. Namun Kristus datang bagi semua orang, terlepas dari statusnya, keadaan keuangannya, atau strata sosialnya. Dialah satu-satunya pemberian yang sungguh tepat bagi semua orang. —Joe Stowell

Tuhan, terima kasih karena semua orang dapat menerima kasih karunia-Mu. Ajarlah kami mensyukuri kenyataan bahwa kasih-Mu itulah yang memang kami perlu. Tolong kami untuk membagikan kasih itu pada sesama.

Pemberian Allah untuk dunia yang sekarat adalah Juruselamat yang memberikan hidup.

Bacaan Alkitab Setahun: Nahum 1-3; Wahyu 14

Photo credit: S2 Photography / Foter / CC BY-NC-ND

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

9 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!