Nama yang Diberikan

Kamis, 16 Juli 2015

Nama yang Diberikan

Baca: Matius 1:18-25

1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:

1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka. —Matius 1:21

Nama yang Diberikan

Kebanyakan keluarga mempunyai kisah mereka masing-masing. Salah satu kisah dalam keluarga kami adalah cerita tentang bagaimana saya memperoleh nama saya. Rupanya, saat orangtua saya baru menikah, mereka berbeda pendapat tentang nama yang akan diberikan kepada anak laki-laki sulung mereka. Ibu saya menginginkan nama anak laki-lakinya sama dengan nama Ayah, tetapi Ayah tidak mau menamai anaknya “Junior”. Setelah berdiskusi cukup lama, mereka akhirnya sepakat untuk menamai anak laki-laki mereka sama dengan nama Ayah, hanya apabila anak itu lahir persis di hari ulang tahun Ayah. Yang menakjubkan, saya lahir tepat di hari ulang tahun Ayah. Maka saya pun diberi nama yang persis sama dengan nama Ayah dengan tambahan kata “Junior”.

Pemberian nama pada anak-anak sudah berlangsung sejak awal peradaban manusia. Ketika Yusuf bergumul dengan kabar bahwa tunangannya, Maria, sedang hamil, seorang malaikat memberinya petunjuk dari Allah Bapa tentang nama dari Bayi tersebut. “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Mat. 1:21). Tidak saja menjadi sebuah nama, nama Yesus juga menjelaskan alasan kedatangan-Nya ke dunia, yakni menanggung hukuman akibat dosa yang seharusnya kita tanggung. Maksud penebusan dibalik kelahiran-Nya itu tercakup dalam pemberian sebuah Nama yang sempurna di atas segala nama.

Kiranya hati kita selalu rindu untuk menjalani hidup dengan meninggikan nama Yesus yang indah itu! —Bill Crowder Jr.

Ya Bapa, terima kasih karena Engkau mengutus Anak-Mu untuk menyelamatkan kami dari dosa dan membawa kami ke dalam persekutuan dengan-Mu.

Dalam nama Yesus terkandung misi yang diemban-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 16–17; Kisah Para Rasul 20:1-16

Bagikan Konten ini
6 replies
  1. Lola
    Lola says:

    dalam nama Yesus terkandung misi yang diembannya dan kita pun memiliki nma yg pasti memiliki arti masing-masing.
    bersinar dan bercahayalh karena Yesus telah menyelamatkanmu, wartakan pada dunia hnya Dialah Raja di atas segala Raja.Praise the Lord

  2. abraham
    abraham says:

    terpujilah Engkau ya Tuhan..
    atas segala kebaikan dan pengorbananMu bgi kmi…
    anak”Mu…
    amin †

  3. Eliyunus Gulo
    Eliyunus Gulo says:

    Satu nama yang indah, nama Yesus. Satu nama yg indah dari sorga mulia. Rasa takut dihapusnya, hati susah dihiburkan nama Yesus yang indah, yang kucinta.
    “Di dalam Dia tersembunyi, segala hikmat dan pengetahuan dia jauh melebihi segalanya”.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *