Tujuan Rutinitas

Info

Kamis, 27 Agustus 2015

Tujuan Rutinitas

Baca: 1 Korintus 9:19-27

9:19 Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.

9:20 Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.

9:21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.

9:22 Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.

9:23 Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!

9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.

9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.

9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Aku tidak berlari tanpa tujuan. —1 Korintus 9:26

Tujuan Rutinitas

Sebuah jam dengan bola bergulir yang terdapat di Museum Inggris menyadarkan saya akan dampak rutinitas yang melumpuhkan. Dalam jam itu, sebuah bola baja kecil bergulir menyusuri alur-alur di atas lempengan baja yang diletakkan miring, dan akan berjalan terus dari satu sisi hingga mengungkit sebuah tuas di sisi lainnya. Gerakan itu memiringkan lempengan baja tersebut ke arah yang berlawanan sehingga bola pun bergulir kembali ke arah sebaliknya lalu menggerakkan jarum jamnya. Setiap tahunnya bola baja itu bergulir bolak-balik sepanjang kurang lebih 4.000 km, tanpa pernah menuju ke mana-mana.

Apabila kita tidak bisa melihat tujuan besar dari rutinitas kita sehari-hari, mudah bagi kita untuk merasa terjebak di dalamnya. Rasul Paulus rindu mengabarkan Injil dengan efektif agar Kristus semakin dikenal luas. “Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul” (1Kor. 9:26). Segala sesuatu dapat terasa monoton—melakukan kunjungan, berkhotbah, mengajar, dan terlebih lagi saat terkungkung di penjara. Namun Paulus percaya bahwa ia dapat melayani Kristus, Tuhannya, di dalam segala keadaan.

Rutinitas dapat melumpuhkan apabila kita tidak dapat melihat tujuan di balik rutinitas tersebut. Paulus memandang jauh melampaui segala keadaan yang membatasinya karena ia sedang mengikuti suatu perlombaan iman yang terus menggerakkan dirinya hingga sampai di garis akhir. Dengan melibatkan Yesus dalam setiap aspek hidupnya, Paulus menemukan makna, bahkan di tengah rutinitas hidupnya.

Kiranya kita juga demikian. —David McCasland

Ya Tuhan, berilah kami visi dan energi yang baru untuk mengejar tujuan memberitakan nama Kristus di tengah rutinitas hidup kami.

Yesus dapat mengubah rutinitas kita menjadi pelayanan yang berarti bagi Dia.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 120–122; 1 Korintus 9

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

25 Komentar Kamu

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata besar selama – lamanya buat kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Andrianus Fredy Wijaya

    Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

    Ayat ini benar- benar membuat aku tertegur dan bangkit lagi. kadangkala segala sesuatu yang aku kerjakan hanya untuk kesenangan diriku. Dan aku sadar bahwa kesenangan itu cuma sesaat. thanks God

  • visi kita harus sama dengan visi tuhan. hidup kita harus jadi pelita. gbu

  • amin

  • Yah Tuhan Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita yang berada didalam kerajaan surga,kami mengucap syukur kepadamu atas segala kasih setiamu yang engkau telah berikan didalam kehidupan keluarga kami sampai saat ini, tuntun hidup kami Tuhan agar setiap kegiatan rutinitas didalam kehidupan kami setiap harinya dapat berguna untuk melayanimu dan bagi orang lain yang membutuhkan akan pelayanan kasih setiamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  • mencintai rutinitas sama halnya kita sedang belajar melayani dengan tidak mengenal rasa jenuh,,selamat pagi,,,Tuhan memberkati

  • Tuhan yesus memberkati

  • Aminn

  • amien..thanks GOD

  • haleluya…

  • Adi Saputra Simanullang

    Amin

  • amin””

  • Halleluya…. Besar dan Ajaib Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi…. Santapan Rohani pagi, menolong saya mensyukuri setiap kejadian hidup saya.

  • renungan hari ini mengajarkan kepada saya, bahwa saya harus mempersiapkan diri dengan baik , memperdalam pengertian tentang ajaran kebenaranNYA, yang pada akhirnya supaya saya juga jangan di tolak Allah

  • Yosafat Adil Pasaribu

    puji Tuhan masih diberikan nafas kehidupan, memanfaatkan kesempatan ini untuk memberitakan Injil, terdahulu dari setiap perilaku ke sesama manusia

  • haleluyah ! dlm apa pun rutin kita seharian, kita harus mengandalkn Tuhan..Karena kita diperhatikn byk mata..kesaksian hidup kita sbg org percaya diperhatikan..maka kami minta hikmat dr Mu ya Bapa utk melayani saudara-saudari kami yg lain.. tanpaMu semuanya sia-sia.. ☺

  • Amin…. selamat pagi all

  • amin

  • Amien… May God Bless You all always….

  • Amen .. To God be the Glory 🙂

  • Apa yang sudah saya didapatkan dari Tuhan Yesus: kasihNYA, pengampunanNYA ketika saya menyakitinya, berkatNYa, penghargaanNYA, kepercayaaNYA terhadap saya, kesempatanNYA, kesetiaNNYA, sukacitaNYA, pengajaranNYA dalam Firman dan banyaaaaak lagiii…Tuhan pasti tidak mau saya hanya menyimpannya sendiri atau terkhusus untuk saya pribadi tanpa ada dampak besar untuk membantu banyak orang (sia-sia jika saya hanya merasakanny sendiri) Pray… agar hati saya bisa seperti hati Paulus yang selalu mau membawa kebenaran hidup Murid Yesus, sebagai The Messenger… Amin

  • Veronica Luminescence

    Amen.. Terpujilahh Allah yg sll menguatkan kitaa dlm segala keadaan,, memampukan kita utk berlombaa demi Mahkota Kerajaan Sorgawi..

  • Amin..

  • frederica stanilaus john

    amen

Bagikan Komentar Kamu!