Usia Bukan Kendala

Selasa, 1 September 2015

Usia Bukan Kendala

Baca: 1 Korintus 12:12-26

12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

12:15 Andaikata kaki berkata: “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?

12:16 Dan andaikata telinga berkata: “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?

12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?

12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?

12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: “Aku tidak membutuhkan engkau.” Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: “Aku tidak membutuhkan engkau.”

12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.

12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.

12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,

12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.

12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita. —1 Korintus 12:26

Usia Bukan Kendala

Setelah 50 tahun bekerja di lab gigi miliknya, Dave Bowman berencana untuk pensiun dan menikmati usia senjanya. Ia makin yakin akan keputusannya setelah didera penyakit diabetes dan menjalani operasi jantung. Namun, ketika mendengar tentang sekelompok pengungsi muda dari Sudan yang membutuhkan bantuan, ia pun mengambil keputusan yang mengubah hidupnya. Ia memutuskan untuk mensponsori lima orang di antara mereka.

Semakin mengenal para pemuda asal Sudan tersebut, ia mengetahui bahwa mereka tidak pernah berobat ke dokter umum atau dokter gigi sama sekali. Suatu hari di gereja seseorang menyebutkan ayat 1 Korintus 12:26, “Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita”. Ayat itu melekat di benak Dave hingga ia tidak bisa melupakannya. Orang Kristen di Sudan menderita karena mereka tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, dan Dave merasa bahwa Allah mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Namun apa?

Meski telah berusia lanjut dan kondisi kesehatannya buruk, Dave mulai mencari cara untuk membangun sebuah pusat layanan kesehatan di Sudan. Sedikit demi sedikit, Allah memberikan sumber daya dan dana yang diperlukan, hingga pada tahun 2008 Memorial Christian Hospital (Rumah Sakit Kristen Memorial) pun resmi dibuka untuk umum. Sejak itu, ratusan orang yang sakit dan terluka telah dirawat dan diobati di sana.

Memorial Christian Hospital menjadi pengingat bahwa Allah memperhatikan orang yang menderita. Dan sering kali Dia bekerja melalui orang-orang seperti kita untuk membagikan kasih-Nya, bahkan ketika kita berpikir bahwa pekerjaan kita telah usai. — Julie Ackerman Link

Apakah kamu merasa bahwa Allah memanggilmu untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu? Berdoa dan mintalah kepada-Nya untuk menolongmu menjawab panggilan itu dan melangkah dalam iman.

Allah peduli pada penderitaan manusia.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 135-136; 1 Korintus 12

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. Gustina Marianti Mooy
    Gustina Marianti Mooy says:

    Bapa ajarlah kami agar selalu mengucap syukur meskipun mengalami suatu penderitaan, sebab Engkau peduli terhadap penderitaan yg sdng kami alami dan tidak akan membiarkan kami sendiri… amin

  2. Tri Marginingsih
    Tri Marginingsih says:

    Tuhan memakai seseorang ketika waktunya sudah tepat.,,sekarang esok ataupun lusa,,.mari kita selalu bersiap sedia,,,selamat pagi,,Tuhan memberkati,,

  3. Lanny Pebriani
    Lanny Pebriani says:

    Amin. Tuhan memang tidak pernah tuli. saya merasa ini sedikit mirip dengan kisah Gubernur Jakarta kita, yg dikirim Tuhan utk membereskan Jkt..hehe

  4. Budi Prasaja
    Budi Prasaja says:

    Bukalah mata kami ya Tuhan spy kami bisa melihat dan mengulurkan tangan kpd saudara2 yg berkebutuhan tertentu.

  5. Ana
    Ana says:

    Merasa bahwa lingkup kita kecil yah, hanya bermula dari membantu orang-orang sekitar saja dan itu bagus… tp jangan cukup sampai disitu.. punya dream yg besar seperti Dave Bowman sampai bisa membangun pusat layanan kesehatan di Sudan… amazing… jika kita beriman dan jadikan itu impian untuk bisa menolong banyak orang…pasti bisa tercapai krn Tuhan bekerja didalamnya…amin…

  6. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yangg Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata besar sampai selama – lamanya buat kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  7. gerardis margareth
    gerardis margareth says:

    sekecil apapun jerihlelah kita dlm Tuhan,tdk pernah sia2. DIA memperhitungkannya. tetap smangat berapapun usia kita & bgmnpun kondisi kita. Jb

  8. yenni
    yenni says:

    Mengucap syukur lah dalm segala hal seberat apa pun yg kita alam. Entah itu sakit penyakit,persoalan pekerjaan dll kita tetap percaya, bahwa Tuhan se kali2 tidak akan membiarkan kan kita jln sendiri.seperti yg terjadi pada dave bowman Dalm masa tua nya dan menderita sakit Tuhan tetap membrikan dia kemampuan untuk menolong orang yg membutuh kan dia. Bagaimna dengan kita. Apakah kita siap u tuk Tuhan pakai…… ? Selamat beristirahat zTuhan yesus memberkati.

  9. yenni
    yenni says:

    Mengucap syukur lah dalm segala hal seberat apa pun yg kita alam. Entah itu sakit penyakit,persoalan pekerjaan dll kita tetap percaya, bahwa Tuhan se kali2 tidak akan membiarkan kan kita jln sendiri.seperti yg terjadi pada dave bowman Dalm masa tua nya dan menderita sakit Tuhan tetap membrikan dia kemampuan untuk menolong orang yg membutuh kan dia. Bagaimna dengan kita. Apakah kita siap u tuk Tuhan pakai…… ? Selamat beristirahat Tuhan yesus memberkati.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *