Makna Natal yang Sejati

Sabtu, 5 Desember 2015

Makna Natal yang Sejati

Baca: Lukas 2:8-14

2:8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.

2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:

2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

2:13 Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:

2:14 “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. —Lukas 2:8

Makna Natal yang Sejati

Lima puluh tahun lalu, suatu program berjudul A Charlie Brown Christmas (Natal Charlie Brown) pertama kalinya disiarkan di televisi Amerika. Sejumlah pihak di pertelevisian menganggap program itu tidak akan memikat banyak orang, sementara yang lain khawatir pembacaan Alkitab dalam tayangan itu akan menyinggung perasaan pemirsa. Ada pihak yang ingin agar Charles Schulz, pencipta tokoh kartun itu, untuk meniadakan kisah tentang Natal, tetapi Schulz berkeras untuk mempertahankannya. Program itu ternyata diterima luas dan selalu disiarkan ulang setiap tahun sejak tahun 1965.

Program tersebut bercerita tentang Charlie Brown, seorang sutradara pertunjukan drama Natal anak-anak, yang merasa frustrasi dan putus asa karena musim Natal yang terlalu berbau komersial. Ia pun bertanya, adakah yang dapat memberitahukannya makna Natal yang sejati. Linus pun mengutip Lukas 2:8-14, di antaranya, “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan. Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: ‘Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya’” (ay.11-14). Kemudian Linus berkata, “Itulah makna Natal yang sejati, Charlie Brown.”

Di masa kini yang dipenuhi kebimbangan dan impian kita sendiri, ada baiknya kita merenungkan kembali kasih agung Allah yang dinyatakan dalam kisah yang sudah lazim kita dengar tentang Yusuf, Maria, sang bayi Yesus, dan malaikat-malaikat yang mengabarkan kelahiran Juruselamat.

Itulah makna Natal yang sejati. —David McCasland

Bapa Surgawi, menjelang hari Natal yang kian mendekat, kiranya kami semakin menghayati anugerah-Mu yang luar biasa bagi kami.

Allah masuk ke dalam sejarah umat manusia untuk menawarkan kepada kita anugerah keselamatan!

Bacaan Alkitab Setahun: Daniel 1-2; 1 Yohanes 4

Photo credit: Eustace Dauger / Foter / CC BY-SA

Bagikan Konten Ini
13 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita yang berada didalam kerajaan surga, perkenangkanlah kami di Pagi hari ini datang kepadamu untuk memanjatkan puji dan sembah kepadamu atas segala kasih karunia roh kudusmu yang engkau telah berikan disepajang kehidupan kami hingga sampai saat ini, kami kembali diperkenangkan untuk menikmati hari baru dari pemberianmu. Yah Tuhan tuntun dan bimbinglah kami sekeluarga didalam menjalankan kehidupan kami sampai di akhir bulan Desember ini didalam menyambut dan merayakan akan kelahiranmu sang Juru Selamat kami Yesus Kritus Tuhan kami, didalam nama Tuhan Yesus, kami mengucap syukur dan berterima kasih kepadamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  2. bona
    bona says:

    Kristus lahir ke dunia untuk menebus dosa manusia. Melepaskan orang-orang yg terpenjara dan terbelenggu kuasa dosa. Orang-orang yang patah hati, takut, letih, lesu. Yesus datang untuk melepaskan kita dari belenggu dosa, bukan untuk berpesta.

  3. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh selalu indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  4. dewi halim
    dewi halim says:

    Bapa di surga,Engkau bersukacita atas saya sekalipun saya tidak layak menerimanya,terima kasih untuk Yesus Kristus oleh Dia kami ditebus,dijadikan benar dan utuh.Dosa dosa kami ditebus dan kami adalah milik-Mu!jagalah hati kami sehingga kami taat kepada Engkau dan hanya kepada Engkau Dalam nama Yesus amin.

  5. Rynaldi Maydrian Lauren
    Rynaldi Maydrian Lauren says:

    @chyntia tambunan : bacaan Alkitab setahun itu buat kita bisa baca seluruh isi Alkitab dalam jangka waktu 1 tahun. Dengan bacaan itu, kita bisa lebih mengerti seluruh isi Alkitab lebih baik lagi.

  6. Freddy Siregar
    Freddy Siregar says:

    amin # Allah masuk ke dalam sejarah umat manusia untuk menawarkan kepada kita anugerah keselamatan!

  7. Danu Bhrama Putera
    Danu Bhrama Putera says:

    @cynthia : bacaan alkitab setahun itu seperti panduan membaca seluruh kitab (Kejadian sampai Wahyu) dalam rentang waktu setahun dengan pembagian 3-4 pasal tiap harinya, jika diikuti sesuai prosedur maka dalam setahun kita sudah selesai membaca semua keseluruhan isi Alkitab

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *