Bau Busuk

Jumat, 13 November 2015

Bau Busuk

Baca: Kejadian 3:6-13,22-24

3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

3:8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

3:9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”

3:10 Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

3:11 Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”

3:12 Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

3:13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”

3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat. —Kejadian 3:5

Bau Busuk

Pada Agustus 2013, banyak orang berkumpul di Konservatori Phipps di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, untuk menyaksikan mekarnya tanaman tropis yang dikenal sebagai bunga bangkai. Karena bunga itu berasal dari Indonesia, dan kemungkinan mekarnya hanya sekali dalam beberapa tahun, peristiwa tersebut menjadi tontonan menarik. Setelah mekar, bunga dengan kelopak besar yang berwarna merah, indah, dan lancip itu mengeluarkan bau seperti daging busuk. Karena bau busuknya, bunga itu memikat lalat dan kumbang yang mencari daging busuk. Akan tetapi, bunga tersebut tidak memiliki nektar.

Seperti bunga bangkai, dosa menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin dapat dipenuhinya. Adam dan Hawa mengetahui kebenaran itu lewat pengalaman buruk mereka sendiri. Kehidupan mereka yang indah di Taman Eden akhirnya buyar ketika mereka melakukan satu hal yang telah dilarang oleh Allah. Dengan tergoda untuk meragukan kebaikan Allah, mereka mengabaikan peringatan Pencipta mereka yang lembut dan kehilangan kesucian mereka. Keindahan yang Allah berikan pada pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu menjadi seperti bunga bangkai bagi mereka. Upah atas ketidaktaatan mereka adalah pengasingan, penderitaan, rasa hampa, kerja keras, dan kematian.

Dosa terlihat begitu menggoda dan mungkin terasa nikmat, tetapi itu tidak sebanding dengan keajaiban, keindahan, dan keharuman dari kepercayaan dan ketaatan kepada Allah yang telah menciptakan kita untuk menikmati hidup dan sukacita bersama-Nya. —Marvin Williams

Pencobaan apa saja yang sedang kamu hadapi hari ini? Ingatlah bahwa Allah berjanji untuk menolongmu melawan pencobaan. Mintalah Dia untuk mengingatkanmu untuk bergantung kepada-Nya.

Perintah Allah dapat mengalahkan bujukan Iblis.

Bacaan Alkitab Setahun: Ratapan 1-2; Ibrani 10:1-18

Photo credit: Tamara van Molken / Foter / CC BY-NC-ND

Facebooktwitterreddit

12 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita yang berada didalam kerajaan surga,perkenangkanlah kami memuji dan memuja engkau atas segala kemurahanmu yang engkau berikan kepada kehidupan kami, hingga kami dapat diperkenangkan kembali menikmati hari baru darimu dipagi pagi hari ini,yah Tuhan tolonglah kami didalam mnghadapi segala pencobaan yang kami sedang alami saat ini yaitu melalui pekerjaan kami yang sedang kami persiapan untuk kami dapat laksanakan dan menyelesaikan sesuai rencana dan jadwal yg diberikan kepada kami, agar segala kebutuhan pendanaannya untuk dapat terselenggaranya kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan rencana,inilah doa kami yang disampaikan kepadamu, didalam nama Tuhan Yesus kami bersyukur dan berterima kasih kepadamu, Amin

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak menang tangguh teguh baik tentram segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. Asrial
    Asrial says:

    Kuatkan hati dan perasaan ku serta sikap ku ya Allah. Tuk menghadapi masalah dan cobaan di hidup ini. Amin

  4. MCI TEAM
    MCI TEAM says:

    Ajarilah saya Tuhan untuk hidup taat mendengarkan dan melakukan perintahMU
    Jauhilah saya dari godaan iblis dan nafsu duniawi
    Pimpinlah hidup saya dengan Roh

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *