Hati yang Diubahkan

Rabu, 15 Juli 2015

Hati yang Diubahkan

Baca: Yehezkiel 36:22-31

36:22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.

36:23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.

36:24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.

36:25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

36:28 Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu.

36:29 Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu.

36:30 Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan di tengah bangsa-bangsa.

36:31 Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbuatanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuatanmu yang keji.

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. —Amsal 4:23

Hati yang Diubahkan

Di awal dekade 1970-an di Ghana, terpampang sebuah poster berjudul “The Heart of Man” (Hati Manusia) di banyak dinding dan papan pengumuman layanan masyarakat. Di salah satu gambarnya, ada berbagai jenis reptil—simbol dari segalanya yang buruk dan tercela—memenuhi lukisan berbentuk hati dengan gambar kepala seorang pria yang sangat tidak bahagia di atasnya. Sementara itu, di gambar yang lain, terlukis hati yang bersih dan teduh dan di atasnya ada lukisan kepala seorang pria yang bahagia. Di bawah kedua gambar hati itu ada tulisan: “Bagaimana keadaan hatimu?”

Di Matius 15:18-19, Yesus menjelaskan tentang apa yang mencemari seseorang. “Apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.” Itulah keadaan sebuah hati yang terpisah dari Allah—dan juga keadaan bangsa Israel kuno yang harus masuk ke dalam pembuangan karena dosa-dosa mereka (YEH. 36:23).

Janji Allah dalam Yehezkiel 36:26 begitu indah: “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat” (lihat juga 11:19). Allah akan menjauhkan hati kita yang begitu keras, yang sudah tercemari berbagai macam kejahatan, dan memberi kita sebuah hati yang bersih dan taat kepada-Nya. Terpujilah Allah untuk anugerah-Nya yang begitu ajaib. —Lawrence Darmani

Bapa di surga, terima kasih karena ketika kami mengakui dosa kami kepada-Mu, Engkau memberi kami hati yang baru dan hidup yang baru. Aku berdoa kiranya hidup yang kujalani ini mencerminkan indahnya anugerah-Mu dan agar sesamaku dapat melihat perubahan diri yang telah diciptakan oleh hati baruku ini!

Untuk awal yang baru, mintalah kepada Allah sebuah hati yang baru.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 13–15; Kisah Para Rasul 19:21-41

Bagikan Konten Ini
19 replies
  1. ritha
    ritha says:

    terimakasih Tuhan Engkau menguji hatiku…terimakasih buat kerinduan untuk ingin lebih baik hari demi hari, terima kasih atas hati yang baru yang Engkau berikan oleh karena anugerah Mu..

  2. rayida
    rayida says:

    Hati yang baru yang diberikan Allah membuat kita terus berjuang agar tetap fokus pada tujuan akhir kehidupan, kekekalan bersama Kristus.

  3. suripto
    suripto says:

    terimakasih Tuhan, aku terima hati yang baru, hati yang bebas dari mekerasan dan kenajisan. aku mau jadi pribadi yang taat kepadaMu. amin

  4. andri
    andri says:

    Bapa yang mengenal hati kita. .
    Terimakasih buat penguatan untuk hari hari yang penuh pergumulan ini. . .

  5. abraham
    abraham says:

    hati yang baru terpancar dari perubahan sikap, perbuatan, dan peekataan..
    namun, Tuhan menginginkan pengakuan dosa yang sejati.
    amin

  6. firman
    firman says:

    TRimakAsih BAPA engkau memberikan teguran melalui renungan hari ini
    Biarlah Engkau mengubahkan hati hamba mmenjadi hati yg baru agar hamba dapat melayani ALLAH dgn sgenap hati dan jiwa hamba
    Biarlah hidup hambA hanya untuk Engkau ya Bapa
    Amen..

  7. Eliyunus Gulo
    Eliyunus Gulo says:

    Hati yang baru adalah anugerah Tuhan yang dapat di jaga dan dialami setiap hari jika hidup kita melekat Dan bersatu dengan Dia dalam segala keadaan.

  8. kurniadi
    kurniadi says:

    renungan hari ini membuatku sadar ya Tuhan, segala perbuatan,perkataan yg jahat itu timbul bukan karna pikiran yg jahat tetapi karna kerasnya hati kami yg membiarkan kebaikan Tuhan untuk merubah hati kami menjadi baru.
    Tuhan pada saat ini hamba meminta kepada Mu berikanlah sebuah hati yang baru, untuk memulai kehidupanku yg baru.

  9. Christian Alfredo
    Christian Alfredo says:

    terima kasih Tuhan atas kasihMu yang tak akan pernah habis yang Kau pancarkan setiap hari untukku, buatlah hatiku menjadi lebih peka akan sinyal yang berasal dari padaMu saja.. amin

  10. Lilia Sarah
    Lilia Sarah says:

    Tuhan berikan aku kepekaan terhadap kata hati yang daripadaMu supaya aku dapat memilih, dimana aku akan melanjutkan studi, apakah di STT HKBP atau di unimed? amin. bantu doa ya teman teman terimakasih:)

  11. Natanael Andra Widyaatmaja
    Natanael Andra Widyaatmaja says:

    Selamat bergumul dan berjuang Sarah, pilihlah jalan hidup yang dimanapun dan jadi apapun kamu nantinya itu bakal jadi sarana memuliakan Kristus yang paling maksimal 🙂

  12. selviana zeth
    selviana zeth says:

    terima kasih Tuhan untuk teguran yg tlh aku alami. akibat ketidaktaatanku padaMu membawaku pd kehancuran dan kini aku menyadari bhw dlm namaMu lah ada damai sejahtera yang tak berkesudahan. terima kasih atas hati yang baru bagiku. amin…

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *