Harta di Surga

Info

Jumat, 16 Oktober 2015

Harta di Surga

Baca: Matius 6:19-24

6:19 “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;

6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

6:24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. —Matius 6:20

Harta di Surga

Instalasi kabel listrik yang buruk telah membakar habis rumah kami yang baru selesai dibangun. Api meluluhlantakkan rumah kami dalam waktu satu jam tanpa menyisakan apa pun selain puing-puing. Di lain waktu, ketika kami pulang dari gereja di hari Minggu, kami mendapati rumah kami telah dimasuki maling dan beberapa barang kami dicuri.

Di dunia kita yang tidak sempurna ini, kehilangan harta kekayaan adalah hal yang sangat lumrah—mobil dicuri atau ditabrak, kapal tenggelam, gedung runtuh, rumah dilanda banjir, dan barang milik pribadi dicuri. Semua itu membuat nasihat Yesus untuk tidak mempercayakan diri kita pada harta dunia menjadi sangat berarti (Mat. 6:19).

Yesus menceritakan tentang seseorang yang mengumpulkan harta yang sangat banyak dan memutuskan untuk menyimpannya bagi dirinya sendiri (Luk. 12:16-21). Orang itu berkata pada dirinya sendiri: “Beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!” (ay.19). Namun pada malam itu juga, ia kehilangan segalanya, termasuk nyawanya. Yesus menyimpulkan, “Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah” (ay.21).

Kekayaan materi hanya bersifat sementara. Tidak ada satu hal pun yang bernilai kekal, kecuali hal-hal yang dimampukan Allah untuk kita lakukan bagi sesama. Memberikan waktu dan sumber daya yang kita miliki untuk mengabarkan Injil, mengunjungi sahabat yang kesepian, dan menolong orang-orang yang membutuhkan hanyalah beberapa cara yang dapat kita tempuh untuk mengumpulkan harta di surga (Mat. 6:20). —Lawrence Darmani

Bagaimana caramu mengumpulkan harta di surga? Bagaimana kamu dapat berubah dan bertumbuh dalam aspek tersebut dalam hidupmu?

Harta kita yang sesungguhnya adalah segala sesuatu yang kita investasikan untuk kekekalan.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 47-49; 1 Tesalonika 4

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

18 Komentar Kamu

  • Heru Christanto Hasibuan

    karena talentamu adalah hartamu, maka persembahkanlah bagiNya

  • Yah Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita yang berada didalam kerajaan surga,kami mengucap syukur dan berterima kssih kepadamu atas segala kebaikanmu yang engkau telah berikan didalam kehidupan kami,tuntunlash hidup kami yah Tuhan agar dapat sesuai dengan kehendakmu untuk kami jalani dalam kehidupan kami setiap harinya,kami menjadari akan segala kekurangan kami yang belum sepenuhnya melaksanakan kehendakmu didalam hidup kami, untuknya kami mohon pengampunan darimu atas segala dosa=dosa kami yah Tuhan,didalam nama Tuhan Yrsus kami menyerahkan seluruh kehidupan kami kepadamu, terpujilah namamu bspa disurga, Amin

  • Kami mengucap puji dan syukur hanya kepada Mu Allah sang pemilik jagad raya, Allah yg kami sembah didlm nama Anak Mu Tuhan Yesus Kristus. Trima kasih untuk Firman Mu yg mengigat kan kami untuk peduli akan sesama kami, untuk berbagi kepada orang yg membutuh kan. Agar kami sadar untuk menyebar kasih didalm kehidupan yg kami lalui setiap waktu. Mencari jiwa2 bagi Kemulian Nama Mu segala yg kami miliki itu adalah kepunyaan Mu. Ajarilah kami untuk tidak menyimpan harta di dunia pana ini, tetapi disyurga rumah Mu yg Kekal. Selamat beraktivitas Tuhan yesus Memberkati.

  • Ya Bapa Tuntunlah HambaMu ini agar selalu mampu mengatur dan mengendalikan diri dr harta benda yg fana tp pusatkanlah pikiranku kepada harta yg kekal. amin

  • Tuhan Yesus kiranya selalu memampukan kita untuk bisa memakai setiap waktu untuk memuliakanNya lewat pelayanan, sebab Firman Tuhan.berkata ” carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya akan di tambahkan padamu.”

  • Terimakasih untuk bahan renungannya, sangat memberkati saya secara pribadi. Semoga saya bisa mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari. Amin.

  • Mengumpulkan harta di surga dengan cara membangun hubungan yang mengarahkan setiap orang kepada Juruselamat.

  • Terima kasih buat renungannya
    sangat memberkati saya secara pribadi….
    God Bless

  • kumpulkan hartamu di sorga karena jika harta kita ada di surga maka hati kita pun ada di sorga

  • Terima kasih Tuhan Yesus untuk anugerahMu yang tak habis-habisnya dalam hidup kami. Maafkan kami sering menggunakan uang kami untuk kegiatan dan barang yang sia-sia. Maafkan kami selalu mementingkan diri kami daripada kepentinganMu Tuhan. Bimbing kami agar selalu hidup seturut, serupa, segambar dan sekehendak Engkau Bapa. Segala kuasa Mamon biar dipatahkan di dalam nama Yesus Kristus. Kami tidak mau hidup seperti dunia ini. Memang dunia menawarkan kesenangan, kesuksesan, dan kekayaan. Biarkan hidup kami susah atau sederhana dan jauh dari kesuksesan dan kesenangan, tetapi kami hidup menyenangkan hati Tuhan.
    Di dalam Nama Yesus Kristus kami berdoa, AMIN

  • dimana hartamu berada di situ hatimu berada

  • selalu ingat bahwa segala sesuatu yang berada di bumi bersifat fana, jadi jangan pernah mengandalkannya. GODbless^^,

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh indah nyata gigih banyak teguh tentram sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kami semua yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Trima kasih Tuhan pd kesempatan mlm hr ini diingatkan ttg firman mu yang akhirnya meningatkan q kembali ttg perpuluhan, smg sy bs utk menjalankan sesuai dngan firman Mu Tuhan. Amien

  • Ellynda Rusdiana Dewi

    Amen
    Menyadari siapa pemberi dan siapa yg akn mengambil apa yg kita miliki di dunia. Maka kita pun akn selalu menyediakan tabungan tuk kehidupan kekal bersama Sang pemberi dan yg berhak mengambil yg sesungguhnya
    (Allah Bapa di surga). T.kasih TUHAN tuk semuanya. GBu

  • Terima kasih Yesus, engkau sudah memberkati setiap perkerjaan kami sehingga kami berhasil, tanpa penyertaan Mu kmi tidak dapat melakukan apa2 perkerjaan.

Bagikan Komentar Kamu!